How To

Begini Cara Mengaktifkan Mode Penyamaran (Incognito Mode) Pada Google Chrome

Mengaktifkan Mode Penyamaran (Incognito Mode) merupakan hal yang tidak biasanya. Tahukan Anda apakah mode penyamaran tersebut yang ada pada Google Chrome? Bagaimana...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 20 views
Cara Mudah Mengaktifkan Mode Penyamaran

Mengaktifkan Mode Penyamaran (Incognito Mode) merupakan hal yang tidak biasanya. Tahukan Anda apakah mode penyamaran tersebut yang ada pada Google Chrome? Bagaimana mode tersebut berfungsi dan bagaimana cara mengaktifkannya. Mari simak dalam tulisan berikut ini.

Cara Mudah Mengaktifkan Mode Penyamaran
Cara Mudah Mengaktifkan Mode Penyamaran

image source

Smartphone sudah menjadi teman hidup seseorang yang begitu merat namun juga merupakan suatu mimpi buruk terhadap privasi jika Anda tidak mampu menjaganya. Jika Anda tidak mengambil tindakan pencegahan yang tepat, Anda dapat benar-benar mengekspos diri Anda ke teman atau anggota keluarga tanpa Anda sadari dengan cara mengambil perangkat Anda.

Untungnya, para pembuat ponsel menawarkan banyak cara untuk melindungi diri Anda sendiri, seperti dengan cara mengaktifkan mode penyamaran yang sifatnya sangat misterius saat Anda berselancar dalam dunia internet. Selain itu, adanya kunci layar. Anda dapat memilih yang sesuai untuk Anda, baik itu PIN, kata sandi, pola, atau wajah.

Kunci layar memberikan lapisan pertahanan pertama dan seharusnya (hampir) semua yang Anda butuhkan untuk melindungi data privasi Anda. Namun ada juga beberapa orang mungkin dapat melewati kunci layar ini. Maka saatnya masuk pada garis pertahanan kedua yang harus Anda lakukan untuk bisa benar-benar menjaga data privasi Anda. Salah satunya adalah mode penyamaran pada Google Chrome, atau penjelajahan pribadi.

Apa itu Mode Penyamaran (Incognito Mode)?

Kata penyamaran berarti menyembunyikan identitas asli seseorang. Termasuk saat Anda menggunakannya pada Android, ini adalah cara untuk bersembunyi saat Anda menjelajahi web dari identitas asli Anda. Mode penyamaran seperti pada Google Chrome Android pada dasarnya menyembunyikan riwayat penjelajahan Anda sehingga orang lain tidak dapat melihat situs web yang Anda kunjungi. Akibatnya, ini dapat menutupi riwayat Anda pada seluruh web.

Cara Mengaktifkan Mode Penyamaran

Mode penyamaran tersedia dalam aplikasi browser Chrome, baik pada ponsel dan tablet Android, serta browser desktop Chrome untuk Mac, Windows, dan tentu saja Chrome OS sebagai salah satu pemilik terbaiknya.

  1. Pada perangkat Android Anda, buka Chrome dan ketuk tombol menu tiga titik pada pojok kanan atas sebelah bilah alamat.
  2. Maka jendela drop-down akan muncul dengan sejumlah tindakan yang tersedia, seperti halaman favorit atau membuka jendela baru.
  3. Opsi lainnya yang bisa Anda pilih adalah “Tab penyamaran baru“.
  4. Silahkan Anda pilih, dan browser Chrome akan membuka tab pribadi baru dengan tampilan yang gelap. Selanjutnya Anda akan melihat ikon mata-mata kecil dengan fedora dan kacamata yang menandakan bahwa “Anda telah menyamar”.

Kemudian Anda dapat beralih antara tab penyamaran dan tab biasa dengan mengetuk tab pada bilah alamat. Anda hanya akan menjelajah secara pribadi ketika Anda berada pada tab penyamaran tersebut tanpa memiliki riwayat layaknya Anda melakukan penjelajahan biasa.

Tahukah Anda Maksud dari Menjelajah Secara Pribadi Tersebut?

Mode penyamaran, atau menjelajah secara pribadi, adalah perlindungan khusus perangkat untuk data privasi Anda. Jika Anda menggunakan mode penyamaran pada satu perangkat, tetapi tidak pada perangkat lain, riwayat browser masih akan tersimpan saat Anda tidak menggunakan mode tersebut pada perangkat kedua.

Paling sederhana, mode penyamaran mencegah orang lain yang mengambil perangkat melihat riwayat browser Anda. Dalam mode ini, Chrome sendiri tidak menyimpan riwayat browser Anda, atau data apa pun yang Anda ketikkan ke formulir web. Google Chrome tidak akan menyinkronkan riwayat penjelajahan pribadi Anda pada seluruh akun Anda.

Browser Chrome memang akan mengingat cookie, data situs, dan izin yang Anda berikan saat Anda menjelajah. Akan tetapi informasi tersebut akan terhapus secara otomatis setelah Anda menutup tab penyamaran tanpa perlu menghapus riwayatnya secara manual.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.