Fujitsu Mengumumkan Teknologi Pendingin Prosesor Smartphone “Liquid Loop Cooling”

Advertisement

Salah satu kendala yang banyak dihadapi smartphone adalah over “heating” atau panas yang berlebihan yang di terjadi saat suatu smartphone dijalankan biasanya terjadi saat multitasking atau digunakan untuk menjalankan aplikasi seperti game – game HD. Oleh karenanya teknologi pendingin yang canggih dibutuhkan untuk mengatasinya. Dan salah satu perusahaan yang memikirkan hal ini adalah Fujitsu.

Fujitsu, Teknologi Pendingan, Liquid Loop Cool
Liqiud Loop Cool Dari Fujitsu

Seperti kita ketahui pada pameran MWC 2015 lalu, Fujitsu sempat memamerkan sebuah scanner iris (selaput pelangi) yang dapat digunakan pada smartphone, dan kini Fujitsu mengumumkan sebuah teknologi baru untuk meredam panas yang ditimbulkan oleh kinerja prosesor di dalam sebuah smartphone. Cara kerja atau solusi yang ditawarkan perusahaan asal negeri teknologi – Jepang ini sebenarnya sangat simple, dimana nantinya dibutuhkan ruang khusus untuk menyalurkan uap panas yang dihasilkan oleh prosessor saat bekerja. Sebenarnya teknologi ini sudah di terapkan di beberapa smartphone ataupun tablet.

Baca Juga:   AIM iChat Officially Terminated on June 30th 2014

Namun yang membedakan adalah bagaimana cara kerjanya. Fujitsu merancang sebuah tabung tembaga mini yang diisi dengan sebuah cairan khusus untuk meredam panas dari prosesor, dan kemudian lewat saluran atau pipa khusus yang sudah dirancang panas akan disebarkan atau dikeluarkan untuk mencegah perangkat dari masalah “Over Heating”. Dan uniknya lagi cairan di dalam tabung kemudian menguap pada tiap kali prosesor mencapai titik terpanas, dan kemudian memadat kembali ketikamenjadi normal atau mencapai titik dingin. Ruang penguapan rancangan Fujitsu ini memiliki permukaan yang lebih besar dengan piringan kondenssasi 1 mm, dan ditempatkan tepat di atas prosesor, sementara ruang penguapan hanya sebesar 0,6 mm.

Baca Juga:   Twitter do it Again

Dan menurut pihak Fujitsu teknologi yang mereka temukan ini mampu mengatasi panas 5x lebih baik dari teknologi serupa yang kini digunakan beberapa smartphone.