How To

Begini Cara Mudah Instal Kali Linux Di Windows 10 Dengan WSL 2

Windows 10 memiliki fitur bash linux sehingga memungkikan kamu untuk menjalankan program open source dengan mudah tanpa perlu melakukan instal dual boot....

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 81 views
Cara Instal Kali Linux Di Windows 10

Windows 10 memiliki fitur bash linux sehingga memungkikan kamu untuk menjalankan program open source dengan mudah tanpa perlu melakukan instal dual boot. Baru-baru ini Microsoft mengirim pembaruan Kali Linux 2020.3. Pada pembaruan tersebut Microsoft memperkenalkan Win-KeX (Windows + Kali Desktop EXperience).

Sebelumnya pembaruan WSL2 juga sudah dirilis, sehingga untuk menggunakannya kamu tinggal mengaktifkan saja. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi cara menginstal Kali Linux dengan menggunakan WSL2.

Cara Instal Kali Linux Di Windows 10
Cara Instal Kali Linux Di Windows 10

Cara Mudah Instal Kali Linux Di Windows 10 Dengan WSL 2

  1. Sebelum masuk pada cara menginstalnya, terlebih dahulu kamu memastikan versi Windows 10 yang kamu gunakan saat ini. Pastikan kamu sudah menggunakan version 2004 (OS Build 19033.1) atau diatasnya. Jika belum, silahkan kamu periksan pada pengaturan update, karena kemungkinan masih terdapat update system yang masih belum selesai.
  2. Selanjutnya kamu aktifkan terlebih dahulu Windows Subsystem For Linux (WSL) dengan cara masuk pada Setting, kemudian ketikkan saja pada pencarian Turn Windows Features on or off, Setelah itu scroll dan cari Windows Subsystem for Linux, dan centang opsi tersebut. Klik OK.
  3. Atau cara yang lebih mudah kamu bisa mengetikkan perintah ini pada PowerShell as administrator dism.exe /online /enable-feature /featurename:Microsoft-Windows-Subsystem-Linux /all /norestart
  4. Kemudian kamu aktifkan juga “Platform Mesin Virtual” melalui PowerShell dengan mengetikkan perintah dism.exe /online /enable-feature /featurename:VirtualMachinePlatform /all /norestart
  5. Kemudian restart.

Jika muncul pop-up atau notifikasi “WSL 2 memerlukan pembaruan untuk komponen kernelnya“. Silahkan kamu lakukan pembaruan dengan cara download melalui link ini.

Setelah selesai, silahkan instal terlebih dahulu. Kemudian ketikkan lagi pada PowerShell perintah berikut wsl –set-default-version 2.

  1. Sekarang saatnya kamu melakukan instalasi Kali Linux melalui Microsoft Store.
  2. Setelah diunduh, buka dan tunggu program mendekompresi dan menyimpan file yang diperlukan di sistem Anda.
  3. Anda sekarang dapat mengatur nama pengguna dan kata sandi untuk distribusi Linux yang baru dibuat di PC Anda. Untuk meluncurkan GUI Kali Linux Anda harus menjalankan perintah sudo apt update && sudo apt install kali-win-kex. Pastikan kamu sudah terhubung ke Internet. Tunggu hingga prosesnya selesai biasanya akan memakan waktu kurang lebih 15 – 30 menit.
  4. Setelah instalasi selesai ketik kex untuk menjalankan antarmuka Win-KeX.

Selamat mencoba ya!

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.