How To

5 Alasan Mengapa Smartphone Bisa Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Ada banyak penyebab yang membuat smartphone bisa menjadi cepat panas. Smartphone yang cepat panas tersebut menandakan jika kinerjanya semakin tinggi. Hal ini...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 1 view
Penyebab Smartphone Bisa Cepat Panas

Ada banyak penyebab yang membuat smartphone bisa menjadi cepat panas. Smartphone yang cepat panas tersebut menandakan jika kinerjanya semakin tinggi. Hal ini bisa terjadi karena banyak penyebab, salah satunya adalah baterai yang sudah mulai tua.

Ini yang perlu kamu waspadai dan wajib kamu ketahui. Masalah smartphone yang cepat panas tidak bisa kamu anggap remeh. Jika hal ini berkelanjutan, bisa saja smartphone menjadi meledak. Ini juga bagian dari kinerja CPU yang terlalu tinggi karena bisa diforsir dalam bermain game tanpa henti atau sedang menonton video seharian.

Penyebab Smartphone Bisa Cepat Panas
Penyebab Smartphone Bisa Cepat Panas

Sama seperti manusia, smartphone juga ada kalanya harus istirahat untuk menurunkan kinerja perangkat keras agar bisa seimbang dan tetap nyaman. Oleh karena itu, perlu kamu kenali beberapa penyebab smartphone menjadi cepat panas dan ini akan berakibat baterai akan cepat habis.

5 Alasan Mengapa Smartphone Bisa Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

#1 Kinerja CPU yang Diforsir

Aktifitas yang kamu lakukan sebenarnya akan berpengaruh pada kinerja perangkat keras dalam smartphone tersebut. Misalnya kamu memainkan game yang terlalu berat, sedangkan smartphone kamu tidak mendukung. Mulai dari CPU, GPU hingga RAM yang digunakan. Sehingga hal ini yang dapat memacu kinerjanya menjadi super demi bisa memainkan game tersebut. Alhasil, maka smartphone akan cepat panas.

#2 Baterai Sudah Tidak Prima

Umur baterai juga mempengaruhi terhadap kinerja smartphone. Jika baterai kamu sudah berumur cukup tua, ini biasanya akan selalu berdampingan dengan listrik. Jika sudah kamu cas, kemudian sambil kamu mainkan, ini biasanya yang juga mengakibatkan smartphone menjadi cepat panas.

#3 Tethering hotspot terus aktif

Jika kamu sedang berbagi jaringan tentunya juga memiliki pengaruh terhadap kinerja smartphone. Saat Hotspot kamu diaktifkan, maka akan memakan beberapa RAM untuk digunakan dalam kegiatan berbagi tersebut. Sehingga jika hal ini cukup lama kamu gunakan, dan yang terhubung cukup banyak, maka akan mengakibatkan smartphone jadi cepat panas.

#4 Sinyal Tidak Stabil

Jika sinyal kamu naik turun, misalnya dari 4G ke 3G/HSDPA+ atau malah sebaliknya. Maka ini menjadi penyebab smartphone kamu cepat panas. Nah, mengatasi hal ini, silahkan saja kamu turunkan jaringan kamu pada jaringan yang stabil, agar tidak selalu berganti seperti di atas.

#5 Kontras Layar Terlalu Teras

Jika kamu menggunakan kontras layar yang terlalu terang, maka ini merupakan bagian dari penyebab smartphone akan cepat panas. Ini biasanya kamu lakukan saat siang hari berada di area terbuka.

Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.