Ternyata Smartphone Dapat Meningkatkan Kinerja Otak Lho!!!

Advertisement

Percaya nggak percaya ternyata smartphone khususnya layar sentuh dapat meningkatkan kinerja otak penggunanya.  Hal ini dikarenakan interaksi antara otak dengan jari jempol, telunjuk dan jari tengah dapat meningkatkan aktivitas listrik diotak saat penggunanya mengoperasikan smartphone layar sentuh dengan jari jemari mereka. Demikian sebuah laporan yang dimuat dalam sebuah jurnal “Current Biology” sebagai karya ilmuan – Arko Ghosh dari University of Zurich dan ETH Zurich di Swiss.

Smartphone, Corteks, Sensor Motorik
Smartphone meningkatkan kinerja otak

Arko Ghosh mengatakan bahwasanya saraf-saraf informasi banyak terdapat di ujung – ujung jari jemari. Oleh karenanya peran ibu jari atau jari jempol begitu penting fungsinya dalam kinerja tubuh manusia. Dan penggunaan jempol pada smartphone – layar sentuh dapat meningkatkan dalam memahami fungsi otak manusia.

Baca Juga:   Monotouch 2.0 for iPad, it's compatible?

Pernyataan Akor Ghosh bukan tanpa dasar. Bersama timnya, Ghosh melakukan penelitian dengan menggunakan electroencephalography (EEG) yang digunakan untuk merekam respons otak bagi seorang pengguna smartphone saat melakukan sentuhan – sentuhan dengan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Lebih lanjut Ghosh mengatakan bahwa aktivitas korteks sebagai  bagian terbesar dalam otak manusia yang berhubungan dengan fungsi otak yang lebih tinggi seperti pikiran dan tindakan akan semakin meningkat saat pengguna smartphone mulai beraktivitas dengan jari – jari meraka, sehingga ujung ibu jari jadi lebih sensitif,” ujarnya. Dan juga para peneliti menyatakan bahwa gerakan – gerakan yang berulang – ulang di atas permukaan layar sentuh akan meningkatkan proses sensorik tangan/jari penggunanya.

Baca Juga:   The Next Google Nexus Phone LG Optimus G Nexus

Masih menurut Gosh, penggunaan yang  berlebihan juga dapat menyebabkan disfungsi sensor motorik jari dan tangan penggunanya.

Ayo gunakan smartphone dengan bijak ya, jika sudah capek jangan dipaksakan.