How To

5 Cara Mudah Melakukan Transfer File Dari Android ke PC

Sekarang ini melakukan transfer file dari Android ke PC cukuplah mudah, hal ini memang tidak semudah membolak-balikkan telapak tangan? Lantas apa yang...

Avatar Written by Zack Kamil · 3 min read > 18 views
Cara Transfer File

Sekarang ini melakukan transfer file dari Android ke PC cukuplah mudah, hal ini memang tidak semudah membolak-balikkan telapak tangan? Lantas apa yang membuatnya mudah? Dalam panduan ini, penulis akan memberikan 5 langkah untuk melakukan transfer file dari Android ke PC.

Transfer File Dari Android Ke PC
Transfer File Dari Android Ke PC

Cara ini memiliki banyak manfaat, misalnya Anda memiliki foto pada ponsel atau tablet Android, dan Anda perlu memasukkannya ke PC. Ternyata, Anda memiliki beberapa opsi, seperti kabel USB, Bluetooth, dan sinkronisasi cloud. Atau, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti AirDroid atau Pushbullet.

Sederhananya, mentransfer file dari Android ke PC Windows tidaklah sulit, hal ini sama dengan Anda mentransfer file dari Android ke macOS. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang memindahkan file dari ponsel Android ke PC Anda.

Berikut 5 Cara Mudah Melakukan Transfer File Dari Android ke PC

Transfer File Menggunakan Bluetooth

Apakah Bluetooth Anda diaktifkan pada PC? Anda masih memiliki opsi menggunakan dongle USB Bluetooth, atau perangkat Anda memiliki Bluetooth bawaan. Either way, mengirim data melalui transfer file Bluetooth dari Android ke Windows adalah pilihan yang baik, terutama untuk file yang memiliki ukuran kecil.

Untuk memulai, Anda harus mengaktifkan Bluetooth pada Windows, dan juga ponsel Android Anda.

  1. Pada Windows, tekan Win + I untuk membuka Pengaturan.
  2. Buka bagian Perangkat dan pilih tab Bluetooth & perangkat lain pada panel sebelah kiri.
  3. Dari sini, alihkan Bluetooth ke Aktif dan klik Tambahkan Bluetooth atau perangkat lain. Pilih Bluetooth sekali lagi untuk memulai pemindaian perangkat yang kompatibel.

Pada saat yang sama, buka panel Pengaturan cepat pada Android dengan menggesek ke bawah dua kali dari atas layar. Lalu tekan lama Bluetooth. pada menu yang dihasilkan, ketuk nama PC Windows Anda pada bagian bawah Perangkat yang tersedia.

Tunggu sementara ponsel Anda mencoba memasangkan komputer Anda. Anda akan diminta oleh kedua perangkat untuk mengonfirmasi kode keamanan untuk memasangkannya. Ketuk Pasangkan pada perangkat Android Anda dan ketuk Ya pada PC Anda untuk menghubungkan keduanya. PC Anda akan mengirimi Anda pemberitahuan Device Ready saat proses pairing selesai.

Dengan koneksi yang sudah Anda buat, temukan ikon Bluetooth pada System Tray yang ada pada sudut kanan bawah PC Anda. Klik kanan dan pilih Terima file, lalu klik Berikutnya untuk memulai transfer.

Sementara itu, gunakan browser untuk mencari file Android Anda atau aplikasi Galeri untuk memilih file yang ingin Anda transfer. Gunakan tombol Bagikan, pilih Bluetooth untuk berbagi data, lalu pilih PC Anda di daftar berikutnya.

Transfer File Dengan AirDroid

AirDroid adalah aplikasi penting untuk semua pengguna Android. Aplikasi ini bersifat gratis dengan langganan premium opsional. Anda harus membuat akun atau masuk menggunakan akun Google, Facebook, atau Twitter untuk dapat menggunakannya.

AirDroid menawarkan alat pemberitahuan dan tethering serta transfer file sederhana ke komputer melalui jaringan Wi-Fi yang sama.

