How To

Begini Cara Follow Situs Web di Google Chrome Android

Melalui Google Chrome 92, penulis akan memperkenalkan cara follow situs Web yang kemudian akan selalu muncul pada beranda browser Chrome saat Anda...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 11 views
Begini Cara Follow Situs Web

Melalui Google Chrome 92, penulis akan memperkenalkan cara follow situs Web yang kemudian akan selalu muncul pada beranda browser Chrome saat Anda membukanya. Anda akan dapat “Mengikuti atau memfollow” situs web untuk menempatkannya pada Halaman Tab Baru Anda.

Begini Cara Follow Situs Web
Begini Cara Follow Situs Web

Sejak Chrome 92 rilis pada pengguna Android, Google mulai memperkenalkan fitur “Web Feed”, yang pada dasarnya memungkinkan Anda berlangganan situs web untuk melihat artikel pada menu khusus. Anda akan melihat opsi Following saat Anda membuka browser. Perlu Anda ketahui, sekarang ini fitur Web Feed masih dalam versi beta dan Anda memerlukan flag Chrome untuk mengaktifkannya. Oleh karenanya, berikut penulis berikan langkah-langkahnya terlebih dahulu untuk mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Web Feed pada Google Chrome Android

  1. Pertama, buka aplikasi Google Chrome di ponsel atau tablet Android Anda. Lalu ketik chrome://flags pada bilah alamat.
  2. Selanjutnya, ketik “Web Feed” pada kotak pencarian yang tersedia pada bagian atas halaman. Maka akan munculkan flag dengan nama yang sama.
  3. Pilih menu drop-down yang sesuai untuk Web Feed dan pilih “Enabled” dari menu pop-up tersebut untuk mengaktifkannya.
  4. Setelah itu, Chrome akan meminta Anda untuk me-restart browser untuk menerapkan perubahan. Klik tombol biru “Relaunch” dan tunggu aplikasi Chrome terbuka kembali.
Cara Follow Situs Web
Cara Follow Situs Web

Nah, sekarang Web Feed Anda sudah aktif. Anda dapat melihat opsi Follow saat Anda membuka situs tertentu pada menu Pengaturan Chrome. Agar Anda tidak bingung, berikut penulis berikan cara mudahnya untuk menggunakan Web Feed pada browser Chrome Android Anda.

Cara Menggunakan Web Feed Pada Chrome Android

Sekarang setelah flag “Web Feed” Anda aktifkan, Anda dapat mencoba fitur tersebut.

  1. Pertama, kunjungi situs web yang sering Anda baca atau yang ingin Anda tampilkan pada Web Feed. Selanjutnya, ketuk ikon menu tiga titik pada sudut kanan atas.
  2. Pada bagian paling bawah menu, Anda akan melihat nama situs web dan tombol “Ikuti/Follow“. Cukup ketuk tombol tersebut.
  3. Maka, sebuah pesan akan muncul pada bagian bawah layar yang mengatakan “Diikuti [nama situs web” bersama dengan pintasan ke umpan.
  4. Nah, sekarang Anda dapat membuka Feed tanpa pintasan apapaun. Caranya ketuk ikon beranda pada bilah atas browser.
  5. Pada bawah situs web yang sering Anda kunjungi, sekarang ada dua tab: “Untuk Anda/For You” dan “Mengikuti/Following.”
  6. Anda dapat membuka tab “Mengikuti” untuk melihat artikel baru dari situs yang Anda ikuti tadi.
Opsi Following Pada Chrome Android
Opsi Following Pada Chrome Android

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan terhadap apapun yang akan muncul pada tab “Mengikuti” tersebut. Caranya adalah:

  1. Ketuk ikon roda gigi dan pilih “Kelola/Manage“. Dari sini, buka “Mengikuti” dan kemudian hapus centang situs web apa pun yang tidak ingin Anda lihat lagi.
  2. Opsi lain dari menu adalah “Matikan“, yang hanya akan menonaktifkan umpan berikut.
Opsi Manage
Opsi Manage

Anda sekarang memiliki pembaca RSS versi sederhana dalam browser Chrome. Fitur ini masih dalam tahap awal, jadi penulis berharap akan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

source: via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.