Masalah-masalah yang Sering di Temui Pengguna Nexus 5

Advertisement

Benar sekali, mau membahas Masalah-masalah yang Sering di Temui Pengguna Nexus 5 dan Solusinya dan bukan Nexus 6 atau Nexus 5x atau Nexus 6p. Secara saya sendiri menggunakan Nexus 5 belum Nexus 5x atau Nexus 6p. Kalau kata Pak TED nanti baru make Nexus 5x 2 Tahuan lagi lewat OLX tentu saja ;)

Jadi begini, bagi saya sendiri Nexus 5 ini Device Smartphone Android yang pas banget, pas ditangan Indonesia (maksudnya saya) dan dengan Full HD dan ukuran 5″ nya sangat well well gitu. Tapi apakah nggak ada masalah? Banyak lah.. tapi bagi saya Pribadi Masalah terbesar itu adalah Performa Baterai yang aduhai borosnya :))

Jadi inilah beberapa Masalah-masalah Nexus 5 yang sering ditemui oleh Pengguna Nexus 5 dan bagaimana solusinya

  1. Battery Drain (Atau Performa Baterai yang Super Duper Boros)
    Masalah ini lebih dikenal juga dengan Baterai Bocor, tak dipakai tiba2 Baterai kosong dengan sendirinya.. ajaib2 gitu. Biasanya menemukan masalah baterai drain ini setelah #UpdateOS.

    Nexus 5 Red dengan Android M
    Nexus 5 Red dengan Android M

    Misalnya dari Android 5 Lillipop ke Android 6 Marshmallow.Solusi Battery Drain Nexus 5 ini simple. Jadi begini, ada 3 Cara yang bisa kalian coba.

    1. Clear App Cache
      Yaa cara ini cukup dengan Clear App Cache di tiap aplikasi yang sepertinya makan resource sehingga baterai menjadi boros. Caranya masuk ke Settings > Storage and USB > Cached Data > OK. dan Restart/Reboot Android Nexus 5 nya.
    2. Clear System Cache
      Caranya adalah matikan Nexus 5 kalian kemudian masuk ke Fastboot dengan cara Tekan Power Up + Power Down kemudian tekan Tombol Power dan nanti akan masuk ke Booting Screen, kemudian pilih dengan Volume Up atau Down dan masuk ke Recovery Mode.  Kemudian tinggal Wipe Cache Partition dan gunakan tombol Power untuk Ok/eksekusinya Dan terakhir Reboot ke System seperti biasa.
    3. Factory Reset
      Jika kedua cara tadi nggak ampuh, cara terakhir dengan Factory Reset, perlu dicatat cara ketiga ini akan membuat Nexus 5 kamu seperti baru karena semua data di Nexus 5 akan dihapus dan setup2 lagi dari awal. Caranya masuk Settings > Backup & Reset dan dipilih Factory Data Reset
  2. Nexus 5 Tidak Stabil
    Performa Nexus 5 menjadi lamban, sering Lag karena #UpdateOS coba beberapa cara ini untuk mengembalikan performanya. Caranya dengan melihat aplikasi2 apa yang memakan resource cukup tinggi sehingga performa menjadi kacau nggak terkira. Cara masuk ke Safe Mode adalah dengan cara berikut.Tekan Power Button agak lama sehingga dilayar muncul Power Off, kemudian Tekan Power Off Button agak lama yang mana akan membuat Nexus 5 disabled semua Aplikasi yang sudah terdownload dan hanya menggunakan aplikasi2 bawaan. Dan dicek apakah performanya sudah normal.. kalau iya berarti ada aplikasi yang terinstall yang membuat Performa Nexus 5 menurun drastis.

    Android 5 Nexus 5 dengan Chroma ROM
    Android 5 Nexus 5 dengan Chroma ROM
  3. Tiba2 Nexus 5 tidak mau di Charge
    Lha dalah setelah update ke Android 6 Marshmallow tiba2 Nexus 5 mu nggak mau di Charge baterainya? Nah Google memberikan saran untuk Factory Reset jika hal itu terjadi dengan Device Nexus 5 kalian setelah update ke Android 6 Marshmallow.
  4. Bluetooth nggak mau Konek
    Duh, tiba2 Bluetooth nggak mau dipake setelah #UpdateOS beberapa hal berikut semoga bisa menjadi cara untuk memperbaiki performa Bluetooth di Nexus 5 kalianMatikan Bluetooth kemudian nyalakan kembali Bluetooth nya. Kemudian jangan lupa di Add lagi Bluetooth2 Devicenya. Kalau masih bermasalah coba dengan cara Turn On Airplane Mode dan Matikan Airplane Mode. Ulangi langkah ini 5-10 kali. Nanti biasanya Masalah Bluetooh Nexus 5 kalian akan teratasi.
  5. WiFi nggak mau Konek ke Jaringan
    Nah ini juga masalah yang ditemui beberapa pengguna Nexus 5 setelah #UpdateOS dan berikut ini beberapa clue untuk membuat WiFi kalian normal kembali. Masalah Susah konek WiFi ini sebenarnya masalah lama, Sejak KitKat dan Lollopop dan di Android 6 Marshmallow beberapa pengguna masih mendapatkan masalah ini.Beberapa saran seperti Airplane Mode On kemudian di Off dan coba di Konekkan kembali ke Router, hapus dulu jika sudah terdaftar di Device untuk pairing ulang. Kalau perlu Disable Mobile Data dan Reboot Nexus 5nya terlebih dahulu.

Masih ada masalah lagi dengan Nexus 5 kalian? Berbagi dengan kami dan kami akan coba bantu mencari solusinya.

Baca Juga:   Ubuntu 10.10: How to Save Batteries Energy Notebook / Laptop