How To

Begini Cara Mudah Drop Pin pada Google Maps

Jika Anda ingin menyimpan sebuah lokasi yang baru Anda temukan, maka Anda perlu melakukan drop pin pada Google Maps. Hal ini terkadang...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 28 views
Drop Pin Pada Google Maps

Jika Anda ingin menyimpan sebuah lokasi yang baru Anda temukan, maka Anda perlu melakukan drop pin pada Google Maps. Hal ini terkadang memang kita butuhkan, karena seringkali kita ingin menuju ke sebuah tempat, namun lokasi tersebut tak ada pada Google Maps. Padahal, pada zaman yang semakin modern ini, banyak orang yang mengandalkan peta online termasuk Google Maps untuk berjalan kemanapun mereka mau.

Drop Pin Pada Google Maps
Drop Pin Pada Google Maps

image source

Nah, Google Maps sendiri memperbolehkan pengguna untuk menambahkan marker atau penanda lokasi secara manual. Metode ini memiliki keuntungan untuk pengguna karena mudah dan gratis, tetapi terdapat keterbatasan dalam penggunaan marker serta fitur yang tersedia dalam aplikasi. Nah, untuk melakukan tugas ini, penulis akan berikan langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Drop Pin Google Maps Menggunakan Windows atau Mac

Ada banyak cara untuk meletakkan drop pin suatu lokasi pada Google Maps menggunakan PC Windows 10 atau Mac Anda. Untuk memulainya, Anda dapat menggunakan bilah pencarian untuk mencari lokasi yang ingin Anda tuju. Selain itu Anda dapat meletakkan pin pada lokasi manapun secara manual.

  1. Buka situs web Google Maps dan, jika Anda ingin menyimpan lokasi, Anda harus masuk ke akun Anda melalui akun Google Anda. Untuk meletakkan pin secara otomatis, cari lokasi menggunakan bilah pencarian pada pojok kiri atas.
  2. Setelah Anda mengetik kata tertentu, maka biasanya saran pencarian akan muncul pada bagian bawah kotak pencarian. Anda hanya tinggal pilih salah satu dari saran tersebut untuk memasang pin pada lokasi tersebut.
  3. Selanjutnya panel informasi akan terbuka pada sebelah kiri, menawarkan opsi untuk membagikan atau menyimpan lokasi. Atau mencari petunjuk arah ke atau dari lokasi tersebut. Pada tampilan peta sebelah kanan, pin merah akan berada pada lokasi yang sama, menunjuknya pada peta agar Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan drop pin secara manual. Untuk melakukan ini, caranya dengan memiih lokasi mana pun pada tampilan Google Maps. Ikon pin yang lebih kecil akan muncul pada bawah peta, dengan kotak petunjuk arah cepat muncul di bagian bawah.

Untuk melihat pin merah yang lebih besar pada perangkat Android Anda, maka pilih koordinat peta di kotak petunjuk arah cepat. Pin merah dan panel informasi akan selalu muncul, memungkinkan Anda untuk menyimpan atau membagikan lokasi. Untuk menghapus pin, pilih ikon silang pada bilah pencarian atau pilih tempat lain di peta itu sendiri.

Cara Drop Pin Google Maps di Android, iPhone, dan iPad

Jika Anda menggunakan aplikasi Google Maps pada Android, iPhone, atau iPad, Anda juga dapat meletakkan pin pada lokasi mana pun menggunakan bilah penelusuran atau tampilan peta.

Untuk menggunakan bilah pencarian, buka aplikasi dan ketik lokasi ke dalam bilah pencarian pada bagian atas. Ketuk salah satu saran pencarian yang muncul pada bagian bawah untuk melihat lokasi itu.

Pin merah akan otomatis berada pada lokasi yang Anda telusuri, dengan panel informasi yang lebih kecil. Mengetuk panel informasi ini akan memunculkan opsi dan informasi tambahan, termasuk petunjuk arah, alamat dan detail kontak, ulasan bisnis, dan banyak lagi.

Jika Anda ingin melepaskan pin secara manual, pindahlah ke area peta tempat Anda ingin meletakkan pin, lalu tekan dan tahan lokasi tersebut menggunakan jari Anda. Setelah beberapa detik, pin merah akan muncul pada lokasi itu. Kemudian anda dapat menyimpan atau membagikan lokasi menggunakan panel informasi pada bagian bawah, mencari petunjuk arah, atau lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.