Informasi

Begini Cara Mengamankan Router Jaringan Wi-Fi di Rumah Anda

Router Jaringan Wi-Fi adalah salah satu perangkat penting pada rumah yang memantau semua lalu lintas akses internet. Dengan demikian, ini bisa memastikan...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Mengamankan Router Jaringan Wi Fi

Router Jaringan Wi-Fi adalah salah satu perangkat penting pada rumah yang memantau semua lalu lintas akses internet. Dengan demikian, ini bisa memastikan bahwa koneksi internet Anda aman dan data yang dibagikan juga aman.

Jika seseorang mendapatkan akses ke Router Wi-Fi dan Jaringan Wi-Fi Anda, maka dengan mudah keamanan jaringan juga akan terganggu. Oleh karenanya, Ingatlah bahwa semua perangkat yang Anda miliki yang terhubung ke Jaringan Wi-Fi jangan sampai salah gunakan oleh orang lain. Maka dari itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menjaga keamanan Router Wi-Fi agar tidak mengakses pada Jaringan Wi-Fi Anda.

Mengamankan Router Jaringan Wi Fi
Mengamankan Router Jaringan Wi Fi

image source

Begini Cara Mengamankan Router Jaringan Wi-Fi Pada Rumah Anda

Mengamankan Router Wi-Fi Anda memerlukan perubahan penting pada pengaturan router yang berbeda. Berikut adalah beberapa tip yang dapat membantu Anda mengamankan Router Wi-Fi Anda:

Ganti Kata Sandi Secara Berkala

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengubah kata sandi secara rutin. Mengubah kata sandi melibatkan kata sandi masuk router dan kata sandi jaringan Wi-Fi. Siapa pun yang memiliki kata sandi masuk router Anda akan dapat masuk ke pengaturan router dan mengacaukan pengaturan saat menggunakan Wi-Fi.

Oleh karena itu, Anda perlu mengubah kedua kata sandi ini untuk membuat router Anda aman. Pastikan kata sandi router Anda kuat namun tidak terlalu sulit, namun kata sandi Wi-Fi haruslah yang sulit agar tidak mudah dibobol. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil bersama dengan angka dan karakter khusus akan menjadi pilihan.

Perbarui Perangkat Lunak

Sama seperti ponsel dan PC Anda yang berjalan pada sistem operasi tertentu. Router Wi-Fi juga berjalan pada sistem operasi tingkat rendah yang bernama firmware. Segala sesuatu yang Anda lakukan pada Router Anda tergantung pada firmware yang saat ini berjalan. Ini mendefinisikan dan menetapkan semua standar keamanan untuk router Wi-Fi.

Ketika Anda memiliki jaringan Wi-Fi maka Anda harus memastikan bahwa firmware router selalu ter-up-to-date. Versi terbaru dari firmware berisi semua pembaruan dan perbaikan keamanan terbaru. Ini biasanya akan memperbaiki semua bug yang ada firmware sebelumnya. Jadi, selalu upayakan untuk selalu memperbarui firmware Anda.

Ganti SSID Jaringan WI-FI

Semua router yang Anda beli pasti memiliki SSID atau nama sesuai dengan router Wi-Fi yang telah terkonfigurasi sebelumnya. Biasanya merupakan nama merek router bersama dengan model router. Namun, disarankan agar Anda mengubah SSID default jaringan Wi-Fi agar sedikit lebih aman.

Jika Anda tidak mengubah SSID Jaringan Wi-Fi, maka peretas dapat memanfaatkannya dan mengetahui merek dan model router yang tepat. Mereka akan tahu cara memanfaatkan router tersebut. Ubah SSID jaringan Wi-Fi sehingga tidak dapat dengan mudah diidentifikasi oleh peretas.

Matikan Akses Jarak Jauh

Sebagian besar router dilengkapi dengan fitur yang memudahkan untuk mengakses router dari luar rumah. Sehingga jika ingin lebih aman, Anda bisa mematikan fitur tersebut. Dengan mematikan fitur ini akan mencegah peretas mengakses router Anda dari jarak jauh.

Mengaktifkan Firewall

Firewall tidak hanya dapat diatur paa PC tetapi juga pada router Anda. Sama seperti apa yang kinerja firewall pada PC, firewall juga melakukan hal yang sama pada router, menambahkan lapisan keamanan tambahan.

Firewall memantau semua lalu lintas masuk dan keluar dan memastikan bahwa router Anda terlindungi dari potensi serangan dunia maya. Sebagian besar router saat ini hadir dengan firewall yang sudah terinstal sebelumnya dan yang harus Anda lakukan hanyalah mengaktifkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.