How To

Begini Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi di Android

Anda dapat menyembunyikan aplikasi pada ponsel Anda yang sifatnya privasi, seperti halnya aplikasi perbankan dan aplikasi penting lainnya yang sifatnya privasi. Karena...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 7 views
Menyembunyikan Aplikasi Di Android

Anda dapat menyembunyikan aplikasi pada ponsel Anda yang sifatnya privasi, seperti halnya aplikasi perbankan dan aplikasi penting lainnya yang sifatnya privasi. Karena hal ini berkaitan dengan data penting yang tidak boleh sembarang orang membukanya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Android
Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Android

Perlu Anda tahu bahwa sebagian besar ponsel Android memiliki satu kesamaan dalam hal menyembunyikan aplikasi. Hanya saja beberapa cara melakukannya yang memiliki sedikit perbedaan. Aplikasi yang Anda sembunyikan tidak akan muncul dalam daftar aplikasi, karena aplikasi tersebut akan berada dalam satu tempat yang pada saat mengaksesnya membutuhkan PIN untuk bisa masuk dalam daftar aplikasi yang tersembunyi.

Selain itu, fitur menyembunyikan aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk aplikasi yang tidak Anda gunakan namun tidak bisa Anda hapus. Ini biasanya terjadi pada aplikasi bawaan sistem yang sudah terkunci agar tidak hilang dari daftar aplikasi. Anda dapat memanfaatkan fitur ini agar tidak terlalu banyak aplikasi yang ada dalam daftar aplikasi, dan aplikasi mana yang tidak Anda gunakan bisa Anda sembunyikan.

Nah, pada artikel ini, Penulis akan menunjukkan cara Anda dapat menyembunyikan aplikasi pada Android baik pada ponsel Samsung, Vivo, OPPO, Realme dan Xiaomi.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Ponsel Samsung

Menyembunyikan aplikasi pada ponsel Samsung sangat mudah. OneUI biasanya memberi Anda opsi langsung agar dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi tanpa mengunduh aplikasi pihak ketiga apa pun.

  1. Buka daftar aplikasi pada ponsel Samsung Anda dan klik titik tiga pada sudut kanan atas.
  2. Dari sana Anda akan melihat opsi Pengaturan Layar Beranda. Ketuk pada bagian atasnya.
  3. Sekarang, cari opsi ‘Sembunyikan aplikasi‘ dari daftar.
  4. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari daftar dan cukup ketuk tombol ‘Terapkan’. Aplikasi akan hilang dari daftar aplikasi utama Anda.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Ponsel Vivo

Vivo hadir dengan FunTouch OS juga lengkap dengan fitur bawaan yang memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi dengan mudah. Namun, fitur hanya berlaku untuk ponsel Vivo yang menjalankan FunTouch OS 9.0 dan versi yang lebih tinggi.

  1. Buka Menu Pengaturan pada ponsel Vivo Anda dan masuk ke bagian Wajah dan Kata Sandi.
  2. Klik Pengaturan privasi dan enkripsi aplikasi.
  3. Anda akan menemukan Aplikasi Sembunyikan. Ketuk untuk mengaktifkannya.
  4. Sekarang, pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari ponsel cerdas Anda.
  5. Setelah selesai, Klik Terapkan dan aplikasi Anda akan hilang dari daftar aplikasi Anda.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Realme

Realme telah memperkenalkan fitur App Lock baru dengan Realme UI-nya, yang membantu Anda menyembunyikan aplikasi dengan begitu mudah. Perusahaan telah mengungkapkan bahwa fitur tersebut tersedia untuk semua ponsel Realme. Fitur App Lock tidak hanya mengatur kode sandi untuk aplikasi, tetapi juga menyembunyikannya untuk Anda.

  1. Buka Pengaturan dan buka bagian Keamanan.
  2. Cari Kunci Aplikasi. Anda akan diminta untuk membuat kode sandi untuk App Lock.
  3. Setelah selesai, Anda dapat pergi ke Keamanan dan kemudian ke Enkripsi Aplikasi.
  4. Masukkan kode sandi dan pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Kemudian Aktifkan Aktifkan Sembunyikan Ikon Layar Utama.
  5. Anda kemudian perlu mengatur Nomor Akses untuk aplikasi yang seharusnya dan diakhiri dengan ‘#’. Setelah selesai, akan ada pesan “Hide Home Screen Icons, Don’t Display in Recent Tasks & Don’t Display Notifications.” Semua diaktifkan.

Dengan ini, aplikasi akan tersembunyi dari ponsel Anda. Namun, Anda masih dapat mengaksesnya hanya dengan membuka papan tombol dan memasukkan nomor akses. Untuk menonaktifkan fitur ini cukup pilih “Pengaturan => Keamanan => Enkripsi aplikasi => Masukkan Kata Sandi Privasi => pilih aplikasi yang Anda sembunyikan => nonaktifkan Sembunyikan Ikon Layar Beranda.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Xiaomi

Xiaomi juga memberikan opsi untuk menyembunyikan aplikasi pada sistem operasi MIUI-nya. Fitur aplikasi tersembunyi tersedia pada semua ponsel Redmi, Xiaomi, dan POCO. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk menyembunyikan aplikasi pada ponsel Xiaomi Anda:

  1. Buka Pengaturan dan buka Aplikasi.
  2. Pada Pengaturan Aplikasi Anda akan menemukan fitur Kunci Aplikasi. Ketuk di atasnya. Ini akan meminta untuk mengatur layanan terlebih dahulu dan Anda perlu mengatur kode sandi untuk itu juga.
  3. Setelah proses selesai, Anda akan memiliki dua bagian: Kunci Aplikasi dan Aplikasi Tersembunyi. Klik Aplikasi Tersembunyi dan Anda akan menemukan daftar aplikasi yang diinstal pada ponsel Redmi Anda.
  4. Selanjutnya cari aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan cukup aktifkan sakelar. Dengan ini, aplikasi Anda akan disembunyikan.

Anda juga dapat membatasi aplikasi tertentu agar tidak sepenuhnya berjalan pada ponsel Anda, seperti halnya ketika Anda sedang istirahat. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.