How To

Begini Cara Mengubah Wallpaper Windows 10 Tanpa Aktivasi

Mengubah wallpaper Windows 10 merupakan salah satu cara menghilangkan kebosanan ketika membuka laptop. Agar Anda tidak secara menoton hanya wallpaper itu saja...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 5 views
Mengubah Wallpaper Windows 10

Mengubah wallpaper Windows 10 merupakan salah satu cara menghilangkan kebosanan ketika membuka laptop. Agar Anda tidak secara menoton hanya wallpaper itu saja yang berada pada layar depan komputer atau laptop Anda. Dalam mengubah tampilan layar depan memang hal yang wajar, selain dapat membangkitkan inspirasi dan imajinasi baru, juga bisa membuat tampilan layar lebih cantik sesuai dengan keinginan Anda.

Mengubah Wallpaper Windows 10
Mengubah Wallpaper Windows 10

image source

Wallpaper merupakan salah fitur yang memungkinkan gambar menjadi penghias menarik pada halaman utama dari sistem operasi Windows dari generasi ke generasi. Dalam hal ini pengguna bisa menggantinya sesuai dengan yang mereka inginkan. Semua ekstensi gambar akan cocok untuk Anda jadikan tampilan pada layar utama anda. Terlebih pada Windows 10 sendiri, Anda dapat mengganti wallpaper sesuka hati dan mudah sekali untuk kemudian Anda terapkan.

Bagi sebagian orang yang sering berkutat dengan laptop atau komputer, setidaknya harus membuat tampilan desktop atau layar utama agar terlihat segar terus. Mengapa harus demikian? Ketika tampilan wallpaper laptop yang terlihat segar, secara sadar maupun tidak sadar, mata akan mengirimkan impuls atau pesan ke otak. Sehingga mata tidak cepat mudah bosan dan rutinitas pekerjaan yang harus dengan segera diselesaikan tidak akan tertunda. Bagi laptop yang baru diinstall ulang atau baru saja membeli laptop, wallpaper pada desktop biasanya hanya berupa gambar jendela.

Apa yang Terjadi Saat Anda Tidak Mengaktifkan Windows 10?

Microsoft memberikan kemudahan bagi pengguna yang memungkinkan untuk mengunduh dan menggunakan Windows 10 tanpa mengaktifkannya. Akan tetapi ini hadir dengan beberapa batasan tertentu. Dan salah satunya Anda tidak dapat mengubah Wallpaper melalui pengaturan. Seluruh menu Personalisasi akan otomatis nonaktif jika Anda tidak melakukan aktivasi Windows terlebih dahulu. Inilah yang menyebabkan jika Anda tidak dapat mengubah berbagai opsi tampilan untuk PC Anda termasuk mengubah Wallpaper.

Untungnya, Pengaturan bukanlah satu-satunya cara untuk mengubah Wallpaper desktop Windows 10. Anda dapat menggunakan metode alternatif yang akan penulis rinci bagaimana untuk mengubah wallpaper Anda Windows 10 yang tidak Anda aktifkan.

Tentu saja, sebagai rekomendasi, penulis tetap menganjurkan untuk membayar lisensi Windows 10 jika Anda menggunakannya. Karena hal itu akan menghilangkan tanda air “Aktifkan Windows 10” pada bagian bawah kiri Desktop Anda. Selain itu Anda akan lebih mudah mengakses ke opsi Personalisasi normal. Nah, berikut ini 4 langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah Wallpaper Windows 10 sebelum di aktivasi.

Cara Mengubah Wallpaper Windows 10 Menggunakan File Explorer

Anda dapat menggunakan File Explorer bawaan untuk mengubah gambar latar apapun pada komputer Windows 10 yang belum Anda aktivasi.

  1. Untuk menggunakan cara ini bukalah File Explorer, kemudian cari folder yang berisi gambar yang ingin Anda jadikan wallpaper.
  2. Jika Anda sudah menemukan gambar tersebut, klik kanan dan pilih “Set as desktop background“.
Mengubah Wallpaper Menggunakan File Explorer
Mengubah Wallpaper Menggunakan File Explorer

Jika Anda ingin menggunakan salah satu wallpaper bawaan Windows 10, Anda dapat membuka folder berikut menggunakan File Explorer:

C:\Windows\Web\Wallpaper

Wallpaper Default Windows 10
Wallpaper Default Windows 10

Lihat beberapa folder di sana, kemudian pilih wallpaper yang ingin Anda gunakan. Selanjutnya klik kanan pada gambar tersebut, dan pilih “Set as desktop background”.

Mengubah Wallpaper Desktop Windows 10 Menggunakan Internet Explorer

Anda dapat menggunakan browser web seperti Internet Explorer atau Firefox untuk mengubah Wallpaper pada Windows 10 yang belum di aktivasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengunduh wallpaper terlebih dahulu, kemudian menggunakan metode Jelajahi File untuk menyetelnya sebagai latar belakang desktop. Anda dapat mengubahnya secara langsung dari dalam browser Anda.

Perlu diingat bahwa Google Chrome dan Microsoft Edge tidak menawarkan opsi ini. Anda harus mengandalkan Internet Explorer atau Firefox untuk dapat mengubah Wallpaper Windows 10 ini. Caranya adalah:

Mengubah Wallpaper Menggunakan Internet Explorer
Mengubah Wallpaper Menggunakan Internet Explorer
  1. Buka Internet Explorer, melalui tombol “Start”. Atau Anda juga bisa membukanya melalui layar Desktop Anda juga mendapati shortcut Internet Explore.
  2. Carilah gambar yang ingin Anda jadikan wallpaper. Catatan: Gambar Anda harus dalam salah satu format file berikut: JPG, JPEG, BMP, DIB, PNG, JFIF, JPE, GIF, TIF, TIFF, atau WDP.
  3. Setelah gambar dipilih, klik kanan dan pilih “Set as background”.
  4. Selanjutnya Anda akan melihat perintah pada layar Anda. Klik “Ya” untuk mengkonfirmasi.

Peringatan: Penulis menyarankan untuk menghindari Internet Explorer, yang sedang dihapus demi browser modern seperti Microsoft Edge. Namun, Internet Explorer masih memiliki fitur ini, sedangkan Microsoft Edge tidak.

Mengubah Wallpaper Desktop Windows 10 Menggunakan Firefox

Jika Anda lebih suka menggunakan Firefox, berikut cara menggunakan browser ini untuk mengubah wallpaper desktop Windows 10 Anda.

  1. Buka browser Mozilla Firefox dan carilah gambar yang Anda mau
  2. Klik kanan pada gambar tersebut untuk menjadikannya Wallpaper dan pilih “Set As Desktop Background”.

Biasanya Anda akan mendapatkan kotak yang memungkinkan Anda menentukan bagaimana wallpaper muncul pada desktop Anda. Jika Anda melihat bahwa wallpaper Anda tidak menutupi seluruh layar, pilih pada menou drop-down “Position” dan pilih “Stretch”. Namun, jika Anda ingin wallpaper menutupi seluruh layar Anda. pilih “Set Desktop Background”.

Cara Mengembalikan Wallpaper Desktop Windows 10 Secara Default

Jika Anda ingin menggunakan Wallpaper default/bawaan Windows 10. Anda dapat membuka folder wallpaper ini dan mengatur wallpaper default sebagai latar belakang desktop Anda. Untuk membukanya, masuk Windows Explorer dan ketikkan alamat berikut:

C:\Windows\Web\Wallpaper\

Temukan wallpaper default yang Anda inginkan. Selanjutnya klik kanan, dan pilih “Set as desktop background”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.