Informasi

Benarkah Instagram akan Menyembunyikan Counter Like Setiap Postingan?

Hari ini instagram mulai menguji sebuah fitur baru untuk menyembunyikan Counter Like dalam setiap postingan. Jadi nantinya pengguna tidak lagi akan mengetahui...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Counter Like Instagram

Hari ini instagram mulai menguji sebuah fitur baru untuk menyembunyikan Counter Like dalam setiap postingan. Jadi nantinya pengguna tidak lagi akan mengetahui jumlah orang yang menyukai pada sebuah postingan. Pada 2019 lalu, perusahaan juga sudah melakukan uji coba ini walau hanya untuk mengetahui reakse pengguna jika menonaktifkan penghitung jumlah suka untuk berbagai pengguna.

Counter Like Instagram
Counter Like Instagram

image source

Namun, kali ini berbeda. Pengguna jejaring sosial akan dapat memutuskan sendiri apakah mereka ingin melihat suka atau tidak. Jadi pengguna Instagram tidak hanya dapat menonaktifkan atau mengaktifkan jumlah suka yang berada pada bagian bawah postingan pengguna lain. Akan tetapi mereka juga dapat menonaktifkan penghitung ini untuk catatan mereka sendiri.

Selain itu, Facebook kabarnya juga akan menghadirkan fitur serupa dengan menghilangkan jumlah like dalam setiap postingan. Menurut laporan instagram, bahwa fitur pengujian untuk menonaktifkan counter like ini sebenarnya telah dicabut prioritasnya sejak pandemi virus corona tahun lalu. Hal ini karena perusahaan mulai memfokuskan upayanya pada tugas-tugas lain selama pandemi berlangsung. Namun, kali ini instagram mulai melakukan uji cobanya yang kedua dengan konsep berbeda.

Instagram Mulai Uji Fitur Baru Menyembunyikan Counter Like Setiap Postingan

Instagram mengatakan jika sekarang ini tengah meninjau umpan balik pengguna dari pengujian sebelumnya. Meskipun fitur ini dirancang untuk mengurangi kekhawatiran pengguna tentang popularitas postingan, namun tidak semua orang setuju bahwa ini adalah perubahan yang lebih baik.

Terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis pada jejaring sosial instagram. Banyak orang sangat prihatin tentang penonaktifan penghitung jumlah suka ini, akan tetapi perlu Anda ketahui fitur ini bukanlah fitur paten yang berada dibawah kendali instagram. Ini hanya saja sebuah opsi yang bisa pengguna pilih. Jadi mereka bisa saja menonaktifkan atau tetap menampilkan conter like pada postingan mereka. Untuk pengguna, ini adalah indikator yang bagus tentang apakah bisnis mereka menuju ke arah yang benar.

Kedua sudut pandang tersebut mendapat banyak pengikut dan lawan, sehingga Instagram memutuskan untuk memberi pengguna kesempatan untuk memilih secara mandiri apakah mereka ingin melihat jumlah suka atau tidak. Menurut perusahaan, fungsionalitas baru awalnya akan tersedia untuk sejumlah kecil pengguna. Anda dapat mengaktifkannya dan memilih parameter yang diperlukan dalam pengaturan aplikasi ini nantinya.

Adapun Facebook, pengujian menonaktifkan penghitung suka belum masuk dalam tahap pengujian pada platform ini. Namun dari laporan yang beredar menyebutkan jika pengujiannya baru akan bermula pada beberapa minggu mendatang. Hanya saja, Instagram tidak menyebutkan berapa lama pengujian tersebut akan berlangsung. Tetapi ingatlah bahwa Youtube juga memiliki fitur yang hampir sama, yakni menyembunyikan jumlah subscriber dari pengguna yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.