Apa itu Awan Cumulonimbus?

Advertisement

Informasi terakhir yang tentang kecelakaan yang menimpa AirAsia QZ8501 adalah telah diangkatnya ekor pesawat dari kedalaman 30 meter di dasar laut di perairan Selat Karimata. Namun Black Box atau Kotak Hitam yang di cari dan diharapkan dapat di ketahui dengan rinci penyebab jatuhnya pesawat ini belum juga di ketemukan, padahal seyogyanya barang tersebut berada pada bagian ekor pesawat.

awan, Cumulonimbus, Alqur-an
Awan Cumulonimbus

Posting kami kali ini bukan berkenaan dengan hal tersebut melainkan dengan penyebab jatuhnya pesawat milik maskapai AirAsia tersebut. Konon penyebabnya adalah karena awan Cumulonimbus. Tahukah anda apa itu awan Cumulonimbus? Penjelasa di wikipedia.org, menjelaskan Awan Kumulonimbus (Cb) adalah sebuah awan vertikal menjulang (keluarga D2) yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya.

Baca Juga:   Download WordPress for iOS 2.8

Didalam Al-qur’an tentang awan ini telah dijelaskan, tepatnya pada surat An-Nur ayat 43 :” Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan. [QS. An-Nur 24 : 43].