How To

Begini Cara Mudah Mengambil Screenshot di Chromebook

Mengambil screenshot pada Chromebook hampir sama caranya saat Anda melakukannya pada Windows. Mengambil screenshot atau tangkapan layar adalah cara cepat dan mudah...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 3 views
Cara Mengambil Screenshot Pada Chromebook

Mengambil screenshot pada Chromebook hampir sama caranya saat Anda melakukannya pada Windows. Mengambil screenshot atau tangkapan layar adalah cara cepat dan mudah untuk menangkap kemudian menyimpan sebagian atau keseluruhan tampilan layar pada perangkat Anda. Dari mulai tampilan game sampai gambar yang ingin Anda bagikan ke teman. Bisa dengan mudah tersimpan pada drive komputer Anda tanpa ribet.

Cara Mengambil Screenshot Pada Chromebook
Cara Mengambil Screenshot Pada Chromebook

image source

Perlu Anda ketahui, jika Anda mengambil tangkapan layar pada laptop atau personal computer (PC) dengan sistem operasi Windows, Anda tidak hanya bisa menggunakan satu metode untuk melakukannya. Begitu juga jika Anda melakukannya pada laptop Chromebook Anda. Maka dari itu, penulis akan memberikan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar pada Chromebook Anda.

Setiap perangkat memiliki kombinasi kontrolnya sendiri untuk mendapatkan tangkapan layarnya. Dengan perangkat Android, kombinasi yang biasa adalah menekan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan. Pada iOS, tombol home dan power untuk mengambil tangkapan layarnya. Jika Anda sebagai pengguna Mac, maka Anda dapat menekan Command + Shift + 4 (bersamaan) untuk membuka ikon bidik dan seret apa pun yang Anda inginkan. Command + Shift + 3 juga akan mengambil tangkapan layar seluruh layar, bukan pilihan.

Nah, sekarang mari kita cari tahu cara mengambil tangkapan layar pada perangkat Chromebook Anda dengan mudah, simple dan cepat.

Cara Mudah Mengambil Screenshot di Chromebook

Ada 4 langkah atau cara yang bisa Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar pada Chromebook Anda. Berikut ini penulis ulas satu persatu cara mengambilnya.

Menggunakan Keyboard Chromebook Anda

Untuk mengambil tangkapan seluruh layar pada Chromebook Anda, maka Anda perlu menekan tombol Ctrl + Window Switch. Jika Anda menginginkan tangkapan layar bagian layar, tekan tombol Ctrl + Shift + Window Switch, lalu seret ikon garis bidik ke bagian layar yang ingin Anda tangkap.

Namun jika Anda menggunakan keyboard eksternal, Anda harus melakukan sesuatu yang sedikit berbeda dari menggunakan keyboard bawaan Chromebook Anda. Anda dapat melakukannya dengan cara menekan tombol Ctrl + F5 untuk tangkapan layar penuh, atau tombol Ctrl + Shift + F5 untuk tangkapan layar sebagian (sesuai keinginan).

Mengambil Tangkapan Layar Chromebook dalam Mode Tablet

Banyak Chromebook saat ini yang dirancang sebagai perangkat 2-in-1. Artinya Chromebook dapat Anda jadikan sebagai Mode Table, atau Anda dapat melepaskan layar sepenuhnya dari keyboard perangkat keras. Anda kemudian dapat menggunakan layar sebagai tablet layar sentuh besar (dengan asumsi layar adalah model layar sentuh).

Lalu, untuk mengambil tangkapan layar pada Chromebook saat dalam mode tablet, Anda perlu menekan tombol Daya + Volume Turun secara bersamaan layaknya saat Anda menggunakan Android.

Menggunakan Pen-Stylus

Chromebook yang lebih baru kini hadir dengan pen-stylus, seperti Google Pixelbook, HP Chromebook x2, Samsung Chromebook Pro, dan Chromebook Samsung Galaxy. Jika Chromebook Anda memiliki stylus layar sentuh, Anda dapat mengetuk layar untuk membuka menu yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar pada Chromebook dengan pen.

Ada beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar pada Chromebook menggunakan stylus. Salah satunya sederhana; ketuk opsi Tangkap Layar untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar. Anda dapat mengetuk opsi wilayah Tangkap pada menu stylus untuk mengambil tangkapan layar sebagian. Saat opsi itu Anda terapkan, ketuk, tahan, dan seret pada bagian layar yang ingin Anda tangkap. Lepaskan saja stylus dari layar setelah selesai.

Mengambil Tangkapan Layar Menggunakan Ekstensi Browser Chrome

Ekstensi Chrome dapat Anda manfaatkan untuk membantu Anda mengambil tangkapan layar pada Chrome OS dan/atau browser web Chrome dengan cara baru dan lebih baik. Tidak mengejutkan melihat banyak ekstensi Chrome tersedia untuk mengambil tangkapan layar penuh atau sebagian pada perangkat Chromebook. Berikut daftar hanya beberapa ekstensi yang tersedia dari toko Chrome:

Cara Mengakses Tangkapan Layar Pada Chromebook Anda

Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda akan melihat jendela pemberitahuan yang mengonfirmasi bahwa Anda telah selesai mengambil tangkapan layar. Cukup mudah untuk mengakses tangkapan layar Chromebook Anda sesudahnya. Buka tangkapan layar Chromebook Anda langsung dari pop-up notifikasi yang Anda lihat saat mengambil tangkapan layar. Atau Anda dapat pergi ke folder Unduhan Anda, yang dapat diakses dengan membuka peluncur aplikasi Anda dan mencari File.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.