Informasi

Begini Cara Mengamankan Akun Instagram Dari Ulah Hacker

Sekarang ini menjaga privasi menjadi hal utama, terutama dalam bermedia Sosial. Salah satu yang akan penulis bahas mengenai mengamankan akun Instagram dari...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Cara Mudah Mengamankan Akun Instagram

Sekarang ini menjaga privasi menjadi hal utama, terutama dalam bermedia Sosial. Salah satu yang akan penulis bahas mengenai mengamankan akun Instagram dari incaran para hacker atau peretas.

Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Cara Mudah Mengamankan Akun Instagram
Cara Mudah Mengamankan Akun Instagram

Dengan aplikasi ini sangat memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi dengan berbagi foto ataupun video. Tak hanya sebagai media komunikasi, Instagram juga menjadi aplikasi yang sangat efektif untuk dijadikan sebagai media mempromosikan bisnis yang dimiliki.

Lantas, bagaimana mengamankan akun Instagram kamu dari incaran pada hacker yang saat ini sedang marak terjadi. Lihat beberapa panduan yang akan penulis berikan di bawah ini.

Cara Mengamankan Akun Instagram Dari Ulah Hacker

#1 Hapus Follower

Jika Anda merasa ada follower yang selalu menyebalkan atau bahkan mengganggu kenyamanan, maka sudah seharusnya Anda membuang follower tersebut. Caranya adalah dengan me-remove follower yang Anda anggap menyebalkan.

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone Anda
  2. Masuk pada follower, kemudian cari nama akun yang Anda anggap menyebalkan
  3. Jika sudah ketemu, klik titik tiga di samping namanya, kemudian pilih Remove.

Tenang saja, orang tersebut tidak akan sadar jika akunnya sudah kamu Unfollow.

#2 Jadikan Akun Private

Jika Anda lebih memikirkan soal popularitas, maka memilih akun Private menjadi hal penting. Dengan ini, maka akun Anda tidak akan mudah diakses oleh orang lain yang bukan menjadi follower Anda. Dari sini juga kamu bisa memfilter orang-orang yang meminta menjadi follower kamu.

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone Anda
  2. Pilih foto Profil, kemudian swipe ke arah kiri => pilih Setting
  3. Masuk pada Privacy And Security, pilih Account Privacy
  4. Kemudian altifkan Private Account dengan memilih On.

#3 Aktifkan Two-Factor Authentication

Dengan mengaktifkan fitur ini, akan lebih mengamankan akun anda jika ada orang yang secara tiba-tiba login ke akun Anda. Walaupun mereka sudah mengetahui akun yang Anda miliki. Fitur ini nantinya akan mengirimkan pesan pemberitahuan SMS yang berisikan kode Authentikasi tersebut setiap kali Anda masuk pada Instagram.

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone Anda
  2. Masuk pada Setting => Privacy And Security
  3. Pilih Two-factor Authentication
  4. Disini kamu bisa mengatur kemana kode Autentikasi tersebut akan kamu kirimkan. Bisa melalui SMS atau aplikasi lain yang mendukung.

#4 Cek Riwayat Aktifitas

Anda bisa secara berkala dapat mengecek riwayat aktifitas di Instagram. Selama tidak ada aktifitas yang aneh, maka dapat dipastikan akun anda masih aman dari para hacker.

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone Anda
  2. Masuk pada Setting => Privacy and Security
  3. Kemudian pilih Access Data

#5 Hindari Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Banyak aplikasi pihak ketiga yang meminta data ke akun Instagram Anda. Misalnya aplikasi yang menawarkan jadwal postingan otomatis di Instagram. Jadi sebelum Anda memberikan akses pada aplikasi semacam ini, perlu Anda ketahui bahwa semakin banyak aplikasi yang Anda izinkan, maka semakin tinggi kemungkinan data privasi kamu akan bocor.

Nah, jika kamu sudah terlanjur memberikan banyak akses aplikasi pihak ketiga pada akun Instagram anda, maka segera periksa kembali izin tersebut.

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone Anda
  2. Masuk pada Setting, pilih Authorized Apps
  3. Pilih Revoke Access pada aplikasi yang ingin Anda hapus izin aksesnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.