How To

4 Langkah Mengatasi Smartphone Lemot Saat Bermain Game

Bermain game menjadi hiburan tersendiri bagi semua orang terutama yang sudah menggunakan smartphone. Game merupakan ajang hiburan yang bisa kamu mainkan sendiri...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Cara Mengatasi Smartphone Lemot Saat Bermain Game

Bermain game menjadi hiburan tersendiri bagi semua orang terutama yang sudah menggunakan smartphone. Game merupakan ajang hiburan yang bisa kamu mainkan sendiri atau secara berkelompok dengan pengguna lain menggunakan sistem jaringan.

Akan tetapi banyak juga kendala yang dialami pengguna saat sudah enak-enaknya bermain game, mulai dari jaringan terputus, koneksi yang buruh hingga dari HP yang sering nge-Lag. Ini merupakan hal yang paling tidak disukai jika terjadi saat kamu sedang bermain game.

Cara Mengatasi Smartphone Lemot Saat Bermain Game
Cara Mengatasi Smartphone Lemot Saat Bermain Game

Memang banyak penyebab yang menimbulkan HP error atau nge-Lag saat akan bermain game. Hal ini memang banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Jadi tidak semua game mengharuskan dengan spesifikasi yang mumpuni. Adakalanya game juga banyak yang masih berjalan pada smartphone dengan spesifikasi rendah.

Permasalahan yang sudah saya paparkan di atas, bukan tidak mungkin juga pernah kamu alami saat bersantai sambil bermain game. Hal ini tidak bisa dipastikan pada bagian tertentu saja yang lemah ataupun tidak kuat. Nah, agar bisa mengatasi permasalahan di atas, bermain game jadi lebih lancar tanpa kendala, kamu bisa lakukan beberapa langkah di bawah ini sebelum bermain game.

Langkah-Langkah Mengatasi Smartphone Lemot Saat Bermain Game

1. Aktifkan Fitur Game Booster

Fitur ini yang yang nantinya dapat mengoptimalkan kinerja CPU dan RAM saat smartphone digunakan untuk bermain game. Jadi bisa dikatakan bahwa performa smartphone semua dicurahkan hanya untuk game yang kita mainkan tersebut. Tanpa dibagi dengan aplikasi lain saat fitur ini diaktifkan.

2. Bersihkan RAM dan Cache Aplikasi

Untuk membuat kamu semakin nyaman saat bermain game, kamu perlu membersihkan RAM dan menghapus semua cache aplikasi agar bisa membuat penyimpanan lebih lega. Dengan begitu RAM bisa lebih kosong dan maksimal untuk bermain game. Selain itu jika smartphone kamu sudah penuh, ini bisa berpengaruh juga terhadap performa gaming yang akan kita mainkan.

3. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Sebelumnya kamu perlu mematikan semua aplikasi yang masih aktif pada latar belakang yang tidak ada kaitannya dengan game. Hal ini yang dapat memberikan kesan lebih nyaman dan lega saat kamu bermain game. Terkadang ada satu atau 2 aplikasi yang kita install sebelumnya sudah tidak pernah kita gunakan lagi, jadi daripada hanya memakan kinerja RAM dan bikin HP jadi lambat. Lebih baik kamu hapus atau matikan terlebih dahulu.

4. Pilih Grafis yang Cocok

Terakhir kamu bisa memilih grafis yang akan kamu gunakan dalam bermain game, pilih yang cocok dengan keadaan spesifikasi smartphone yang kamu miliki. Karena pada setiap game pasti ada settingan grafis yang bisa diatur seusai dengan yang kita inginkan. Apabila settingan default dari game tersebut dirasa berat, kamu bisa mengatur sendiri settingan tersebut hingga dirasa cukup untuk bermain game tersebut. 

Semoga ini bisa bermanfaat untuk kamu terutama yang suka bermain game.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.