How To

10 Langkah Mempercepat Koneksi Internet Menggunakan Data Seluler

Banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mempercepat koneksi internet saat Anda menggunakan Data Seluler. Pada dasarnya hal ini memang berbeda. Banyak...

Avatar Written by Zack Kamil · 3 min read > 5 views
Cara Mempercepat Koneksi Internet

Banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mempercepat koneksi internet saat Anda menggunakan Data Seluler. Pada dasarnya hal ini memang berbeda. Banyak yang mengatakan jika menggunakan konek WiFi cendrung memiliki akses internet lebih cepat. Padahal tidak semua kenyataan tersebut demikian adanya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet
Cara Mempercepat Koneksi Internet

image source

Dari berbagai pengalaman, menggunakan internet dari Data Seluler
lebih nyaman ketimbang WiFi. Hanya saja terkadang pengguna tidak dapat memilih dengan tepat jenis layanan seluler yang ingin mereka gunakan, sehingga mengakibatkan jaringan seluler tidak bisa berfungsi dengan baik.

Ingin tahu mengapa data seluler Anda sangat lambat? Bekerja dengan koneksi data yang lambat pada ponsel Anda sangat membuat frustrasi, baik pada perangkat iPhone atau Android. Baik Anda mencoba menonton video atau memeriksa Facebook pada ponsel, Anda mudah merasa kesal saat layanan tidak memenuhi standar yang Anda harapkan.

Dalam kebanyakan kasus, koneksi data yang lambat hanya bersifat sementara, dan ini hanya karena lokasi atau kemacetan jaringan. Pada lain waktu, itu bisa bertahan selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Sebelum Anda menghubungi dukungan teknis operator seluler Anda, coba langkah-langkah sederhana ini terlebih dahulu untuk memperbaiki masalah data seluler Anda yang lambat.

10 Langkah Mempercepat Koneksi Internet Data Seluler Anda

Nyalakan Ulang Ponsel Anda

Ini tampak seperti perbaikan klise, tetapi sering berhasil. Memulai ulang ponsel Anda akan memperbaiki kecepatan data seluler yang lamban, terutama jika Anda belum mematikannya dalam beberapa waktu. Jika Anda sedang terburu-buru, Anda dapat mencoba meletakkan ponsel Anda dalam mode pesawat terlebih dahulu. Tapi dengan restart penuh selalu merupakan ide yang bagus untuk mengatasi permasalahan kecil pada ponsel.

Pindah ke Lokasi Lain

Banyak faktor fisik yang dapat menyebabkan jaringan seluler menjadi lambat. Ini termasuk cuaca, kemacetan jaringan, dan bahkan aktivitas matahari. Tetapi yang utama adalah geografi dan bangunan.

Jika Anda berada pada daerah terpencil, atau ada banyak penghalang alami sekitar Anda (seperti bukit, gunung, dan lembah), Anda mungkin akan mengalami sinyal yang buruk. Cobalah untuk pindah ke lokasi yang lebih rata jika lanskap pada sekitar Anda cocok dengan salah satu ekstrem ini.

Hal yang sama berlaku untuk berada dalam gedung atau rumah. Anda mungkin berada di tengah-tengah area perkotaan yang padat penduduk dengan bilah penuh pada perangkat Anda, lalu bertanya-tanya mengapa data Anda menjadi sangat lambat saat Anda memasuki struktur tertentu. Berada pada bagian bawah tanah, atau sekeliling oleh beton dalam struktur seperti ruang bawah tanah, dapat memengaruhi sinyal data Anda secara negatif.

Perbarui dan Nonaktifkan Aplikasi Tertentu

Terkadang aplikasi yang bermasalah dapat menyebabkan masalah dengan memonopoli koneksi data Anda dan dengan demikian memperlambatnya dengan menyisakan lebih sedikit bandwidth untuk aplikasi lain. Dalam kasus seperti itu, Anda perlu melakukan sedikit penyelidikan untuk melihat apa, jika ada, yang memakan bandwidth Anda. Jika ada sesuatu yang salah, Anda dapat menonaktifkan akses aplikasi ke koneksi data seluler Anda atau menghapus instalannya terlebih dahulu.

Anda dapat menemukannya pada Pengaturan => Jaringan & internet => Jaringan seluler => Penggunaan data aplikasi. Ketuk aplikasi, lalu geser penggeser Data latar belakang ke nonaktif untuk mencegah aplikasi tersebut menggunakan data pada latar belakang.

