Merampingkan Kategori WordPress

Advertisement

Seingat kami, Blog ini dulu Hadir sebelum WordPress memperkenalkan apa yang dinamakan dengan Tags, nah karena Ulah WordPress itulah, maka Kategori kami menjadi banyak sekali dan nggak teraturan.

Logo WordPress Official Blue
Logo WordPress Official Blue

Mengingat ini sudah waktunya berbenah di akhir Tahun 2015 ini dan juga sebagai langkah-langkah awal dari Tulisan Kami sebelumnya tentang Bahasa Indonesia, maka kami menata kembali lokalisasi segala hal yang ada di Situs ini dulunya agar bisa diakses dengan nyaman.

Untuk saat ini, Halaman Theme WordPress masih amburadul dan nggak karu2an, begitu juga Halaman Details dari Themes2 tersebut. Yang pertama kami akan merampingkan kategori menjadi dibawah 10 saja. Kami juga akan optimasi Theme WP ini, kami sengaja menggunakan 2 Kolom buatan Mas Raam Dev. Theme WP ini bernama Independent Publisher dan berlisensi GPL. Jadi nanti bisa kami obrak-abrik sesuai kebutuhan.

Baca Juga:   Update: Theme WordPress Hijriah 1.6

Kenapa menggunakan Independent Publisher dan tidak membuat sendiri?

Nantinya bisa jadi kami buat atau Kustom sendiri lagi, tapi ini demi Sat-set; Bat-bet™ dan agar supaya segera ON maka saya cari dan nyaman dengan Independent Publisher ini.

Darimana tahu dengan Independent Publisher ini?

Nggak sengaja pas Browsing Blog Kawan lama Didats dan dia make ini juga :))

Kembali Cara Merapikan Kategori WordPress ini, kami melakukan dengan cara sederhana. Kami masuk ke Dashboard WordPress kemudian masuk ke Posts > Categories, nanti akan tampil seperti ini

Rampingkan Kategori WordPress
Rampingkan Kategori WordPress

Yang kami lakukan untuk mengurangi jumlah Kategori cukup sederhana, kami membuang dulu kategori2 yang berkaitan atau mirip.  Karena saat ini ada 97 kategori jadi kami harus membuang sekitar 80 Kategori.. sebuah pekerjaan “metani” yang butuh kesabaran.

Baca Juga:   WordPress 2.0
Tips Rampingkan Kategori WordPress
Tips Rampingkan Kategori WordPress

Yang perlu diingat, setiap kategori yang dibuang tadi, nanti akan masuk ke Kategori Utama atau biasanya General. Nah tugas berikutnya adalah memindah artikel-artikel tersebut dari kategori General ke Kategori yang lebih sesuai.

Setelah Kategori WordPress Ramping
Setelah Kategori WordPress Ramping

Dan Akhirnya Pekerjaan itupun selesai.