Permalinks

Advertisement

Banyak pengguna WordPress bingung bagaimana untuk setting permalinks, mulai hasilnya error sampai dengan keluar Document Not Found. Dan berikut ini berdasar pengalaman Nurudin Jauhari bagimana implemantasi pada mesin *NIX varian dalam hal ini FreeBSD 5.2.1. Studi kasus kali ini penulis mencoba membuat Permalinks pada Server yang divelop sendiri, bukan server hosting.

Langkah pertama untuk memastikan biar Permalinks berjalan dengan sukses padalah pada waktu installasi Apache baik versi 1.3.x maupun versi 2.0.x mod_rewrite(untuk Permalinks) dan mod untuk akses PHP nya terinstall. Setelah installasi Apache serta mod yang diperlukan terinstall

Langkah selanjutnya adalah konfigure httpd.conf dari apache untuk memastikan bahwa webserver kita bisa menerima file .htaccess dengan cara cek di bagian dari lokasi dir Word Press terinstall ditambah di httpd.conf contoh

Jika Doc Root dari WordPress di taruh di /data/www/
maka pada directory tersebut dimasukkan list jadi seperti ini



Options Indexes FollowSymLinks
AllowOverride All
Order allow,deny
Allow from all

Setelah itu di direktori WordPress tadi kita buat file .htaccess dengan cara
touch .htaccess

setelah sukses bikin file segera CHMOD ke 777 biar kita bisa edit Permalinks automatis lewat Web Admin dari WordPress kita.

Setelah bikin file file tersebut segera masuk ke Admin dari WordPress dan segera aktifkan kombinasi dari permalinks.

Yap dan selesai, semoga membantu dan segala saran sangat kami harapkan

Posted in Tak Berkategori
  • tingkat tinggi ini mas…mantaf untuk baca2…

  • salam kenal mas jauhari..terima kasih postingannya mas, tapi bagi aku agak kurang bisa tercerna, (emang makan hehehe):)>- oiya, klo berkenan bisa link exchange:)