How To

Begini Cara Mudah Melakukan Panggilan Video Grup di Telegram

Fitur baru untuk panggilan video grup Telegram ini hadir agar mampu bersaing dengan aplikasi video telekonferensi lainnya. Sejak populernya Zoom beberapa tahun...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Cara Melakukan Panggilan Video Grup Telegram

Fitur baru untuk panggilan video grup Telegram ini hadir agar mampu bersaing dengan aplikasi video telekonferensi lainnya. Sejak populernya Zoom beberapa tahun lalu, menjadikan banyak aplikasi turut menghadirkan fitur terbaiknya terutama dalam hal video telekonferensi.

Cara Melakukan Panggilan Video Grup Telegram
Cara Melakukan Panggilan Video Grup Telegram

image source

Zoom mulai populer untuk berbagai sejak pandemi sebagai ganti dari kegiatan tatap muka secara langsung. Zoom memiliki fitur melakukan tatap muka secara virtual melalui perangkat Anda, baik smartphone, laptop ataupun PC dan lainnya yang mendukung dalam aplikasi tersebut. baru kemudian muncullah Google Meet, Facebook dan kini Telegram.

Setahun setelah diumumkannya fitur panggilan video grup tersebut, Telegram akhirnya mengizinkan panggilan video grup untuk semua pengguna. Dengan fitur baru inilah, aplikasi perpesanan Telegram ingin memantapkan statusnya sebagai alternatif WhatsApp. WhatsApp sebenarnya juga memiliki fitur panggilan video grup, hanya saja memiliki batasan 8 orang untuk melakukannya.

Jika Anda membaca posting blog resmi Telegram pada 25 Juni lalu dengan cermat, Anda dapat melihat bahwa artikel tersebut menjelaskan bahwa “Panggilan suara pada grup mana pun sekarang dapat dialihkan secara intuitif ke panggilan video”.

Nah, melalui tulisan ini, penulis akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan panggilan video grup dengan mudah pada aplikasi Telegram Anda.

Begini Cara Mudah Melakukan Panggilan Video Grup pada Telegram

  1. Buat grup Telegram melalui menu Hamburger kiri atas => Grup baru. Atau Anda dapat membuka grup yang pernah Anda buat sebelumnya.
  2. Ketuk spanduk grup untuk melihat detailnya, lalu ketuk menu Hamburger pada pojok kanan atas.
  3. Pilih Buat Obrolan Suara. Setelah obrolan suara grup dibuat, tekan tombol “Kamera” yang terletak pada kiri bawah layar.

Cara Mudah Melakukan Panggilan Video Group pada Telegram iOS

Jika Anda menggunakan iPhone, Anda memiliki sedikit cara yang berbeda, namun hal itu tidaklah sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah ini dengan benar.

  1. Pertama, buat juga grup baru. Untuk melakukan ini, klik ikon untuk entri baru pada sudut kanan atas. Klik pada Grup baru.
  2. Pilih anggota pilihan Anda dan klik Berikutnya. Masukkan nama grup dan tutup menu.
  3. Klik simbol grup pada sudut kanan atas layar. Lalu klik tombol tengah “Obrolan Suara” untuk memulai obrolan. Segera setelah panggilan aktif, Anda dapat mengklik Kamera pada sudut kiri bawah dan panggilan video akan dimulai.

Fitur Panggilan Video Group Telegram

Dalam hal fitur, ada cakupan yang sama dengan aplikasi panggilan video lainnya. Mengklik pada jendela peserta membawa mereka ke depan. Anda juga bisa melakukan penyematan jika Anda mau, sehingga peserta selalu tetap Anda sematkan, bahkan ketika peserta baru bergabung dalam panggilan.

Obrolan suara group pada Telegram tidak memiliki batasan peserta, tetapi panggilan video saat ini memiliki batasan hingga 30 orang. Telegram juga telah menerapkan fitur berbagi layar, serta fitur untuk meredam kebisingan sekitar.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.