Batu Mulia (Gemstones) termahal di dunia

Advertisement

Saat ini pasar batu permata ditanah air mulai menggeliat. Terbukti di hampir pelosok negeri ini pecinta (baik yang lama ataupun yang baru mulai) batu mulia ataupun batu akik ramai berburu batuan ini yang pada umumnya di gunakan mata cincin. Bahkan saudara penulis sendiri jauh – jauh datang dari Batam hanya untuk berburu batu permata “Zamrud” atau “Jamrud”. Tahu nggak berapa sih harga batu cincin “mulia” termahal didunia?.

Red Diamond, Permata, Gemstones
Red Diamond – Batu Mulia termahal di dunia

Banyak sekali jenis batu mulia yang ada dunia ini. Mulai harga satu juta rupiah per kratnya hingga milliaran rupiah per kratnya. Dan juga meski dengan jenis yang sama namun memiliki harga yang berbeda tergantung dari negara mana batumulia itu berasal.  Sepertialnya Emeral atau yang kita kenal dengan nama Zamrud ini. Zamrud paling mahal berasal dari Columbia, disamping banyak negara yang menghasilkan batu mulia ini seperti Amerika, Afrika Selatan, Nigeria, Pakistan, India, Afghanistan, Rusia, Australia, Ghana, Zimbabwe, Mozambik, Namibia, Nigeria, Malawi dan Madagaskar.  Batu Zamrud ini dengan kualitas terbaik bisa di hargai hingga 8.000 US dolar per kratnya.

Baca Juga:   Must Have Photography Apps for iPhone

Namun ternyata batu Zamrud bukanlah yang termahal didunia. Pada tahun 2007 dilelang batu Red Diamond (Berlian Merah) Sotheby seberat 2.26 karat (krat). Berlian merah ini terjual seharga  2.700.000 US dolar, dan jika di bagi akan didapat harga 1.180.000 per karatnya, Wow jika kita yang punya bisa beli apa saja tuh dengan batu sekecil itu.Jadi hingga saat ini batu mulia paling mahal di dunia masih ditempati Red Diamond.