How To

Begini Langkah-Langkah Mengaktifkan Mode Gelap Pada Microsoft Teams

Mengaktifkan mode gelap pada microsoft teams merupakan cara agar Anda bisa menikmati tampilan baru ketika sedang menggunakan Teams. Mode ini biasanya akan...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 4 views
Mode Gelap Pada Microsoft Teams

Mengaktifkan mode gelap pada microsoft teams merupakan cara agar Anda bisa menikmati tampilan baru ketika sedang menggunakan Teams. Mode ini biasanya akan lebih nyaman jika Anda menggunakan saat malam hari atau waktu intensitas cahaya yang kurang memadai. Hal ini sebagai bagian dari rencana desain ulang yang Microsoft sebut sebagai Fluent Design atau Desain Modern. Aplikasi Microsoft Teams untuk Windows 10 juga mendapatkan pembaruan dengan ikon membulat untuk beberapa tombol, seperti percakapan, catatan pertemuan, partisipan dan banyak lagi lainnya.

Mode Gelap Pada Microsoft Teams
Mode Gelap Pada Microsoft Teams

image source

Seperti banyak aplikasi modern lainnya, Microsoft Teams menawarkan mode gelap. Hal ini berdasarkan pada pembaruan yang baru saja Microsoft rilis dengan versi 1.4.00.4167. Selain itu, Microsoft juga telah memperbarui warna latar belakang dan warna ungu cerah saat menggunakan mode gelap pada Teams. Berikut beberapa langkah untuk mengaktifkan Mode gelap pada Microsoft Teams.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap pada Microsoft Teams untuk Windows, Mac, dan Web

Langkah-langkah untuk mengaktifkan mode gelap Microsoft Teams pada desktop dan web sama saja. Ini karena aplikasi desktop dan versi web memiliki antarmuka pengguna yang hampir sama.

  1. Untuk memulai, bukalah Microsoft Teams pada desktop atau browser Anda. Lalu masuk ke akun Anda.
  2. Sekarang, klik ikon profil Anda pada pojok kanan atas jendela dan pilih “Pengaturan”.
  3. Klik “General” pada sidebar kiri, lalu klik “Dark” pada bagian sebelah kanan.
  4. Maka, Microsoft Teams akan segera berubah tampilan menjadi gelap tanpa diminta.
  5. Nah, jika kemudian hari Anda akan mengembalikannya ke semula atau Anda perlu menonaktifkan mode gelap. Maka klik “Default” pada layar yang sama di mana Anda memilih Gelap tadi. Ini akan mengaktifkan tema terang secara default.

Mengaktifkan Mode Gelap Pada Microsoft Teams untuk Android

Saat Anda mengaktifkan mode gelap pada Microsoft Teams di Android, Anda perlu menutup aplikasi lalu membukanya kembali. Jadi, pastikan Anda menyimpan pekerjaan yang belum Anda simpan ke aplikasi sebelum melanjutkan dan mengaktifkan mode ini. Jika sudah siap, begini cara Anda mengaktifkannya.

  1. Saat Anda siap, mulailah dengan meluncurkan aplikasi Microsoft Teams untuk perangkat Anda.
  2. Selanjutnya, tap menu hamburger (tiga garis horizontal) pada pojok kiri atas dan kemudian pilih “Pengaturan”.
  3. Pada bagian bawah pilih Umum, aktifkan opsi “Tema gelap”.
  4. Sebuah prompt akan muncul meminta untuk memulai ulang aplikasi. Ketuk “Mulai Ulang”. Ini akan menutup aplikasi dan membukanya kembali untuk Anda.
  5. Nah, sekarang Mode Gelap sudah bisa Anda nikmati pada Microsoft Teams di Android Anda.

Untuk menonaktifkan mode gelap dan mengaktifkan kembali mode terang, nonaktifkan opsi “Tema gelap” yang Anda aktifkan di atas. Anda kemudian akan kembali ke tema terang seperti semula.

Mengaktifkan Mode Gelap Pada Microsoft Teams untuk iPhone dan iPad

Agar lengkap, penulis juga akan memberikan cara untuk mengaktifkannya pada perangkat Apple. Sebenarnya caranya sama, hanya langkah-langkahnya yang sedikit berbeda. Untuk mengubah pengaturan ini pada Microsoft Teams iPhone atau iPad adalah:

  1. Pertama, luncurkan aplikasi Microsoft Teams Anda. Saat aplikasi terbuka, ketuk ikon profil Anda pada sudut kiri atas.
  2. Pilih “Pengaturan” untuk membuka menu pengaturan.
  3. Selanjutnya masuk pada “Tampilan” dari bawah bagian “Umum”.
  4. Sekarang, ketuk “Gelap” untuk mengaktifkan mode gelap pada aplikasi ini.
  5. Sebuah prompt akan muncul meminta untuk menutup aplikasi. Silahkan ketuk “Tutup aplikasi”, dan aplikasi Microsoft Teams akan ditutup. Sekarang Anda harus membuka aplikasi secara manual untuk melihatnya dalam mode gelap.
  6. Jika mode gelap dirasa kurang nyaman untuk Anda karena suatu alasan, Anda bisa dengan mudah mengembalikannya lagi ke mode “Terang” di mana Anda memilih Gelap pada langkah-langkah di atas untuk kembali ke tema terang default.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.