Persaingan TV 4K Warnai CES 2015

Advertisement

Masih sehubungan dengan agenda CES 2015 yang mrnjadi ajang pamer produk elektronik. Dan sebelumnya kami telah menulis tentang Samsung yang akan mengenalkan TV terbaru mereka yaitu S’ UHD TV (silahkan anda baca :  Samsung Akan Perkenalkan S’ UHD TV Pada CES 2015 ). Namun ternyata samsung tidak sendirian dalam mengenalkan TV dengan teknologi 4K. Beberapa produsen elektronik yang memproduksi Telivisi juga mengenalkan TV masa depan mereka dengan teknologi 4K.

LG, OLED TV, TV 4K
LG OLED TV

Beberapa perusahaan elektronik yang memamerkan telivisi 4K diantaranya adalah Sony, Sharp, LG, Philips dan juga Netflix. Dari semua merek yang kami sebutkan hanyalah Samsung yang hadir dengan Tizen sebagai sistem operasinya, sedangkan Sony, Philips dan Sharp sama – sama mengusung Google New Android TV sebagai sistem operasi smartTV yang mereka.

Baca Juga:   3 Bintang "Rookie" Descendants of the Sun
Sharp Beyond 4K
Sharp Beyon 4K TV

Yang menarik adalah LG yang menunjukkan keahlian mereka dengan mendesain TV 4K dengan teknologi OLED (organic light-emitting diode), dimana teknologi ini sebenarnya pernah akan diterapkan Samsung, namun Samsung selalu mengalami kesulitan, sehingga tak mengherankan jika beberapa kali petinggi LG mengatakan ini semua berkat keahlian mereka dalam membuat OLED TV, yang terkenal karena mampu menampilkan warna hitam lebih dalam sehingga menghasilkan warna yang lebih hidup dan menjadi energi lebih efisien daripada teknologi LCD (Liquid Crystal Display).

Sementara itu beda lagi dengan Sharp yang berbeda dalam meramu TV 4K mereka, dengan sebuah teknologi baru Sharp yang dijuluki “Beyond 4K”. Jika TV normal terdiri dari 3 pixel warna yakni merah, hijau dan biru. Maka di teknologi baru Sharp ini mereka menambahkan satu lagi warna dasar yakni warna kuning. Dengan teknologi baru ini TV Sharp kini memiliki 66 juta subpixel, dan jika TV biasa hanya memiliki 24 juta subpixel, wow  bisa dibayangkan hasil warna yang dihasilkan.

Baca Juga:   Download Full Album Musik Yang Baik Sheila On 7 Lewat iTunes

Semua yang kami sebutkan diatas belum sepenuhnya mewakili semua produsen TV 4K, masih ada Panasonic yang hingga kini masih ditunggu teknologi baru mereka yang kabarnya Panasonic akan mempertontokan teknologi 4K – Blu-Ray.