How To

Begini Cara Menambahkan Akun Pemulihan ID Apple di iOS 15

Dengan pembaruan iOS yang akan datang, Anda dapat menambahkan akun pemulihan ID Apple Anda. Ini merupakan salah satu opsi baru yang akan...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 1 view
Cara Menambahkan Akun Pemulihan ID Apple

Dengan pembaruan iOS yang akan datang, Anda dapat menambahkan akun pemulihan ID Apple Anda. Ini merupakan salah satu opsi baru yang akan membantu pengguna dengan proses pemulihan kata sandi yang lebih mudah. Pada iOS 15 akan memungkinkan Anda untuk menambahkan kontak yang Anda anggap sebagai orang terdekat.

Cara Menambahkan Akun Pemulihan ID Apple
Cara Menambahkan Akun Pemulihan ID Apple

image source

Perlu Anda ketahui, fitur ini masih dalam proses sebagai bagian dari pembaruan iOS 15 beta. Oleh karena itu, kemungkinan besar akan ada perubahan yang Apple lakukan hingga versi stabil-nya tiba. Sistem operasi terbaru ini kabarnya akan rilis pada akhir September nanti.

Bagi Anda yang memiliki kesempatan mengunduh iOS 15 beta, tentunya sudah bisa mengetahui beberapa fitur utama dalam versi sistem operasi baru tersebut. Salah satunya adalah penambahan Kontak untuk Pemulihan Akun ketika Anda sedang lupa password.

Jika sebelumnya Anda pernah harus beralih ke kontak Apple untuk masalah yang berhubungan dengan akun yang dikunci, maka Anda akan tahu bahwa seluruh prosesnya bisa memakan waktu lama. Namun dengan rilis iOS 15 yang terbaru nanti, Anda akan bisa dengan mudah menambahkan kontak khusus sebagai alat untuk memulihkan akun Apple Anda.

Anda nantinya dapat menambahkan teman atau keluarga yang Anda percayai ke daftar kontak pemulihan akun Apple Anda. Penting untuk Anda catat bahwa orang-orang ini tidak akan memiliki akses ke akun Anda. Sebaliknya, jika Anda lupa sandi, Anda dapat menghubungi salah satu kontak ini untuk meminta kode pemulihan dan mendapatkan kembali kendali atas akun Anda. Cukup keren, bukan? Menambahkan orang lain sebagai kontak pemulihan Anda, namun mereka tidak memiliki akses terhadap akun Anda sedikitpun.

Cara Menambahkan Kontak Pemulihan Pada Akun ID Apple Anda

Seperti yang penulis sebutkan, saat ini Apple sedang menguji fitur baru pada iOS 15 beta. Akan tetapi Anda sudah bisa mendapatkan ide bagus tentang bagaimana layanan ini akan bekerja. Sebelum beralih ke panduan langkah demi langkah, Anda harus ingat bahwa ada beberapa prasyarat sebelum Anda dapat mengatur kontak pemulihan akun ID Apple Anda. Berikut beberapa prasyarat yang harus Anda penuhi.

Prasyarat:

Semua perangkat Anda harus terdaftar menggunakan ID Apple Anda dan harus berjalan pada versi iOS atau macOS terbaru.
Pihak tepercaya harus berusia 13 tahun ke atas dan memiliki juga memiliki perangkat Apple.

Karena itu, menambahkan kontak pemulihan akun itu sederhana dan pada dasarnya berfungsi seperti menambahkan nomor telepon pemulihan. Untuk melakukannya, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke pengaturan pada perangkat Apple Anda.
  2. Klik ID Apple Anda yang merupakan opsi pertama pada atas layar Pengaturan.
  3. Pilih Kata Sandi dan Keamanan.
  4. Arahkan ke opsi Pemulihan Akun dan pilih.
  5. Pilih Tambahkan Kontak Pemulihan. Lalu buka kunci opsi ini menggunakan ID Wajah (atau menggunakan opsi buka kunci default Anda).
  6. Masukkan kata sandi ID Apple Anda. Selanjutnya Anda cukup mengikuti petunjuk yang ada pada layar perangkat Anda.

Tentu saja, merupakan hal yang wajar untuk meminta izin kepada teman atau keluarga sebelum menambahkan mereka sebagai kontak pemulihan akun ID Apple Anda. Sehingga orang lain tidak terkejut ketika Anda suatu saat meminta kode pemulihan perangkat Anda sendiri.

Setelah kontak pemulihan Anda aktif (kabarnya Anda juga dapat menambahkan lebih dari satu konta). Kapan pun Anda perlu mendapatkan akses ke ID Apple Anda, Anda harus melakukan panggilan waktu nyata ke kontak terkait dan meminta kode pemulihan.

Semoga Apple segera mungkin merilis iOS terbarunya, dan fitur tersebut benar-benar ada saat versi stabil tiba. Jadi bukan hanya sebagai uji coba pada versi beta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.