How To

Begini Langkah-Langkah Mudah Untuk Menginstal Windows 11 di PC atau Laptop Anda

Cara instal Windows 11 sebenarnya sama dengan ketika Anda menginstal Windows 10. Microsoft memang tidak menyertakan panduan instalasinya, namun jika Anda sudah...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 32 views
Panduan Cara Instal Windows 11

Cara instal Windows 11 sebenarnya sama dengan ketika Anda menginstal Windows 10. Microsoft memang tidak menyertakan panduan instalasinya, namun jika Anda sudah memiliki pengalaman dengan Windows sebelumnya, maka Anda tidak akan canggung lagi.

Panduan Cara Instal Windows 11
Panduan Cara Instal Windows 11

Saat ini semua pecinta Windows, mulai berburu Windows 11. Karena dari berbagai macam bocoran yang ada, Windows baru ini memiliki segenap fitur menarik, bahkan UI-nya saja hampir mirip dengan macOS milik Apple. Windows 11 memiliki tampilan yang lebih elegan, simple dan pastinya cocok untuk Anda gunakan terutama yang bekerja di kantoran. Namun selain itu, Windows 11 juga akan lebih familiar untuk mahasiswa dan siswa yang belajar atau lainnya.

Apa yang Baru Pada Windows 11?

Salah satu perubahan paling signifikan yang terkesan pertama saat Anda menggunakannya adalah perubahan UI (user interface). Salah satunya sudut terlihat bulat, ikon berwarna, wallpaper baru, dan banyak lagi fitur tambahan yang dapat memanjakan pengguna.

Bagi anda yang masih menggunakan Windows 10 bisa langsung melakukan migrasi ke Windows 11, karena penulis yakin akan lebih memuaskan anda dalam beraktivitas menggunakan PC atau Laptop. Apalagi dengan tampilan barunya yang membuat Anda terkagum-kagum layaknya menggunakan macOS saat ini, walaupun nyatanya adalah tetap Windows.

Perlu anda ketahui, jika Anda berniat ingin melakukan migrasi dari Windows sebelumnya ke Windows 11, ini hanya bisa Anda lakukan pada Windows 10 dengan 64-bit. Sedangkan untuk saat ini Windows 10 32-bit belum bisa anda migrasikan ke Windows 11. Namun dalam kesempatan ini penulis hanya akan memberikan panduan bagaimana cara instal Windows 11 pada Laptop atau PC Anda.

Begini Langkah-Langkah Mudah Untuk Instal Windows 11

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan memiliki file .iso Windows 11. Bagi Anda yang belum memilikinya bisa download terlebih dahulu.
  2. Buatlah Bootable USB dari file .iso yang Anda miliki dengan menggunakan rufus atau software bootable lainnya. Dalam hal ini menulis menggunakan rufus.
  3. Langkah selanjutnya, masuk pada proses instalasi. Pada layar Laptop/PC akan tampil layar Boot, pilih Boot from USB Drive atau opsi USB Hard Drive. Tunggu hingga muncul tampilan awal instalasi Windows 11.
  4. Nah, berikutnya akan dimulai instalasi Windows 11 yang pertama kali anda lakukan di sini adalah mengatur bahasa, waktu, dan keyboard, kemudian setelah anda selesai mengatur, maka anda klik tombol Next. Selanjutnya pada halaman baru anda klik opsi Install Now.
  5. Tahap berikutnya, anda klik pada I don’t have a product key pada bagian bawah, lalu terdapat halaman baru, pilih edisi Windows 11 yang Anda ingin instal. Mulai dari Windows 11 Home, Pro, Education, Enterpries dan lainnya.
  6. Selanjutnya anda akan masuk pada pilihan menu partisi. Partisi merupakan tempat yang akan Anda gunakan untuk menginstal Windows 11. Klik tombol Next. Lalu, tunggu sampai Windows 11 menyelesaikan proses instalasi.
  7. Setelah selesai proses install Windows 11, maka Laptop atau PC akan Restart.

Perlu Anda ketahui, setelah PC/Laptop Anda Restart, ada hal yang berbeda dari cara Anda ketika menginstal Windows 10. Windows akan memperlihatkan tampilan dengan UI terbarunya yang membuat Anda terkagum-kagum. Nah, dalam proses selanjutnya, Anda perlu menyiapkan koneksi internet dan akun Microsoft untuk melanjutkannya hingga muncul Desktop Windows 11. Jika Anda tidak memiliki keduanya, maka proses instalasi akan terhenti sampai disini.

Pada Windows 11, akun Microsoft menjadi hal penting untuk melanjutkan pada proses penyelesaian akhirnya. Jadi jika Anda belum memilikinya, sebaiknya Anda membuatnya terlebih dahulu melalui situs resmi microsoft atau bisa juga menggunakan akun outlook.

Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.