Matikan Opsi Penghemat Data atau Mode Data Rendah

Baik Android dan iPhone memiliki mode khusu untuk mengurangi penggunaan data Anda. Ini berguna jika Anda memiliki jumlah data yang terbatas, tetapi jika Anda mengaktifkannya secara tidak sengaja, mereka dapat membuatnya tampak seperti koneksi seluler Anda lambat. Coba nonaktifkan mode ini untuk melihat apakah semuanya terasa lebih cepat.

Ingat Batas Data Anda

Ingatlah bahwa Anda mungkin memiliki batasan data seluler mulai dari beberapa hingga beberapa gigabyte. Jika Anda melampaui batas itu, operator seluler Anda biasanya akan memperlambat koneksi Anda (sebagai pengganti kelebihan biaya yang mahal).

Bahkan mereka yang disebut paket “FUP Unlimited” biasanya akan mengalami pelambatan atau “pengurangan prioritas” selama masa kemacetan jaringan, terutama setelah mencapai batas tertentu. Ini mungkin menjadi penyebab ketika Anda mengalami data seluler yang lambat. Jika Anda telah menghabiskan jatah Anda, Anda harus menunggu sampai siklus tagihan Anda diatur ulang atau membeli data berkecepatan tinggi tambahan.

Putuskan Sambungan Dari VPN

VPN dapat memberikan privasi tambahan dan memungkinkan Anda mengatasi pembatasan geografis, tetapi tetap terhubung ke VPN juga dapat memperlambat kecepatan seluler Anda. Jadi, jika ponsel Anda terhubung ke VPN dan Anda perlu membuat data Anda lebih cepat, coba putuskan sambungan dari VPN terlebih dahulu.

Kemungkinannya adalah, Anda akan segera melihat peningkatan segera setelah Anda memutuskan sambungan. Jika itu memperbaiki masalah, Anda dapat meningkatkan kecepatan VPN saat Anda menyambungkannya kembali.

Atur Ulang Pengaturan Jaringan Seluler

Menyetel ulang pengaturan jaringan Anda sering kali memperbaiki koneksi data seluler yang lambat. Akan tetapi ini adalah langkah yang lebih drastis. Melakukan ini akan mengatur ulang semua yang terkait dengan jaringan ke default. Ini termasuk menghapus titik akses Wi-Fi Anda, perangkat Bluetooth, dan sejenisnya. Kehilangan ini bukanlah akhir dari segalanya, tetapi Anda harus menyambung kembali ke jaringan Wi-Fi yang tersimpan dan memasangkan kembali perangkat Bluetooth Anda nanti.

Untuk mengatur ulang pengaturan jaringan pada ponsel Android, Anda akan menemukan opsi reset network settings pada Settings => System => Advanced => Reset options => Reset Wi-Fi, mobile & Bluetooth. Ini mungkin berada dalam lokasi yang berbeda tergantung pada pabrikan ponsel dan versi Android Anda.

Keluarkan dan Masukkan Kembali Kartu SIM

Anda dapat mencoba mencabut, lalu memasukkan kembali, kartu SIM Anda. Ini dapat menjernihkan masalah mendasar apa pun yang memengaruhi koneksi ponsel Anda ke operator Anda.

Lokasi kartu SIM Anda bervariasi dari perangkat ke perangkat. Padaperangkat Android, itu bisa pada bagian samping, atas, bawah, atau bahkan pada penutup belakang jika ponsel Anda memiliki baterai yang dapat dilepas.

Periksa Koneksi Jaringan Utama

Meskipun operator seluler suka membual tentang keandalannya, pemadaman terjadi setiap saat. Pemadaman ini sering menyebabkan kecepatan berkurang, atau bahkan kehilangan koneksi. Jika Anda masih mengalami data seluler yang lambat setelah memeriksa semua hal di atas, ada baiknya untuk memeriksa pemadaman dengan operator Anda sebelum menelepon.

Hubungi Dukungan Operator

Jika tidak ada langkah-langkah ini yang memperbaiki data lambat Anda, maka inilah saatnya untuk menghubungi dukungan teknis. Hubungi operator seluler Anda melalui nomor dukungannya, yang dapat Anda temukan melalui aplikasi seluler atau dengan pencarian Google cepat.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.