  1. Mulailah dengan menginstal dan membuka aplikasi seluler AirDroid. AirDroid akan meminta izin untuk mengakses dan mengelola semua file pada perangkat Anda.
  2. Ketuk Lanjutkan dan aktifkan Izinkan akses untuk mengelola semua file. Selanjutnya ketuk OK untuk melihat Fitur Keamanan & Jarak Jauh yang berbeda.

Berbagai alat tersedia pada AirDroid. Untuk tujuan mentransfer file ke PC, pastikan opsi File telah Anda atur ke Aktif pada bagian bawah halaman Fitur Keamanan & Jarak Jauh.

Selanjutnya, buka halaman unduhan AirDroid, ambil klien desktop, dan instal. Jika Anda tidak diminta untuk masuk, pilih salah satu ikon atau menu untuk meminta detail Anda. Pilih nama PC Anda di tab Transfer (ponsel Android dan PC Anda harus terhubung ke jaringan yang sama terlebih dahulu) dan ketuk ikon penjepit kertas.

Pilih apa yang ingin Anda transfer dan ketuk Kirim. Klik ikon pembesar untuk membuka folder lokal dengan file yang Anda transfer.

Transfer File Dengan Pushbullet

Seperti AirDroid, Pushbullet menyinkronkan data dan notifikasi antara ponsel dan PC Anda. Singkatnya, jika Anda tidak menyukai AirDroid, atau tidak dapat menjalankannya, Pushbullet adalah alternatif terbaik Anda. Mulailah dengan menginstal aplikasi Android Pushbullet.

Saat memasang, Anda harus masuk melalui akun Google terlebih dahulu dan ikuti petunjuk tindak lanjut untuk melanjutkan. Selanjutnya, Anda harus setuju untuk mengizinkan aplikasi mengakses file media Anda. Klik Izinkan jika Anda setuju dengan ini, lalu buka situs web Pushbullet. Anda dapat masuk ke klien web atau mengunduh aplikasi Windows khusus.

Untuk mengirim file ke PC Anda, pilih Pushing pada bagian bilah navigasi bawah, lalu ketuk ikon penjepit kertas. Sebuah pop-up akan muncul dengan tiga pilihan: Ambil foto, Kirim foto, dan Kirim file. Jika Anda ingin mengirim file, ketuk Kirim file, pilih file yang akan dibagikan, dan tekan tombol Kirim.

Sesaat kemudian, gambar akan muncul pada klien web desktop Anda pada sebelah nama perangkat pengirim. Untuk menyimpan file yang Anda transfer, ketuk nama file atau gambar, dan itu akan langsung diunduh.

Transfer File Dengan Kabel USB

Cara paling mudahnhya adalah memanfaatkan kabel USB. Anda tidak perlu banyak meakukan Pengaturan dengan langkah ini. Adapun caranya cukup hubungkan ponsel Anda melalui kabel USB pada PC/komputer. Kemudian buka Windows Explorer, pilih media dari ponsel Anda, lalu pilih jenis file yang akan Anda pindahkan ke PC Anda langsung dengan Copy dan Paste.

Ini semua yang Anda butuhkan untuk mentransfer file dari perangkat Android ke PC dalam bentuk paling dasar. Menghubungkan ponsel Anda ke PC dengan kabel mungkin tidak semudah menggunakan aplikasi melalui Wi-Fi, tetapi ini pasti efektif. Ini juga cara terbaik untuk mentransfer file dari Android ke PC.

Transfer File Melalui Penyimpanan Cloud atau Email

Sebagai upaya terakhir, Anda dapat memanfaatkan dua jenis aplikasi sehari-hari. Dengan layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive, Anda mungkin telah mentransfer data ke komputer Anda tanpa menyadarinya.

Misalnya, Dropbox dan Google Drive keduanya menawarkan unggahan kamera otomatis. Jika Anda memiliki klien layanan cloud yang terinstal pada komputer Anda, foto akan secara otomatis masuk ke PC Anda setelah Anda menguploadnya melalui ponsel Anda.

Fitur serupa tersedia dengan layanan cloud lainnya. Anda dapat menyalin data apa pun ke folder cloud pada perangkat Android Anda lalu membukanya pada perangkat Windows Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.