How To

5 Penyebab Utama Baterai Smartphone Cepat Habis yang Wajib Kamu Ketahui!

Kamu tentunya sering mendapati tiba-tiba baterai smartphone cepat habis? Padahal jika dilihat dari segi pemakaian masih sama seperti biasanya. Hal ini perlu...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 4 views
Penyebab Utama Baterai Smartphone Cepat Habis

Kamu tentunya sering mendapati tiba-tiba baterai smartphone cepat habis? Padahal jika dilihat dari segi pemakaian masih sama seperti biasanya. Hal ini perlu dikenali lebih dini, karena jika di abaikan kan berakibat pada tahan baterai yang akan ikut melemah.

Penyebab Utama Baterai Smartphone Cepat Habis
Penyebab Utama Baterai Smartphone Cepat Habis
image source

Baterai merupakan supplai utama terhadap sebuah smartphone, jadi smartphone akan bisa bekerja dengan baik jika didukung oleh baterai yang mempuni sehingga akan memiliki daya tahan yang cukup untuk bisa kamu gunakan seharian. Bisa jadi ini akan menjadi bahan pertimbangan oleh seseorang ketika akan membeli smartphone.

Dari sebuah riset yang dilakukan oleh Kantar Worldpanel Comtech pada Q3 2019 lalu, komponen baterai bahkan dianggap lebih penting daripada kamera dalam keputusan untuk membeli smartphone. Salah satu yang utama dari baterai juga termasuk daya tahannya.

Oleh karenanya, bagaimana jika kamu mendapati smartphone kamu tiba-tiba boros baterai padahal sebelumnya tidak? Nah, ada beberapa penyebab yang bisa membuat hal ini bisa terjadi, simak lengkap pada ulasan dibawah ini.

5 Penyebab Utama Baterai Smartphone Cepat Habis yang Wajib Kamu Ketahui!

#1 Kecerahan Layar

Kecerahan Layar Pada Smartphone
Kecerahan Layar Pada Smartphone

Hal pertama yang menjadi penyebab baterai cepat habis adalah Kecerahan Layar. Layar yang terlalu cerah akan memompa baterai bekerja lebih maksimal. Selain itu, memilih pengaturan otomatis pada kecerahan layar akan bisa membuat baterai juga boros, terutama jika penggunaan di siang hari. Semakin kamu berada di area yang cerah, maka smartphone menampilkan kecerahan yang tinggi.

#2 Jaringan yang Buruk

Kualitas Jaringan Yang Buruk
Kualitas Jaringan Yang Buruk

Intensitas jaringan yang buruk akan berakibat pada daya tahan baterai. Misalnya pada wilayah tertentu jaringan tidak bisa normal, dari 4G turun ke 3G atau malah sebaliknya. Perlu kamu buktikan jika kualitas jaringan naik turun seperti itu, akan membuat smartphone cepat panas dari biasanya. Sehingga daya konsumsi baterai juga lebih tinggi dan menjadikan baterai cepat habis.

#3 GPS

GPS Pada Smartphone
GPS Pada Smartphone

Jika GPS kamu diaktifkan maka ini merupakan bagian dari penyebab yang banyak mengkonsumsi daya baterai, sehingga jika tidak begitu dibutuhkan, maka kamu bisa mematikan fitur ini agar lebih bisa menghemat baterai.

#4 Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang
Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang menjadi peyebab baterai cepat habis. Sehingga jika tidak begitu diperlukan, sebaiknya tutup atau berhentikan agar aplikasi tersebut tidak memakan daya termasuk penggunaan RAM dan baterai.

#5 Umur Baterai yang Sudah Tua

Umur Baterai Yang Sudah Tua
Umur Baterai Yang Sudah Tua

Ini bisa menjadi penyebab paling terakhir jika 4 penyebab utama sudah kamu atasi tetapi baterai masih saja boros. Jika baterai sudah cukup tua, maka sebaiknya segera ganti baterai kamu agar tidak menyebabkan rusak pada komponen yang lain.

Itulah penyebab yang bisa kamu ketahui lebih awal jika mengalami masalah baterai cepat habis pada smartphone kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.