How To

Begini Cara Mudah Menggunakan Google Maps Secara Offline

Google Maps merupakan salah satu layanan navigasi paling handal besutan Google, akan tetapi bukannya tanpa kekurangan. Salah satu masalah terbesar adalah Maps...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 2 views
Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Google Maps merupakan salah satu layanan navigasi paling handal besutan Google, akan tetapi bukannya tanpa kekurangan. Salah satu masalah terbesar adalah Maps ini bisa berfungsi dengan baik jika memiliki koneksi data yang stabil, sesuatu yang terkadang bisa saja terjadi.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline
Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

image source

Namun kabar baiknya, Google Maps ternyata dapat Anda gunakan secara offline. Akan tetapi, untuk menggunakan fitur hebat ini perlu beberapa tindakan proaktif yang harus pengguna lakukan agar bisa berfungsi secara offline. Hal ini bisa saja Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan? Sehingga saat Anda memulai perjalanan peta offline ini sudah bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Cara Kerja Mode Offline Pada Google Maps

Sebelum melangkah lebih jauh tentang cara ini, Anda perlu mengetahui jika peta offline pada Maps ini bisa bekerja jika Anda sudah mengunduh area tujuan sebelum dapat memanfaatkan mode offline tersebut. Inilah yang penulis maksud ketika penulis katakan sesuatu harus Anda lakukan secara proaktif. Area peta harus Anda unduh terlebih dahulu sebelum meninggalkan keamanan koneksi yang kuat.

Untuk menunduhnya tentunya Anda juga perlu menyiapkan penyimpanan yang cukup leluasa. Semakin banyak data peta yang Anda unduh pada Google Maps, maka semakin banyak pula penyimpanan Anda akan digunakan. Sejumlah besar informasi perlu Anda unduh agar peta Maps offline bisa bekerja dengan maksimal, layaknya pada mode online. Ini bisa saja memakai space hingga 1,5 GB, semua tergantung pada areanya. Semakin jauh area yang Anda unduh, maka semakin besar pula penyimpanan yang akan digunakan.

Namun, jika Anda memiliki perangkat dengan dukungan kartu microSD, Anda bahkan dapat mentransfer data pada kartu SD Anda. Untuk melakukan ini caranya cukup mudah, buka Menu => Area Offline => Pengaturan => Preferensi Penyimpanan dan alihkan Perangkat ke kartu SD (semua bisa Anda lakukan secara langsung melalui aplikasi Google Maps).

Penting juga untuk diperhatikan bahwa peta offline ini juga memiliki masa kedaluwarsa setelah sekitar 15 hari kecuali Anda terhubung ke koneksi data untuk selalu memperbaharui data tersebut. Peta bersifat dinamis dan perlu diperbarui setiap saat. Hal ini sesuai dengan tujuan Google bahwa pengguna harus selalu memiliki versi terbaru dari peta Anda bahkan saat Anda sedang offline sekalipun.

Google Maps Offline Hanya Mampu Bekerja Sampai 15 hari

Jika Anda ingin membuat peta offline tanpa batas waktu, Anda hanya perlu pergi ke pengaturan offline Google Maps dan mengaktifkan pembaruan otomatis. Ini akan memastikan peta offline Anda terus diperbarui secara otomatis. Anda bahkan dapat memilih untuk hanya memperbaharuinya saat menggunakan Wi-Fi, dan memastikan space penyimpanan seluler Anda tersedia.

Saat offline, aplikasi tidak akan memiliki semua yang ditawarkan pada Google Maps. Tidak akan ada informasi seperti rute sepeda, petunjuk arah berjalan, detail lalu lintas, panduan jalur, dan semua hal yang membuat peta Maps menonjol, seperti rute alternatif.

Begini Cara Mudah Menyimpanan Google Maps Secara Offline

Mari penulis tunjukkan cara menggunakan Google Maps secara offline.

  1. Pertama, buka aplikasi Google Maps. Kemudian ketuk gambar profil Anda pada pojok kanan atas dan pilih peta Offline.
  2. Google biasanya akan menawarkan rekomendasi. Jika area yang Anda inginkan tidak ada pada peta yang Google rekomendasikan, maka Anda bisa memilih peta Anda sendiri.
  3. Pilih area yang ingin Anda unduh.
  4. Anda sekarang dapat menggeser untuk memperbesar dan memperkecil menggunakan jari.
  5. Setelah lokasi sudah Anda temukan, tekan tombol Unduh pada sudut kanan bawah.
  6. Setelah peta Anda berhasil Anda unduh, Anda dapat menavigasi dan menemukan petunjuk arah seperti yang Anda lakukan saat online. Ingatlah tidak semua fitur akan ada pada peta offline ini, seperti yang kami sebutkan sebelumnya.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.