Hari ini Rupiah pada titik paling rendah sejak 16 tahun lalu

Advertisement

Entah mengapa nilai tukar rupiah hari ini berada pada titik paling lemah sejak bulan Agustus 1998, artinya ini hari ini nilai rupiah berada pada nilai tukar yang paling rendah sejak 16 tahun lalu setelah reformasi. Kita tahu nilai tukar rupiah berada pada posisi paling tinggi pada saat krismon – saat reformasi. Setelah BJ Habibie naik menjadi presiden menggantikan Soeharto (Alm) nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar amerika dari awalnya per dolar amerika = Rp. 16.800 menjadi Rp. 8.500 dan pernah pada eranya rupiah menguat menjadi Rp. 6.000 per dolar amerika.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika, Kurs rupiah, USD, RP
Nilai Tukar terendah rupiah terhadap dolar amerika

Dan saat ini per dolar amerika = Rp. 12.705, merupakan nilai paling rendah sejak tahun 1998. Sebenarnya hal ini sudah diprediksi sehubungan dengan rencana BI sehubungan dengan suku bunga. Dan tentunya juga akan berdampak terhadap tingginya inflasi, hmmm benar nggak ya… (hehehe … maklum bukan pengamat atau ahli dibidangnya).

Baca Juga:   Migration Finish but Not Yet Complete

Namun satu hal yang pasti semenjak krisis terlewatkan, ini merupakan titik nilai tukar rupai yang paling rendah terhadap dolar amerika. Untuk pergerakan nilai tukar rupiah terhada dolar ameriak silahkan perhatikan gambar dibawah ini :

SBI, Rupiah, Dolar Amerika, USD, Reuters
Nilai Tukar terendah rupiah terhadap dolar amerika

Sumber : detik.com