How To

6 Langkah Mudah yang Bisa Membuat Windows 10 Kamu Jadi Lebih Cepat dari Sebelumnya

Memiliki kinerja komputer atau laptop yang cepat memang merupakan idaman semua penggunanya, namun terlebih dahulu kamu harus tahu tentang bagaimana system Windows...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 9 views
Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Memiliki kinerja komputer atau laptop yang cepat memang merupakan idaman semua penggunanya, namun terlebih dahulu kamu harus tahu tentang bagaimana system Windows 10. pada windows 10 kamu akan dihadirkan tampilan yang super keren, karena terdapat visualisasi effectnya. Akan tetapi ini yang terkadang membuat komputer kamu jadi lemot, karena kurang memiliki spesifikasi yang pas, sehingga kamu perlu mengubah beberapa konfigurasinya.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10
Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Berikut ini adalah cara agar komputer Windows 10 kamu semakin ngebut tanpa upgrade hardware, alias murni improvisasi di sisi systemny saja.

#1 Uninstal Program yang Sudah Tidak Digunakan

Kamu perlu secara rutin mengecek program yang terinstal pada komputer atau laptop kamu, barangkali terdapat program lama yang sudah jarang kamu gunakan atau bahkan tidak kamu gunakan sama sekali, sebaiknya kamu uninstal saja agar komputer terasa lebih lega.

Caranya: Silahkan masuk pada Setting => System, kemudian klik Apps & Features, kamu tinggal pilih program atau aplikasi mana yang akan kamu buang.

#2 Matikan Startup Program yang Kurang Penting

Program yang berjalan otomatis saat kamu beru menghidupkan komputer atau laptop menjadi kendala lambatnya Windows 10 saat pertama kali digunakan, oleh karena itu, kamu perlu mematikan program yang berjalan otomatis saat Startup, sehingga akan lebih meringankan kinerja komputer anda.

Caranya: Kamu bisa masuk dengan menggunakan Tombol Windows+R, ketikkan msconfig kemudian Enter, silahkan kamu Disable program yang berjalan otomatis saat Startup.

#3 Power Option

Pada pengaturan ini kamu perlu memilih atau menyeimbangkan antara performance atau hemat daya, sehingga jika kamu ingin tampilan yang stabil, kamu bisa memilih high performance.

#4 Matikan Special Effect

Kelebihan windows 10 dibanding dengan windows 7 adalah memiliki special effect yang dapat membuat tampilan Windows 10 menjadi lebih keren. Visualisasi tampilannya yang lebih elegan bisa menjadi daya tarik dalam menggunakan Windows 10. Namun, ini menjadi hal kurang nyaman jika kamu memiliki spesifikasi perangkat yang kurang mumpuni sehingga malah akan menyebabkan kinerja komputer menjadi lemot dan kurang nyaman.

Jika kamu ingin mematikannya, kamu bisa masuk pada View Advanced System Settings melalui Search Cortana. Kemudian kamu bisa memilih Adjust for best performance, maka semua visual effect pada Windows 10 akan mati.

#5 Disk Cleanup

Kamu perlu secara rutin melakukan Disk Cleanup terutama pada drive system komputer kamu. Caranya cukup mudah, silahkan ketik saja pada Search Cortana “disk cleanup” maka akan muncul pilihan Disk Cleanup.

#6 Matikan Background Apps

Kamu bisa mematikan program yang sekiranya kurang penting untuk menampilkan notifikasinya dengan cara masuk pada Setting => Privacy, kemudian pilih Background Apps.

Maka jika kamu melakukan 6 langkah di atas, dijamin akan memiliki kinerja yang lebih cepat ketimbang sebelumnya, walaupun tampilannya sedikit berbeda dari sebelumnya, terutama yang paling terasa pada Special Effectnya.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.