Informasi

7 Khasiat Buah Melinjo Untuk Kesehatan Yang Jarang Orang Tahu

Buah melinjo dikenal sebagai bahan untuk membuat emping. Namun sudah tahukah anda Khasiat buah melinjo? Atau hanya tahu sebatas bahan untuk emping....

Avatar Written by Herman Santoni · 1 min read > 5 views
Pohon Buah Melinjo

Buah melinjo dikenal sebagai bahan untuk membuat emping. Namun sudah tahukah anda Khasiat buah melinjo? Atau hanya tahu sebatas bahan untuk emping. Emping merupakan salah satu camilan kesukaan saya. Dan anda pasti tahu apa itu emping, atau mungkin anda lebih daripada saya dalam menyukai emping.

Khasiat Buah Melinjo Bagi Kesehatan
Khasiat Buah Melinjo Bagi Kesehatan – image source

Setiap buah diyakini memiliki khasiat dan kelebihan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Sama halnya dengan buah melinjo. Selain sebagai olahan camilan, buah emping memiliki banyak khasiat. Dan hampir semua bagian dari buah melinjo memiliki khasiat masing. Buah dan kulit melinjo memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan bahkan dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi dan mengobati beberapa penyakit.

Berikut 7 Khasiat Buah Melinjo Untuk Kesehatan

#1 Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu penyakit yang paling mematikan didunia adalah penyakit jantung. Penyakit ini identik dengan penyakit tiba-tiba karena memang penderitanya tidak terindikasi seperti penyakit lainnya. Namun penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang menyebabkab kematian paling paling tinggi. Kandungan antioksidan dan flavonoid yang terdapat dalam buah melinjo dapat mengurangi resiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara teratur.

#2 Mencegah dan Memelihara Kesehatan Organ Ginjal

Selain mengandung antioksidan dan flavonoid, kulit melinjo mengandung fosfor. Dan fosfor merupakan salah satu mineral yang sangat baik bagi organ ginjal. Jadi dengan mengkonsumsi kulit melinjo, memudahkan ginjal dalam mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dan juga dapat menjaga dan mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.

#3 Mencegah Penyakit Anemia

Penyakit Anemia menyebabkan penderitanya menjadi mudah lelah dan lemah, dan juga menyebabkan seseorang akan merasakan sakit kepala (pusing) dan kadang padangan menjadi berkunang-kunang. Hal ini dikarenakan kurangnya sel darah merah dalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Dengan mengkonsumsi buah melinjo dapat membantu mengatasi penyakit anemia ini.

#4 Membantu Memelihara Kesehatan Otak

Buah melinjo mengandung zat mangan yang mampu menjaga kesehatan otak kita. Kandungan zat mangan ini dapat meningkatkan neurotransmitter, salah zat yang mengantar sinyal dalam sistem saraf sehingga otak dapat bekerja lebih maksima dalam merespon setiap sinyal yang dikirim bagian tubuh.

#5 Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi ini adalah paling tepat. Dan salah satu cara adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah melinjo diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Karena kandungan bahan antioksidan yang ada pada buah melinjo dapat berfungsi sebagaimana vitaman C yang terdapat pada buah-buah. Dimana Vitamin C ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

#6 Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Tubuh

Kulit dan buah melino mengandung Zat Mikro – Cooper, dimana zat ini sangat dibutuhkan untuk membantu proses pertumbuhan tubuh. Bagi anak-anak mengkonsumsi buah melinjo atau olahan buah melinjo sangat baik guna meningkatkan pertumbuhan mereka.

#7 Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke terjadi karena pecahnya pembuluh arteri diotak sehingga pasokan oksigen dan darah ke otak terhenti. Hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah melinjo. Kandungan antioksidan, flavonoidStroke dan mineral lain dalam tubuh dapat mencegah penyempitan pembuluh arteri ke otak.

Nah demikian 7 khasiat buah dan kulit melinjo yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun untuk kita tetap menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi buah melinjo dalam batas yang di perbolehkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.