Cara Menambahkan/Enable Fitur EIS Pada Nexus 5x

Advertisement

Keluarga Nexus Smartphone di Akhir 2015 ini mendapat 2 versi, versi murah yang di garap sama LG dengan meluncurkan Nexus 5x dan versi premium digarap sama Huawei dengan meluncurkan Nexus 5p.

Selain kelas Murah dan Kelas Premium, perbedaan yang cukup ketara adalah, Nexus 5x menggunakan build quality yang lebih rendah (plastik) sedangkan versi Premium Nexup 6p dengan bahan metal.

Ukuran Layar pun beda, Nexus 5x itu masih keluarga 5 Inch tepatnya 5.2 Inch, sedangkan Nexus 5p dengan layar 5.7 Inch. Nexus 5x juga menggunakan prosesor yang lebih rendah dengan Snapdragon 808 dan Nexus 6p dengan Snapdragon 810. Oiya Speaker Nexus 5x mono dan Nexus 6p Stereo.

Selain itu kurang lebih sama. Tapi dari sisi kamera, walupun menggunakan jeroan yang sama. Tapi ada fitur yang hilang di Nexus 5x yang ternyata ada di Nexus 6p. Fitur itu adalah EIS.

Baca Juga:   Google+ Releases the Business Pages for Companies

Apa itu Fitur EIS (Electronic image Stabilization)?

Fitur ini konon adalah fitur yang dikembangkan oleh Google yang bertujuan meningkatkan kestabilan hasil video dan juga still photos.

Mengingat keduanya (Nexus 5x dan Nexus 6p) ini tidak dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilization) maka google menawarkan EIS.

Celakanya hanya Nexus 6p yang mendapatkan fitur EIS ini, besar kemungkinan fitur ini nggak ada di Nexus 5x karena jeroan Nexus 5x ini kurang nendang. Atau sedikit dibawah Nexus 6p.

Tapi semua bisa dipaksakan untuk bisa jalan fitur EIS nya di Nexus 5x, begini caranya.

Syarat utama Enable Nexus 5x EIS adalah, Device Nexus 5x kalian sudah di ROOT dan langkah selanjutnya tinggal edit parameter di build.prop.

Begini caranya Enable EIS di Nexus 5x

  1. Silahkan Download BuildPro Editor di Google Play
    Aplikasi BuildProd Editor
  2. Kemudian buka dan ijinkan akses ROOT, kemudian edit build.prop di Nexus 5x kalian.
    build.prop editor
  3. Dan tambahkan baris kode dibawah ini
    persist.camera.eis.enable=1
  4. Simpan hasil kerjaanmu dan lakukan Reboot
  5. Check Fitur EIS  dengan cara buka Aplikasi Camera mu dan masuk ke Settings
  6. Disana nanti akan ada menu Resolution & Quality dan terakhir
  7. Silahkan Check/Enable “Enable video stabilization”
    Nexus 5x with EIS Enable
  8. Selesai
Baca Juga:   How To Linking AdSense Accounts to Analytics Accounts

Versi Non ROOT Enable EIS Nexus 6p di Nexus 5x

Bagi yang Google LG Nexus 5x nya tidak ter root dan mau mencoba, bisa mencoba versi Mod dari Camera Nexus 6p dibawah ini.

Perlu di ingat juga, versi Camera MOD ini, tidak hanya EIS, tapi juga fitur Auto Brust Shot dan juga Slow Motion.

Caranya simple tinggal download aplikasi ini dan install. Jika ada kendala atau error bisa merujuk ke pengembangnya di XDA

https://drive.google.com/file/d/0B8OOvpXXmQZgaDlSbmotZk5JRTg/view

Semoga bermanfaat, semoga Fitur EIS di Nexus 5x kalian tidak mengurangi performa dan bisa meningkatkan hasil jepretanmu.