How To

Begini Cara Mudah Mengaktifkan Fall Detection di Apple Watch

Fall Detection pada Apple Watch merupakan sebuah fitur peringatan awal medis setelah pemakainya terdeteksi memiliki detak jantung yang abnormal. Melalui fitur ini...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 9 views
Cara Mengaktifkan Fall Detection Pada Apple Watch

Fall Detection pada Apple Watch merupakan sebuah fitur peringatan awal medis setelah pemakainya terdeteksi memiliki detak jantung yang abnormal. Melalui fitur ini sudah menyelamatkan banyak orang dengan mengetahui kondisi lebih awal terhadap kesehatan jantung mereka. Jadi jika sudah terlihat detak jantung yang abnormal, pengguna bisa langsung memeriksanya kepada dokter sehingga dapat menjadi pencegahan dini bagi pengguna.

Cara Mengaktifkan Fall Detection Pada Apple Watch
Cara Mengaktifkan Fall Detection Pada Apple Watch

image source

Kehadiran fitur ini mendeteksi ketika Anda mengalami jatuh yang keras. Jika Anda tidak bergerak selama satu menit setelah jatuh, maka Apple Watch akan secara otomatis menghubungi layanan darurat yang sudah Anda atur sebelumnya. Perlu Anda ketahui, fitur Fall Detection ini tidak aktif secara default pada jam tangan Apple Anda. Jadi, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Oleh karenanya dalam kesempatan ini penulis akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan fitur Fall Detection dengan sangat mudah pada jam tangan Anda.

Apakah Apple Watch Anda Mendukung Fitur Fall Detection?

Tidak semua Apple Watch mendukung fitur Fall Detection ini. Apple baru mengembangkan layanannya ini sejak rilis Apple Watch Series 4 atau model Apple Watch yang lebih baru. Beberapa diantaranya yang mendukung fitur Fall Detection ini adalah Apple Watch Series 5, Apple Watch SE, dan Apple Watch Series 6.

Cara Mengatur Fall Detection Pada Apple Watch

Jika Anda memiliki salah satu model jam tangan pintar yang penulis sebutkan di atas, maka Anda memiliki kesempatan untuk mengatur dan mengaktifkan fitur Fall Detection ini.

  1. Buka aplikasi Watch app pada iPhone Anda. Kemudian buka tab My Watch.
  2. Ketuk Emergency SOS dan aktifkan Fall Detection.

Meskipun ini akan mengaktifkan Fall Detection pada jam tangan Anda, maka Anda juga perlu mengatur ID Medis Anda untuk memastikan bahwa jam tangan pintar Anda dapat menghubungi layanan darurat jika dibutuhkan. Di sinilah Anda dapat menambahkan orang-orang yang dekat dengan Anda sebagai kontak darurat, dan orang-orang ini akan menerima teks yang menyatakan bahwa Anda telah menelepon layanan darurat bersama dengan lokasi Anda pada saat melakukan panggilan.

Cara Mengatur Medical ID Pada Apple Watch

  1. Pada iPhone Anda, buka Pengaturan => Health => Medical ID.
  2. Sekarang ketuk Buat ID Medis.
  3. Ketuk tambahkan kontak darurat dan pilih kontak yang ingin Anda hubungi jika terjadi kondisi darurat.
  4. Setelah selesai, tinggal satu langkah lagi untuk memastikan Apple Watch Anda dapat menghubungi layanan darurat. Ikuti langkah ini.
  5. Pada Apple Watch, buka Pengaturan => Kode Sandi.
  6. Sekarang Anda perlu mengaktifkan Wrist Detection. Jika sudah Anda aktifkan, maka tidak perlu mengubah apa pun.

Dengan cara ini, maka Anda sudah berhasil mengaktifkan fitur Fall Detection pada jam tangan pintar Anda.

Cara Kerja Fitur Fall Detection Pada Apple Watch

Adapun cara kerjanya adalah jika Apple Watch itu mendeteksi situasi ini, Apple Watch 4 akan bergetar, dan menyalakan alarm. Setelah itu, jam itu akan memberikan opsi beberapa pilihan kepada pengguna, termasuk menelepon ambulan.

Jika setelah satu menit, Apple Watch tidak mendeteksi gerakan apapun, maka Apple Watch akan memulai hitung mundur selama 15 detik. Pada akhir hitung mundur, jam itu akan secara otomatis menelpon ambulan atau layanan darurat yang sudah Anda tetapkan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.