Informasi

Android Segera Rilis Fitur ultra-wideband Sebagai Pelacak dan Kunci Mobil Digital

Sekarang ini Android tidak memiliki dukungan yang kuat untuk menampilkan fitur ultra-wideband (UWB) seperti layaknya iPhone. Baru-baru ini muncul kabar jika Google...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Android Akan Hadirkan Fitur Kunci Mobil Digital

Sekarang ini Android tidak memiliki dukungan yang kuat untuk menampilkan fitur ultra-wideband (UWB) seperti layaknya iPhone. Baru-baru ini muncul kabar jika Google tengah menyiapkan tambahan fitur baru untuk Android. Yakni sebagai pelacak dan juga kuncil mobil digital layaknya yang sudah digunakan iPhone.

Seperti yang dikutip XDA-Developer, perusahaan sedang meletakkan dasar untuk antarmuka pemrograman ultra-wideband (UWB) di Android. Sehingga kemungkinan besar ini akan menjadi fitur baru yang akan hadir untuk Android di masa mendatang.

Android Akan Hadirkan Fitur Kunci Mobil Digital
Android Akan Hadirkan Fitur Kunci Mobil Digital

Detail tentang bagaimana ultra-wideband API akan bekerja tetap langka, tetapi Google mengisyaratkan bahwa itu akan digunakan untuk petunjuk arah dan jarak seperti yang Anda lihat dalam implementasi UWB yang ada, seperti Samsung’s SmartThings Find.

Hal ini tentunya perlu menunggu beberapa saat untuk melihat ultra-wideband menjadi hal yang lumrah. XDA mencatat bahwa tidak ada jaminan framework yang akan siap menghadirkan fitur ini termasuk pada Android 12 nanti. Atau bisa jadi pada Pixel 6 yang nantinya akan mendukung UWB, hal ini masih menjadi teka-teki yang tidak terpecahkan.

Tetap saja, ini bisa menjadi perkembangan penting. Ultra-wideband di Android dapat mengaktifkan pelacak item yang lebih cerdas yang memberi tahu Anda secara tepat di mana harus mencari untuk menemukan dompet Anda yang hilang misalnya. Selain itu, juga penting untuk kunci mobil digital generasi berikutnya. Anda mungkin hanya perlu mengarahkan ponsel Anda ke pintu untuk masuk.

Ultra-wideband juga dapat digunakan untuk menyempurnakan fitur Android yang ada. Anda dapat melihat file sharing berbasis arah yang lebih mudah seperti penawaran Apple dengan AirDrop pada model iPhone yang lebih baru. Ini mungkin juga membantu pemosisian, terutama di dalam ruangan. Meskipun UWB masih dibilang cukup baru sehingga potensinya tidak jelas, akan ada beberapa keuntungan langsung jika vendor Android mengadopsinya dengan relatif cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.