How To

10 Langkah Cepat untuk Meningkatkan Performa PC Anda

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda. Hal ini bertujuan untuk lebih membuat kinerja PC lebih maksimal dan...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 1 view
Cara Meningkatkan Performa PC Anda

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa PC Anda. Hal ini bertujuan untuk lebih membuat kinerja PC lebih maksimal dan membuat Anda lebih nyaman saat bekerja. Performa PC yang kurang stabil dapat menghambat pekerjaan Anda, bahkan cenderung membosankan bagi Anda. Namun hal ini bukan rahasia lagi jika performa PC atau laptop bakal menurun seiring berjalannya waktu. Apalagi, jika pengguna rajin memasang aplikasi dan menjejali penyimpanan (storage) dengan aneka file dan dokumen sampai penuh.

Cara Meningkatkan Performa PC Anda
Cara Meningkatkan Performa PC Anda

image source

Oleh karenanya, Anda perlu melakukan 10 langkah cepat ini untuk mengembalikan performa PC lebih stabil dan cepat pada Windows 11. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan pada PC atau laptop Anda.

10 Langkah Cepat untuk Meningkatkan Performa PC Anda

Periksa Program Startup Anda

Ketika komputer lambat saat melakukan boot, penyakit umumnya adalah biasanya Anda memiliki terlalu banyak program startup. Untuk memperbaikinya tekan tombol Windows, lalu ketik (dan pilih) Task Manager.

Ketika Task Manager terbuka, klik tab “Startup”. Anda akan melihat semua program yang Anda atur untuk berjalan saat Windows boot. Lihatlah kolom yang ada pada paling kanan berlabel Startup Impact. Periksa apa pun yang Anda nilai memiliki dampak “tinggi” atau “sedang”. Silahlan Anda putuskan apakah itu benar-benar penting, jika tidak, matikan agar program tersebut tidak berjalan ketika komputer baru memulai boot.

Sesuaikan Pengaturan Restart Anda

Ketika komputer Anda restart secara otomatis biasanya karena pembaruan sistem atau program lain. Secara default Windows mencoba membuka kembali semua yang Anda buka pada desktop sebelum komputer mati. Ini fitur yang bagus, tetapi juga dapat memengaruhi kinerja, dan mematikannya cukuplah mudah.

Buka aplikasi Pengaturan (klik “Start” dan kemudian pilih roda gigi pengaturan) pada kiri bawah Menu Start. Dalam aplikasi Pengaturan, pilih Akun => Opsi Masuk. Kemudian pada bagian bawah Privasi matikan penggeser berlabel “Gunakan Info Masuk Saya Untuk Secara Otomatis Menyelesaikan Pengaturan Perangkat Saya Dan Buka Kembali Aplikasi Saya Setelah Pembaruan Atau Mulai Ulang“.

Hapus Bloatware dan Aplikasi yang Berlebihan

Aplikasi startup hanya setengah dari masalah. Beberapa program memiliki sedikit utilitas pembantu yang berjalan pada latar belakang bahkan saat aplikasi tidak pengguna buka. Anda tidak ingin mematikan ini secara manual kecuali Anda terbiasa dengan apa yang mereka lakukan. Pendekatan yang lebih baik adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak pernah atau jarang Anda lakukan. Termasuk aplikasi bloatware yang sudah terinstal sebelumnya pada PC Anda.

Periksa Ruang Penyimpanan Anda

Windows menyediakan lebih banyak informasi bawaan untuk melihat dan mengelola penyimpanan PC Anda. Untuk menemukannya, buka aplikasi Pengaturan lagi dan pilih Sistem => Penyimpanan. Bagian ini menunjukkan ringkasan penggunaan penyimpanan utama sistem Anda. Hal ini mencakup berapa banyak ruang yang Anda gunakan aplikasi dan fitur, serta file dan folder besar, file sementara, dan sebagainya.

Sesuaikan Rencana Daya Power Anda

Secara default, Windows menggunakan rencana penggunaan daya “seimbang” yang terkadang dapat menghambat kinerja. Paket seimbang menjaga kecepatan CPU Anda lebih rendah saat tidak Anda gunakan. Selain itu juga menempatkan komponen utama dalam mode hemat daya masing-masing selama permintaan rendah.

Anda dapat mengatur semuanya dengan membuka Control Panel (klik “Start” dan ketik “Control Panel”), dan pilih “Power Options.” Pada panel berikutnya, klik “Tampilkan Paket Tambahan” dan kemudian pilih opsi “Kinerja Tinggi”.

Matikan OneDrive

Jika Anda tidak menggunakan OneDrive, ini adalah cara mudah untuk mengurangi penggunaan sumber daya sistem yang berlebihan. Hal termudah untuk Anda lakukan adalah mematikan OneDrive pada bagian bawah tab Startup di Task Manager jika ada. Anda juga dapat membuka menu Start, dan klik kanan “OneDrive” dan pilih “Copot pemasangan.” Ini akan menghapus OneDrive dari PC Anda, tetapi semua file Anda akan tetap ada pada OneDrive.com.

Hentikan Pembaruan Latar Belakang

Jika Anda pengguna Windows 10 atau 11, biasanya ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk menghalangi Pembaruan Windows dan fitur unduhan latar belakang lainnya. Atur Wi-Fi rumah atau koneksi Ethernet kabel Anda sebagai terukur dari Pengaturan => Jaringan & Internet => Wi-Fi. Atau Pengaturan => Jaringan & Internet => Ethernet.

Ini memberi tahu Windows 10 untuk tidak mengunduh pembaruan besar apa pun saat menggunakan koneksi Wi-Fi tersebut.

Mempercepat Menu dan Animasi

Seperti versi sistem operasi lainnya, Windows 11 menggunakan efek visual yang dapat mengurangi kinerja. Ini adalah item seperti animasi, transparansi jendela, efek bayangan, dan sebagainya.

Melakukan Recovery Pembaruan Windows

Jika PC Anda tiba-tiba melambat, ada dua penyebab yang harus segera Anda lihat. Pertama, buka Pengaturan => Perbarui & Keamanan => Lihat Riwayat Pembaruan. Apakah ada pembaruan yang terinstal saat PC Anda mulai melambat? Jika ini menjadi penyebabnya, maka Anda mungkin perlu mencopot pemasangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.