How To

Begini Cara Mencari File Agar Lebih Mudah di Google Drive

Mencari file pada Google Drive tentunya sangat mudah, jika yang Anda cari hanya beberapa file saja. Namun bagaimana jika Anda harus mencari...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 24 views
Cara Mudah Mencari File Pada Google Drive

Mencari file pada Google Drive tentunya sangat mudah, jika yang Anda cari hanya beberapa file saja. Namun bagaimana jika Anda harus mencari file dengan jumlah yang banyak, bahkan hingga jutaan file yang tersimpan pada Google Drive Anda.

Cara Mudah Mencari File Pada Google Drive
Cara Mudah Mencari File Pada Google Drive

image source

Memang Google Drive menyediakan space secara gratis sebesar 15GB hanya dengan Anda membuat akun Gmail. Dengan bermodal satu akun Gmail saja, Anda sudah memiliki penyimpanan Drive secara cuma-cuma. Namun kendati begitu, Anda masih bisa meningkatkan penyimpanan tersebut hingga 2TB sekaligus dengan versi berbayar. Jadi, untuk menyimpan semua data penting Anda akan lebih mudah terkontrol terutama saat Anda membutuhkan.

Anda tidak perlu lagi membawa perangkat laptop saat akan pergi. Karena jika Anda hanya membutuhkan data-data tersebut, Anda bisa dengan mudah untuk mengambilnya pada drive penyimpanan Google Anda. Anda bisa menggunakan perangkat apapun untuk dapat mengakses file tersebut. Jadi penulis rasa, ini akan membuat Anda lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu membawa data keman-mana.

Jika sudah begitu, maka bisa dipastikan penyimpanan Drive Anda bisa menjadi penyimpanan utama data Anda. Sehingga akan banyak data-data penting yang tersimpan untuk Anda. Tak hanya itu saja, file penting yang Anda minta lewat Gmail, juga secara otomatis akan tersimpan pada Drive Anda. Jadi disinilah kemungkinan Anda mulai kebingungan untuk mencari data Anda pada drive. Untuk itu, penulis akan memberikan cara bagaimana agar mencari File menjadi lebih mudah pada Drive Anda. Cara ini bisa Anda lakukan dengan cara menyortir pengirim (jika file tersebut berasal dari Gmail), atau menyortir menggunakan nama.

Menyimpan File Pada Google Drive

Sejak bulan Maret 2021, Google memperbarui kotak pencarian pada Google Drive untuk mengubah beberapa indikator yang dapat Anda gunakan untuk mencari file menjadi lebih mudah. Jika Anda menggunakan Chromebook, ponsel Android, atau desktop, ini akan mempermudah pencarian file karena Anda akan dapat memfilter orang-orang yang terlibat dengan file itu sendiri. Anda dapat menggunakan istilah pencarian ini untuk menyaring kepada siapa file tersebut telah Anda bagikan. Kemudian siapa pemiliknya, dari siapa Anda mendapatkannya, dan kepada siapa Anda mengirimkannya.

Cara Menggunakan Kata Kunci Untuk Menemukan File Dengan Lebih Mudah Pada Drive

Untuk menggunakan cara ini, masukkan kata kunci pada kotak Pencarian bagian atas drive Google. Anda bisa menggunakan kata kunci berikut ini untuk menemukannya menjadi lebih mudah.

  • from:” Mencari file yang dibagikan dengan Anda melalui alamat email.
  • to:” Mencari file yang telah Anda bagikan dengan alamat email orang lain. Sebelumnya, ini mencakup semua file yang memiliki izin untuk Anda lihat, komentari, atau Anda edit.
  • shared with:” Melakukan penelusuran baru terhadap file yang memiliki izin untuk Anda lihat, komentari, atau mengeditnya oleh alamat email tertentu.
  • owner:” Mencari file yang dimiliki oleh alamat email Anda sendiri.

Perubahannya kecil, akan tetapi dapat mempermudah pencarian file pada Drive Anda. Menurut Google, ini adalah sebuah kata kunci khusus yang akan memudahkan pengguna melakukan sortir pada file yang ada pada Drive Anda. Dengan ini, maka file akan lebih mudah Anda temukan walaupun file tersimpan sangat banyak.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.