How To

Begini Cara Mudah Melakukan Live Streaming di Facebook

Dengan adanya fitur Live Streaming Facebook, Anda bisa melakukan siaran langsung mengenai acara, pertunjukan, dan kumpul-kumpul dengan mudah melalui platform Facebook. Pengguna...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Cara Melakukan Live Streaming Facebook

Dengan adanya fitur Live Streaming Facebook, Anda bisa melakukan siaran langsung mengenai acara, pertunjukan, dan kumpul-kumpul dengan mudah melalui platform Facebook. Pengguna lain bisa menonton dari ponsel, komputer, atau TV yang terkoneksi pada Facebook. Selain itu, penonton bisa dengan mudah memberi tanggapan, membagikan, komentar, dan fitur interaktif lainnya yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan para penonton.

Cara Melakukan Live Streaming Facebook
Cara Melakukan Live Streaming Facebook

image source

Ini merupakan sebuah fitur yang sangat populer untuk membuat siaran, memberi pengguna cara cepat untuk menyiarkan apa yang terjadi saat ini dengan nyata tanpa rekayasa. Streaming bisa secara langsung bisa Anda lakukan melalui perangkat seluler Android atau iOS Anda, dan juga desktop. Dan Anda juga bisa menggunakan alat bantu yang tersedia untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari video Anda yang Anda siarkan.

Anda Dapat Melakukan Siaran Langsung ke Halaman, Grup, atau Acara

Facebook menyediakan ruang bagi Anda untuk melakukan siaran langsung melalui Halaman (fanspage), grup, atau acara. Melakukan siaran langsung pada Halaman memberi Anda akses ke lebih banyak fitur dan kemampuan dibandingkan melakukan siaran melalui grup atau acara. Menggunakan fitur Acara Online akan memungkinkan Anda untuk memanfaatkan semua fitur streaming siaran langsung Halaman ketika menyiarkan langsung Acara Anda.

Dengan streaming pada Halaman, Anda akan memiliki fitur berikut ini yang tidak tersedia untuk streaming pada Grup dan Acara:

  • Kemampuan untuk crossposting ke halaman lain. Hanya siaran langsung ke halaman yang bisa Anda lakukan crossposting.
  • Kemampuan untuk mengakses insight terperinci melalui Creator Studio.
  • Anda bisa membatasi akses streaming untuk wilayah geografi atau demografi berdasarkan usia tertentu pada Facebook. Jadi Anda bisa menggunakan Gating Usia dan Demografi.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Streaming

  1. Memulai live streaming pada Facebook semuanya bisa terjadi dengan sangat cepat, jadi bersiaplah untuk menyiapkan jaringan dengan baik. Karena dalam hitungan detik setelah mengetuk tombol Mulai, Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan lagi. Misalnya, kamera, microfon dan lainnya.
  2. Anda hanya dapat berada pada Facebook Live dari perangkat seluler selama streaming berlangsung. Jangan pernah keluar dari acara streaming jika tidak ingin siaran Anda berhenti secara tiba-tiba.
  3. Anda dapat memanfaatkan kamera belakang ponsel untuk hasil yang jauh lebih baik daripada kamera depannya. Akan tetapi jika Anda berbicara dengan kamera selama streaming langsung, Anda tidak akan bisa melihat penampilan Anda dan memeriksa reaksi dan komentar. Jadi menggunakan kamera selfie mungkin lebih baik saat Anda berbicara dengan orang lain.

Cara Mudah Melakukan Streaming Pada Facebook

  1. Buka aplikasi Facebook atau buka facebook.com.
  2. Pada layar beranda, Anda akan melihat opsi Live Video.
  3. Tinjau pengaturan Anda sebelum Anda mulai memastikan kamera dan perangkat Anda sudah benar.
  4. Terakhir, ketuk tombol Mulai Live Video untuk memulai streaming langsung pada perangkat seluler Anda, atau tombol Tayangkan Langsung jika Anda menggunakan browser web PC Anda.
  5. Untuk berhenti, tekan tombol Selesai untuk menghentikan streaming, setelah itu Anda dapat membagikan rekaman pada timeline Anda atau menghapusnya.

Itu saja dalam lima langkah, Anda sudah bisa melakukan streaming pada Facebook Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.