Informasi

5 Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Wireless Charging

Apa anda pernah mendengan istilah Wireless Charging? Nah, mungkin sebagian orang masih ada yang belum mengetahui tentang hal itu, serta apa kesalahan...

Avatar Written by Selvi Nurin Ramadhani · 1 min read > 9 views
5 Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Wireless Charging 1

Apa anda pernah mendengan istilah Wireless Charging? Nah, mungkin sebagian orang masih ada yang belum mengetahui tentang hal itu, serta apa kesalahan fatal dalam menggunakannya.

5 Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Wireless Charging
5 Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Wireless Charging- Image Source

Yuk, untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel yang sudah kami bahas. Semoga rasa penasaran anda bisa teratasi setelah membaca ulasan dari kami berikut ini.

Wireless Charging atau dapat disebut juga Pengisian Nirkabel. Pengisian nirkabel merupakan teknologi yang memungkinkan pengisian daya baterai dengan jarak pendek tanpa adanya kabel.

Cara Kerja Pengisian Nirkabel

Pengisian nirkabel menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim daya dari pengisi daya ke ponsel cerdas Anda. Pengisi daya nirkabel memiliki setidaknya satu koil induksi di dalamnya, yang menciptakan medan elektromagnetik bolak-balik.

Smartphone atau ponsel lain dengan pengisian nirkabel juga memiliki kumparan penerima bagian dalam yang mengubah daya kembali menjadi listrik, sehingga dapat mengisi baterai.

Pengisian nirkabel lebih aman karena pengguna dapat menghindari korsleting. Namun tahukah Anda, kesalahan fatal apa saja yang bisa terjadi saat Anda menggunakan Pengisian Nirkabel ?

5 Kesalahan Fatal Dalam Menggunakan Wireless Charging

#1. Wireless Charging tidak bisa anda menyebutnya sebagai Charger Nirkabel.

Sebab bila anda bandingkan dengan internet nirkabel atau Wi-Fi, Anda masih bisa menggunakan internet sambil berpindah-pindah tempat, sedangkan untuk Wireless Charging harus tetap berada di atas dock. Nah, sehingga jika anda mengambilnya terlalu jauh, maka charger itu tak akan berfungsi bekerja.

#2. Kinerja Baterai yang semakin berat

Ternyata dapat merusak baterai yang karena kinerjanya semakin lebih berat, sehingga berisiko menyebabkan baterai smartphone anda akan mengalami kebocoran. Untuk para pengguna smartphone, Kami sarankan sebaiknya lebih banyak memakai charger konvensional saja. Agar kinerja baterai pada smartphone anda tidak lemot/semakin berat.

#3. Wireless Charging tidak efektif ketika mengisi dengan kabel

Alasannya yakni tidak aman untuk smartphone anda, karena dapat membuat konsumsi daya pada baterai semakin cepat habis.

#4. Membuat baterai smartphone cepat habis

Alasan tidak aman untuk smartphone yakni, akan membuat konsumsi daya pada baterai semakin cepat habis. Meskipun jarang permasalahan ini, hampir tidak ditemukan pada sejumlah pabrik smartphone terkenal, hanya ada laporan, yang menyebut smartphone mengalami penurunan performa baterai ketika di-charge menggunakan wireless charger.

#5. Membuat baterai cepat panas

Anda pasti sudah mengetahui, bahwa smartphone ketika dicharge akan membuat suhu baterai smartphone anda menjadi panas meskipun menggunakan kabel. Ternyata berlaku juga pada wireless charging.

Sehingga jika anda membiarkan kondisi panas pada smartphone anda, dapat dikawatirkan bisa merusak komponen ponsel yang lain. Akibatnya yakni dapat membuat performa ponsel semakin menurun atau malah bisa menyebabkan smartphone anda rusak.

Demikian penjelasan dari kami untuk anda tentang 5 kesalahan fatal dalam menggunakan Wireless Charging. Semoga dengan adanya informasi, yang sudah kami jelaskan dapat menambah wawasan anda.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.