Business, How To

5 Tips Sukses Mengelola Pekerjaan dan Team dari Jarak Jauh

Pekerjaan jarak jauh merupakan realitas yang harus semua orang lalui saat ini terutama ketika pandemi masih berangsung. Akan tetapi selain soal pekerjaan,...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 3 views
Tips Sukses Mengelola Pekerjaan Dan Team Dari Jarak Jauh

Pekerjaan jarak jauh merupakan realitas yang harus semua orang lalui saat ini terutama ketika pandemi masih berangsung. Akan tetapi selain soal pekerjaan, mengelola tim jarak jauh agar tetap solid dalam bekerja juga tidak kalah penting untuk harus Anda lakukan sebagai atasan.

Tips Sukses Mengelola Pekerjaan Dan Team Dari Jarak Jauh
Tips Sukses Mengelola Pekerjaan Dan Team Dari Jarak Jauh

image source

Sebagai seorang pemimpin, Anda memiliki tanggung jawab besar untuk merawat tim tidak hanya sebagai rekan kerja. Akan tetapi juga dari sisi kemanusiaan. Transisi bekerja yang mulai berubah dari bekerja di kantor menjadi bekerja dari jarak jauh di rumah dapat mempengaruhi budaya kesolidan tim Anda. Misalnya karena kecemasan seputar pekerjaan masa depan dan kolaborasi tim dapat tampak tidak pasti. Faktor hambatan jika bekerja dari rumah seperti bermain dengan anak-anak, dan juga banyak lagi yang dapat mengganggu produktifitas bekerja team Anda. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda sebagai pemimpin untuk mendukung tim tetap solid melalui komunikasi online.

Jadi, apa arti bekerja jarak jauh bagi mereka yang seorang pemimpin? Bagaimana manajer dapat terus memimpin dan menginspirasi tim mereka tanpa bertemu langsung? Praktik apa yang dapat Anda terapkan untuk merawat rekan kerja kita tetap solid selama bekerja jarak jauh? Berikut ini, penulis berikan beberapa tips dan kiat terbaik untuk sukses mengelola tim Anda dari jarak jauh.

5 Tips Sukses Mengelola Pekerjaan dan Team dari Jarak Jauh

1. Perkuat Logistik

Saat tim Anda bertransisi dari kantor bersama ke ruang kerja jarak jauh, ada beberapa item logistik yang dapat membantu memastikan kesuksesan dalam pekerjaannya.

Pertama, pertimbangkan peralatan apa yang mereka butuhkan untuk bekerja dari jarak jauh. Dalam hal ini biasanya para rekan pekerja hanya membutuhkan laptop (dengan webcam) dan koneksi internet yang baik. Internet adalah kunci terbaiknya. Karena banyak sistem wifi rumahan yang tidak memiliki koneksi maksimal terutama jika ada permintaan besar dalam jaringan. Misalnya saat pengguna akan melakukan konferensi video dengan rekan kerja lainnya.

2. Jadwalkan Waktu Check-in

Saat tim beralih ke pekerjaan jarak jauh, pekerjaan dan inisiatif biasanya akan mudah tersesat tidak sesuai dengan alur. Penting untuk menjaga kebersamaan tim Anda sambil memastikan bahwa pekerjaan yang sedang mereka kerjakan tetap pada jalurnya. Sangat penting bagi para pemimpin untuk menegaskan kembali peta jalan tim dan memastikan keselarasan pada prioritas.

Untuk memastikan keselarasan pada prioritas dan menyentuh basis proyek, jadwalkan check-in yang konsisten. Misalnya melalui Zoom Meetings. Untuk mempermudah perencanaan, gunakan integrasi penjadwalan Zoom agar tim bisa ikut Meeting sesuai waktunya.

3. Beri Contoh yang Baik

Bertemu dan bertatap muka secara langsung akan memberikan semangat dan inspirasi baru. Dalam transisi bekerja jarak jauh ini Anda bisa melakukan Video telekonferensi terlebih dahulu sebelum bekerja. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan, keterlibatan, dan produktivitas para rekan kerja Anda sudah siap bekerja. Nada bicara, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh Anda berkomunikasi sebanyak kata-kata Anda. Jadi, pastikan untuk memberi contoh dengan menyalakan kamera Anda agar bisa melihat ekspresi para rekan kerja Anda.

4. Transparansi

Transparansi adalah kunci saat memimpin tim dari jarak jauh. Walaupun ada anggota yang bingung tentang strategi, hasil, atau prioritas, seluruh inisiatif akan terganggu. Bangun kepercayaan dan keyakinan dengan tim Anda dengan komunikasi yang jujur ​​sehingga anggota tim Anda merasa aman dan nyaman saat bekerja dari jarak jauh. Sebagai Pemimpin harus dapat membimbing anggota tim dengan keterbukaan dan kejelasan, sehingga akan tercipta transparansi antar pemimpin dan rekan tim.

5. Hadirkan Momen Menyenangkan

Hanya karena Anda tidak semua berada dalam satu naungan saat bekerja setiap hari, bukan berarti Anda menghilangkan momen-momen menyenangkan ketika berada di kantor. Bangun waktu untuk bersenang-senang, aktivitas yang menarik untuk mengurangi potensi kesepian dari pekerjaan jarak jauh dan menciptakan persahabatan. Lakukan beberapa aktivitas virtual favorit yang dapat menyenangkan rekan tim Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.