How To

3 Langkah Mudah Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

Windows 10 merupakan salah satu windows yang sedang populer saat ini. Akan tetapi meski dibilang Windows versi baru, tetapi masih banyak orang...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 16 views
Mematikan Update Windows 10

Windows 10 merupakan salah satu windows yang sedang populer saat ini. Akan tetapi meski dibilang Windows versi baru, tetapi masih banyak orang yang kurang suka menggunakan windows 10. Selain karena memang kurang begitu familiar dikalangan menengah ke bawah, juga yang sering terjadi adalah selalu muncul update windows.

Hal ini yang terkadang menjadi kurang nyaman bagi sebagian orang, terutama saat masa WFH seperti sekarang ini. Kuota internet bisa saja akan terkuras habis tanpa kita sadari. Update sistem pada Windows saat ini belum dipastikan waktunya, sehingga kapan saja bisa terjadi.

Mematikan Update Windows 10
Mematikan Update Windows 10

Update tersebut biasanya datang dengan membawa beberapa fitur baru, atau hanya memperbaiki bug system sebelumnya. Tapi justru terkadang malah membuat error Windowsnya, karena mungkin saja pada update tersebut masih mengalami banyak bug. Seperti yang terjadi pada update yang baru-baru ini saya terima (26/07/2020). Ini terjadi pada laptop yang saya miliki. Setelah update berhasil ternyata malah error tidak bisa membuka tombol Start dan area Taskbar tidak bisa diklik.

Sehingga ini akan membuat kita bingung terutama bagi yang belum terbiasa dengan Windows 10. Oleh karenanya disini kami berikan langkah-langkah bagaimana bisa mematikan update Windows 10 langsung secara permanen. Jadi, walaupun pada tombol Shutdown atau Restart muncul Update, maka sistem tidak akan mengupdatenya.

3 Langkah Mudah Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

#1 Melalui CMD

1. Silahlan buka CMD Run as Administrator. Klik pada pencarian Windows, ketikkan CMD, kemudian klik kanan Run as Administrator.

2. Ketikkan perintah dibawah ini, kemudian tekan Enter

takeown /f “%windir%\System32\UsoClient.exe” /a

3. Lalu masukkan lagi perintah ini, kemudian tekan Enter

icacls “%windir%\System32\UsoClient.exe” /inheritance:r /remove “Administrators” “Authenticated Users” “Users” “System”

#2 Melalui Gpedit.msc

1. Silahkan buka Gpedit.msc dengan cara klik kombinasi pada tombol keyboard Windows+R, kemudian ketikkan gpedit.msc

2. Masuk pada Computer Configuration => Administrative Templates => Windows Components => Windows Update

3. Buka Configure Automatic Updates di bagian kanan dengan cara klik 2x. Kemudian pilih Disable, selanjutnya pilih Apply => Ok.

#3 Melalui Registry Editor

1. Silahkan buka Registry Editor dengan cara tekan kombinasi pada keyboard Windows + R, kemudian ketik regedit

2. Masuk pada HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Policies > Microsoft > Windows, kemudian pada area sebelah kanan, Klik kanan lalu pilih New => Key. Lalu Masukkan nama key WindowsUpdate, jika sudah tekan Enter

3. Kemudian pada jendela sebelah kanan dalam folder WindowsUpdate yang sudah kamu buat tadi, klik kanan lagi, pilih key tersebut pilih New => Key. Masukkan nama AU, lalu Enter

4. Selanjutnya pada pada folder AU, klik kanan di bagian jendela sebelah kanan pilih New => DWORD (32-bit) Value, kemudian isikan nama NoAutoUpdate lalu tekan Enter.

5. Terakhir, buka DWORD yang sudah kamu buat dengan nama NoAutoUpdate ubah nilai value dari 0 menjadi 1. Kemudian lakukan Restart.

Nah, itulah 3 langkah yang bisa kamu pilih jika akan mematikan Update pada Windows 10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.