General

Begini Cara Menggunakan Fitur “Lihat Sekali” Pada Pesan WhatsApp

WhatsApp secara resmi sudah merilis fitur “lihat sekali” pada pesan yang pengguna kirim. Artinya pesan tersebut akan kedaluarsa atau secara tidak langsung...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Cara Menggunakan Fitur Lihat Sekali Pada WhatsApp

WhatsApp secara resmi sudah merilis fitur “lihat sekali” pada pesan yang pengguna kirim. Artinya pesan tersebut akan kedaluarsa atau secara tidak langsung terhapus dengan sendirinya setelah pengguna melihat dan membacanya.

Cara Menggunakan Fitur Lihat Sekali Pada WhatsApp
Cara Menggunakan Fitur Lihat Sekali Pada WhatsApp

image source

Beberapa bulan sebelumnya kehadiran fitur menarik ini sudah banyak desas-desus yang membahasnya. Baik dari kalangan pengembang sendiri ataupun para pengguna yang sangat mendambakan fitur ini. Fitur ini memiliki manfaat besar terutama jika Anda mengirimkan pesan yang sifatnya rahasia kepada orang tertentu. Jadi Anda sekarang tidak perlu lagi untuk menghapusnya. Karena dengan Anda mengaktifkan fitur ini pada pesan yang Anda kirimkan, maka pesan akan kedaluarsa setelah pengguna menutupnya. Jadi ketika pengguna lain membukanya kembali, maka akan mendapatkan tulisan bahwa pesan sudah kedaluarsa.

Fitur baru ini dapat memberi pengirim lebih banyak kontrol atas pesan maupun foto dan video yang mereka kirim. Disebut “View Once“, artinya fitur ini membatasi penerima untuk membuka pesan lebih dari sekali.

Mencatat dari lama WABetaInfo, bahwa fitur tersebut sekarang mulai meluncur ke penguji beta pada platform yang menjalankan WhatsApp versi 2.21.14.3. Namun sepertinya versi ini belum secara resmi masuk pada Google Play Store. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Anda bisa mendownload versi APK terlebih dahulu. Sedangkan pada WhatsApp versi lama saat ini hanya dapat menerima saja. Akan tetapi mereka tidak dapat menggunakan fitur tersebut untuk mengirim pesan kepada orang lain. Selain itu, fitur ini nantinya juga akan berfungsi pada obrolan pribadi dan grup. Anda dapat melihat siapa yang telah membuka gambar dalam grup dengan menuju ke opsi Info Pesan.

Cara Mengirim Pesan “Lihat Sekali” Pada WhatsApp

Jadi bagaimana Anda mengetahui jika fitur ini telah Aktif pada aplikasi WhatsApp Anda? Biasanya jika Anda sudah mengaktifkannya, maka akan sangat jelas karena opsi akan muncul saat mengirim pesan teks/media ke orang lain.

Cara Menggunakan Fitur Pesan “Lihat Sekali”:

  1. Buka obrolan pribadi atau grup pada WhatsApp Anda. Ketuk ikon penjepit kertas untuk melampirkan/merekam gambar/video. Atau tulis pesan jika Anda ingin mengirimkan pesan berupa Teks.
  2. Setelah itu Anda akan melihat ikon 1 dalam lingkaran tepat pada sebelah tombol Kirim.
  3. Ketuk icon 1 tersebut hingga berubah warna biru, kemudian klik Kirim.
  4. Maka, si penerima akan menerima pesan yang mengatakan “Foto/video diatur untuk dilihat sekali“.
  5. Untuk membukanya, penerima cukup mengetuknya sekali saja, setelah menutupnya, maka pesan tersebut tidak akan bisa penerima lihat lagi.

Fitur Lihat Sekali: Apa yang Harus Anda Ketahui

Meskipun fitur tersebut akan membatasi pengguna untuk melihat gambar atau video beberapa kali, namun itu tidak sepenuhnya aman. Pertama, WhatsApp tidak akan memberi tahu Anda jika penerima mengambil tangkapan layar gambar. Lebih penting lagi, jika Anda berbagi gambar atau video Lihat Sekali dalam grup yang berisi kontak yang diblokir, kontak ini masih dapat melihat media. Jadi secara realistis, View Once atau Lihat Sekali bukanlah cara yang pasti aman untuk memastikan bahwa gambar atau klip tidak disimpan atau dibagikan oleh orang lain.

Sementara fitur View Once ini masih hanya tersedia pada saluran beta aplikasi. Para pengguna berharap WhatsApp agar bisa segera mengatasi masalah ini sebelum fitur tersebut benar-benar tiba dalam versi stabil. Namun demikian, Anda harus selalu memperhatikan apa yang Anda kirim ke orang lain, bahkan jika lebih banyak fitur privasi masuk ke aplikasi perpesanan WhatsApp.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.