How To

Begini Langkah-Langkah Mengosongkan Ruang Penyimpanan di Android

Ruang penyimpanan Android memiliki pengaruh besar terhadap kinerja ponsel. Semakin kecil ruang penyimpanan yang tersedia, maka semakin menurun juga performa ponsel tersebut....

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 7 views
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Android

Ruang penyimpanan Android memiliki pengaruh besar terhadap kinerja ponsel. Semakin kecil ruang penyimpanan yang tersedia, maka semakin menurun juga performa ponsel tersebut. Maka dari itu, menjaga stabilitas ruang penyimpanan ponsel yang cukup memang penting untuk Anda selalu lakukan.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Android
Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Android

image source

Namun tahukah Anda bagaimana cara menjaga sisa ruang penyimpanan ponsel Android tetap stabil sehingga tidak memberikan pengaruh kepada kinerjanya? Sekarang saatnya membuat beberapa perubahan, dan kami siap membantu Anda mengosongkan ruang pada ponsel Android Anda. Ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini pada ponsel Anda, namun hanya saja fokus penulis dalam pembahasan kali ini adalah cara mengosongkan ruang penyimpanan pada ponsel Android Anda.

Begini Langkah-Langkah Mengosongkan Ruang Penyimpanan pada Ponsel Android Anda

Gunakan Fitur Kelola Penyimpanan

Aplikasi Pengaturan memiliki bagiannya sendiri untuk membantu Anda menjaga penyimpanan Anda bebas dari file yang tidak berguna. Untuk memeriksanya, buka Pengaturan => Penyimpanan => Kelola Penyimpanan. (Proses untuk menemukan fitur ini mungkin berbeda dengan ponsel Anda).

Setelah Anda masuk pada halaman Kelola Penyimpanan, Anda akan mendapatkan saran untuk menghapus file tertentu. Ini mungkin termasuk file duplikat, tangkapan layar lama, foto yang telah Anda cadangkan, aplikasi yang sudah lama tidak Anda gunakan, dan lainnya. Cukup lihat rekomendasi untuk mengosongkan ruang penyimpanan pada ponsel Android Anda.

Cara Menggunakan Fitur Kelola Penyimpanan:

  1. Buka aplikasi Pengaturan sistem.
  2. Pilih Penyimpanan.
  3. Tekan tombol Kelola Penyimpanan.
  4. Biasanya ponsel akan memberikan rekomendasi untuk mengosongkan penyimpanan pada ponsel Anda.

Copot Pemasangan Aplikasi yang Tidak Anda Butuhkan

Ini adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Anda. Aplikasi dapat menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan Anda. Apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak pada aplikasi tertentu yang sudah lama tidak Anda buka? Jika memang demikian, hapus saja aplikasi tersebut agar tidak membuat penuh ruang penyimpanan!

Hapus Foto dan Video

Foto dan video kemungkinan besar adalah penyimpanan besar berikutnya. Kosongkan ruang pada ponsel Anda dan hapus beberapa media yang sudah usang. Beberapa dari Anda mungkin sedikit terlalu senang dan memiliki banyak gambar yang berulang juga. Kunjungi galeri Anda dan lihat apa yang sebenarnya layak untuk Anda simpan.

Gunakan Kartu MicroSD

Ponsel Anda mungkin memiliki atau tidak memiliki slot kartu microSD. Jika Anda memilikinya, Anda dapat menggunakan kartu microSD dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan menggunakannya sebagai penyimpanan eksternal dan mentransfer file besar ke dalamnya. Namun, ada solusi lain yang tentunya lebih disukai banyak dari Anda.

Beberapa ponsel mendukung penyimpanan yang dapat diadopsi. Ini berarti ponsel dapat menggunakan kartu microSD sebagai penyimpanan internal. Ini menjadi bagian dari ruang ponsel, bukan tambahan eksternal ponsel Anda.

Ada beberapa kerugian yang perlu ingat jika Anda melakukan proses ini. Sebagai permulaan, kartu microSD hanya akan berfungsi dengan telepon khusus tertentu. Anda juga tidak boleh mengeluarkan kartu jika Anda menjadikannya sebagai penyimpanan internal ponsel. Karena jika Anda melakukannya akan mengakibatkan ponsel ter-reset data pabrik.

Cara Mengatur Kartu MicroSD Sebagai Penyimpanan Internal Ponsel

  1. Masukkan kartu microSD pada ponsel Android Anda.
  2. Buka aplikasi Pengaturan.
  3. Pilih Penyimpanan.
  4. Ketuk kartu SD yang Anda masukkan.
  5. Tekan tombol menu dan pilih Pengaturan penyimpanan.
  6. Pilih Format sebagai internal.
  7. Tekan Hapus dan format.
  8. Tekan OK.

Setelah itu, baru Anda bisa mentransfer semua data aplikasi yang terinstal pada penyimpanan internal bawaan ponsel, ke penyimpanan internal tambahan (kartu MicroSD).

Ingat! tidak semua ponsel mendukung cara seperti ini. Jika ponsel Anda belum mendukung fitur penyimpanan internal tambahan dari kartu MicroSD, maka Anda dapat menggunakannya sebagai penyimpanan biasa. Jadi Anda bisa memindahkan file media saja ke kartu microSD untuk membuat penyimpanan ponsel jadi sedikit lega.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.