Informasi

Benarkah Google Akan Menghapus Data Play Musik Mulai Akhir Bulan Ini!

Google berencana menghapus Play Musik sebagai layanan streaming musik miliknya. Hal ini meminta pengguna untuk beralih ke YouTube Music sebagai gantinya. Sejak...

Avatar Written by Zack Kamil · 49 sec read > 1 view
Google Play Musik

Google berencana menghapus Play Musik sebagai layanan streaming musik miliknya. Hal ini meminta pengguna untuk beralih ke YouTube Music sebagai gantinya. Sejak saat itu, tampaknya Google telah mengizinkan pengguna untuk mendownload daftar pustaka dan data mereka kemudian mentransfernya pada YouTube Music.

Google mengirim pemberitahuan ini melalui email pengguna mulai minggu ini. Dalam email tersebut memberikan peringatan kepada pengguna bahwa Google akan menghapus data mereka pada akhir bulan ini, tepatnya pada 24 Februari 2021.

Google Play Musik
Google Play Musik

image source

Data yang nantinya akan terhapus termasuk perpustakaan musik, dengan semua unggahan, pembelian, dan apa pun yang pernah Anda lakukan sebelumnya pada layannan ini. Setelah melewati tanggal tersebut, pengguna tidak akan dapat lagi memulihkannya. Berikut ini kutipan email tersebut.

Isi Email Peringatan Google Play Musik
Isi Email Peringatan Google Play Musik

image source

Email tersebut memberitahukan jika pengguna harus mentransfer semua data ke YouTube Music. Akan tetapi Anda masih dapat melakukan transfer lagi atau mengunduh data dan perpustakaan Anda melalui Google Takeout. Data yang diunduh melalui Takeout mencakup pembelian musik, daftar putar, metadata stasiun radio, dan riwayat penelusuran / pemutaran.

Mengutip dari wikipedia, Google Play Musik adalah layanan streaming musik dan perpustakaan musik daring yang dioperasikan oleh Google. Pengguna dengan akun standar dapat mengunggah dan mendengarkan hingga 50.000 lagu tanpa biaya.

Nah, nampaknya sudah saatnya Anda bermigrasi ke YouTube Music mulai sekarang? Jika tidak, maka semua data yang sudah Anda miliki akan hilang secara cuma-cuma dan tidak akan ada cara lagi untuk mengembalikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.