How To

Begini Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Terhubung

Google Play Store Anda tidak berfungsi atau tidak bisa terhubung? Penulis yakin, sebagai pengguna Android kita semua pernah mengalami masalah Google Play...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 4 views
Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Terhubung

Google Play Store Anda tidak berfungsi atau tidak bisa terhubung? Penulis yakin, sebagai pengguna Android kita semua pernah mengalami masalah Google Play Store yang error. Apapun masalahnya, yakinlah bahwa akan selalu ada solusinya. Pada artikel ini, penulis akan berbagi banyak solusi yang bisa memperbaiki beberapa masalah yang mungkin Anda hadapi dengan Google Play Store.

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Terhubung
Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Terhubung

image source

Ada beberapa faktor yang mungkin dapat mempengaruhi Google Play Store Anda. Kami akan membahas metode pemecahan masalah mulai dari solusi sederhana hingga solusi yang lebih rumit.

Begini Cara Mengatasi Google Play Store yang Error

Periksa Koneksi Internet Anda

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan koneksi internet Anda tidak bermasalah. Ini mungkin tampak terlalu sederhana atau mudah. Akan tetapi memeriksa koneksi Internet Anda dapat memecahkan masalah yang Anda alami. Coba beralih dari Wi-Fi atau ke data seluler, atau bahkan sebaliknya. Lalu lihat apakah masalahnya sudah selesai atau tidak. Anda juga harus mencoba mengalihkan ponsel Anda ke “mode pesawat” sesekali dan kembali lagi. Terakhir, Anda dapat mengatur ulang router untuk memastikan Anda memiliki koneksi yang baik.

Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu

Google secara berkala memeriksa tanggal dan waktu ponsel cerdas Anda untuk Google Play Store. Jika ada perbedaan antara waktu sebenarnya dan waktu yang tampil pada ponsel Anda, mak server Google menolak akses Anda. Sehingga akan mengakibatkan kesulitan menyinkronkan dengan perangkat Anda.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus masuk ke Pengaturan perangkat Android Anda. Kemudian Anda akan melihat Tanggal dan Waktu. Ketuk ini, dan Anda akan melihat apakah ponsel Anda berada pada tanggal dan waktu Otomatis yang telah tersedia oleh jaringan Anda. Jika belum, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Jika perangkat Anda otomatis dan Google Play Store Anda masih tidak berfungsi, maka Anda harus mengatur tanggal dan waktu secara manual. Anda harus terlebih dahulu mematikan tanggal dan waktu Otomatis. Kemudian mulailah dengan memasukkan tanggal dan waktu dengan akurasi. Jika ini tidak berhasil, jangan khawatir, masih banyak solusi lain untuk mengaktifkan dan menjalankan kembali Google Play Store Anda.

Instal Versi Terbaru Google Play Store

Terkadang tidak melakukan pembaruan Google Play Store akan menjadi masalah serius pada layanan Google tersebut. Namun biasanya jika Anda tidak mengubah pengaturan pembaruan aplikasi, ketika tersedia pembaruan, maka secara otomatis akan diunduh dengan sendirinya. Kecuali jika Anda menginstalnya melalui APK, maka Anda dapat segera memiliki versi terbaru.

Hapus Cache Google Play Store

Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengaktifkan kembali Play Store hanya dengan membersihkan cache. Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang menyimpan data sehingga dapat dengan cepat diambil kembali tanpa perlu dimuat ulang. Ini bisa menyelesaikan masalah Anda, dan mengosongkannya tentu juga mudah.

  1. Pertama, buka Pengaturan dari layar beranda ponsel cerdas Anda. Masuk ke Aplikasi atau Manajer Aplikasi Anda; (tergantung pada perangkat Anda).
  2. Pada stok Android, Anda perlu mengetuk Lihat semua aplikasi.
  3. Anda sekarang akan melihat daftar aplikasi yang terinstal pada perangkat Anda. Gulir ke bawah hingga Anda melihat Google Play Store dan ketuk.
  4. Anda sekarang akan melihat opsi Info Aplikasi. Dari sini, ketuk opsi Penyimpanan dan cache. Lalu ketuk opsi Hapus cache.
  5. Kembali dan periksa apakah ini menyelesaikan masalah. Jika tidak, ulangi prosedur yang sama, lalu ketuk opsi Hapus penyimpanan.

Setel Ulang Akun Google Anda

Sekarang datang ke solusi yang sedikit lebih drastis. Jika aplikasi Play Store Anda masih tidak berfungsi, Anda mungkin perlu menyegarkan akun Google pada perangkat Android Anda. Ini berarti akun Google Anda pada seluruh ponsel akan disetel ulang dan tidak hanya pada Google Play Store saja. Pastikan Anda mengetahui akun sebelum memulai ini. Anda bisa kehilangan seluruh akun jika tidak hati-hati.

  1. Untuk melakukannya, hapus akun Anda, lalu tambahkan lagi. Ini cukup sederhana untuk Anda lakukan.
  2. Buka Pengaturan Anda dan ketuk Kata Sandi Akun. Sekarang Anda perlu mengetuk akun Google yang ingin Anda hapus, lalu ketuk ikon menu (tiga titik pada kanan atas) dan ketuk Hapus akun. Lakukan ini untuk setiap akun Google perangkat Anda.

Semoga bisa mengatasi masalah pada perangkat Anda.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.