Cara Cepat & Mudah Install Custom ROM Chroma di Google LG Nexus 5

Advertisement

Kali ini saya mau berbagi cerita yang sedikit Teknis, mengenai Android tepatnya… Lebih tepatnya lagi adalah mengenai Cara Cepat & Mudah Install Custom ROM Chroma di Google LG Nexus 5.

Sebenarnya saya sudah meminggalkan dunia Oprak-Oprek Android lumayan lama. Terakhir sewaktu di Galaxy Note II N7100 dulu.

Sewaktu menggunakan Xiaomi Mi4 aktivitas Oprak-Oprek tidak banyak saya lakukan. Paling sering hanya aktivitas opdat-apdet mingguan karena saya ikutan menggunakan Xiaomi Mi4 versi Developer.

Nah kali ini tertarik mencoba Custom ROM Nexus 5 lagi dikarenakan alasan Klasik. Entah kenapa Nexus 5 dengan Android 6 Marshmallow yang saya gunakan tiba2 sering ngeLag tanpa alasan yang jelas (Android gitu lah… bukannya Lag adalah fitur?) ya tapi ya nggak bisa gitu. :)))

Chroma ROM Android
Chroma ROM Android

Akhirnya setelah ketemu dengan Adik yang Hoba-Hobi Oprak-Oprek Android maka saya tertarik mencoba, ya mencobanya ketika adik saya Yunan Musiyanto (@k1nca) ini menggunakan Custom ROM Chroma. Saya lagu Akses XDA (Mencari di XDA) tentang Chroma ini. Dan mendapatkan penjelasan yang menarik dari website XDA tersebut.

Baca Juga:   Masalah-masalah yang Sering di Temui Pengguna Nexus 5

Chroma is a lightweight AOSP ROM focused on battery, performance and stability.

The philosophy of Chroma is to stay relatively close to Google’s stock Marshmallow with the additions of essential features that should have been included with stock Marshmallow as well as providing the most up-to-date security patches.

Terdengar Gurih kan? Terutama kata2 focused on battery nya. Ya udah segera siapkan perlengkapan perang untuk mencoba Chroma ini.

Sebelum Install Chroma Custom ROM

Sebelum mengeksekusi, ada beberapa poin penting sebelum hal itu menjadi kenyataan. Dan berikut ini adalah beberapa syaratnya

  • Unlocked Bootlooder
  • TWRP Recovery (download disini)

Dua poin itu wajib karena Status Nexus Unlocked membuatnya bisa disentuh2 dengan nyaman. Sedangkan Custom Recovery yang dalam hal ini TWRP karena itu lebih mudah manage proses installasi nantinya

Installasi Chroma Custom ROM di Nexus 5

  • Download terlebih dahulu Chroma ROM dan juga GApps nya. Untuk download bisa tinjau dibawah ini
  • Setelah keduanya terdownload, segera saja untuk di bawa ke Memori Internal dari Nexus 5 mu. Kalau sudah segera boot ke Custom Recovery dalam hal ini TWRP (Cara Reboot ke Bootloader & Custom Recovery)
  • Kemudian karena saya itu dari Official ROM Nexus dan nanti biar nggak terjadi Konflik of Interest maka saya perlu Factory Reset dengan TWRP dan juga wipe/system di menu Advanced Wipe
  • Install Chroma ROM dan GApps dan terakhir
  • Reboot dan Nikmati Chroma ROM.
Baca Juga:   How do you share documents, with only 140 characters twitter

Perlu diingat proses ini terutama sewaktu Booting pertama kali bisa sangat lama. Bisa lebih dari 20 menit. Jadi siapkan Kopi atau Teh beserta pacitanya..

Bonus Wallpaper Chroma Custom ROM

Chrome Custom ROM Android 6 Nexus 5
Chrome Custom ROM Android 6 Nexus 5

Selamat datang di Custom ROM Chroma, semoga bermanfaat. Jika stuck atau gagal mari bersama kami kita diskusi enaak enaak ;)