How To

4 Cara Mudah Menghubungkan Chromebook ke Monitor Eksternal

Menghubungkan Chromebook ke monitor eksternal merupakan sebuah penting yang perlu Anda ketahui. Hal ini tentunya akan dapat bermanfaat jika Anda ingin melakukan...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Menghubungkan Chromebook Ke Monitor

Menghubungkan Chromebook ke monitor eksternal merupakan sebuah penting yang perlu Anda ketahui. Hal ini tentunya akan dapat bermanfaat jika Anda ingin melakukan cast layar yang lebih besar atau ingin menggunakan dual display untuk kepentingan tertentu.

Menghubungkan Chromebook Ke Monitor
Menghubungkan Chromebook Ke Monitor

image source

Untuk melakukan ini, Anda memiliki beberapa opsi untuk menghubungkan Chromebook melalui port Anda. Selain itu, Anda juga dapat menentukan berapa banyak yang Anda butuhkan dari layar kedua tersebut. Nah, untuk itu berikut penulis berikan cara menghubungkan Chromebook Anda ke monitor eksternal.

Menggunakan Port HDMI

Dahulu kala, sebagian besar Chromebook memiliki port HDMI pada sisi samping laptop. Namun, dengan munculnya USB-C dan kemampuan yang melebihi Port HDMI, mulai sebagai pengisian daya, data, dan juga casting video pada saat yang sama. Sehingga sangat masuk akal jika perusahaan mulai menjatuhkan port HDMI dan malah mengandalkan USB-C.

Port HDMI merupakan singkatan dari High-Definition Multimedia Interface, standar A/V yang telah menjadi standar kabel / port video paling populer selama sekitar 15 tahun lalu. Jika Anda memiliki port yang terlihat seperti ini pada Chromebook Anda, maka Anda bisa menghubungkan Chromebook ke monitor eksternal dengan menggunakan kabel HDMI yang bagus.

Sebagian besar kabel HDMI bersifat dua arah, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah menyambungkan salah satu ujungnya ke Chromebook Anda dan menyambungkan ujung lainnya ke monitor, dan menyalakan monitor. Selanjutnya Chromebook akan secara otomatis mendeteksi bahwa Anda telah menyambungkan monitor dan mulai mentransfer tampilan layar Anda ke monitor kedua.

Menggunakan Hub dan adaptor USB-C

Jika Chromebook Anda tidak memiliki port HDMI (biasanya terjadi pada sebagian Chromebook versi terbaru saat ini), Anda akan membutuhkan satu perangkat keras tambahan, yaknu hub USB-C. Hub USB-C terbaik untuk Chromebook hampir semuanya memiliki port HDMI untuk ditambahkan ke monitor eksternal.

Hub USB-C tersebut bersifat plug-and-play sama seperti jika Chromebook Anda memiliki port HDMI dan hanya perlu mengatur ulang monitor Anda ke Chrome OS.

Jika Anda ingin menghubungkan melalui USB-C namun tidak menggunakan hub, Makan Anda bisa menggunakan adaptor USB-C ke HDMI secara khuses khusus. Akan sebagai rekomendasi, Anda lebih baiknya menggunakan hub sebagai gantinya. Karena Hub lebih mudah beradaptasi daripada adaptor.

Mentransmisikan Jendela atau Layar Anda

Secara teknis ini tidak akan memberi Anda layar sekunder untuk menyebarkan banyak konten. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakannya secara nirkabel, dengan memanfaatkan layar besar, maka Anda bisa memanfaatkan Browser Chrome dan Chrome OS yang memiliki fitur Google Cast bawaan. Sehingga Anda dapat dengan mudah mentransmisikan seluruh tampilan Anda.

Berikut Cara Mentransmisikan Tab ke Chromecast

  1. Buka situs web yang ingin Anda transmisikan.
  2. Ketuk menu tiga titik pada sudut kanan atas Chrome.
  3. Kemudian pilih Transmisi atau Cast…
  4. Selanjutnya pilih Chromecast yang ingin Anda transmisikan.
  5. Saat Anda siap menghentikan transmisi, ketuk Berhenti pada pemberitahuan terus-menerus yang muncul saat Transmisi sedang berlangsung.

Menggunakan Monitor USB-C

Sekarang ini ada sebagai monitor eksternal yang sudah mendukung port USB-C. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan layar ini untuk menghubungkan Chromebook dengan monitor eksternal. Sekarang ini monitor USB-C kemungkinan akan membebani Anda lebih dari monitor khusus HDMI yang lebih lama. Karena pada kenyataannya, banyak monitor USB-C harganya lebih mahal. Sehingga metode ini tentukan masih belum banyak untuk diterapkan oleh pengguna.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.