How To

Berikut 5 Perubahan Besar yang Hadir Pada Windows 11

Windows 11 membawa perubahan besar dalam dunia komputer. Mulai dari tampilannya yang jauh lebih sejuk dan menarik, juga beberapa fitur lainnya. Sesuai...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 11 views
5 Perubahan Besar Pada Windows 11

Windows 11 membawa perubahan besar dalam dunia komputer. Mulai dari tampilannya yang jauh lebih sejuk dan menarik, juga beberapa fitur lainnya. Sesuai rencana, microsoft hari ini mulai memperkenalkan secara resmi kehadiran Windows 11 ke publik. Walaupun masih dalam versi beta, namun sejumlah pengguna merasa nyaman menggunakannya. Hal ini karena tidak adanya bug sistem yang menyebabkan Windows maupun aplikasi menjadi crash.

5 Perubahan Besar Pada Windows 11
5 Perubahan Besar Pada Windows 11

Dahulu memang sempat muncul kabar yang menyebutkan jika Windows 10 secara luas dianggap sebagai versi terakhir Windows. Akan tetapi sekarang tampaknya tidak demikian, kehadiran Windows 11 malah membawa perubahan besar. Setelah spekulasi yang meningkat, versi awal Windows 11 telah bocor. Kami berhasil mendapatkan Windows 11 build 21996 ini dan mulai melihat masa depan Windows dengan lebih baik.

Beberapa sumber telah mengkonfirmasi bahwa build ini sah. Namun sebagian orang masih enggan menjalankan versi ini pada komputer utama. Namun, bagi Anda yang belum mencobanya, berikut penulis paparkan 5 perubahan besar yang hadir pada Windows 11 saat ini.

5 Perubahan Besar yang Hadir Pada Windows 11

Estetika Baru

Estetika Baru
Estetika Baru

Hal ini mencakup icon baru, sudut membulat, dan banyak lagi lainnya. Versi Windows utama selalu mengalami perombakan desain, meskipun Microsoft telah menyimpan banyak hal di dalamnya. Namun Windows 11 memang memperkenalkan banyak perubahan tampilan. Ini adalah elemen desain kecil yang dapat menambah tampilan Windows 11 sedikit lebih segar secara keseluruhan. Perlu Anda catat bahwa banyak dari perubahan desain ini berasal dari Windows 10X, versi Windows yang tidak jadi rilis dan kemudian berubah menjadi Windows 11.

Beberapa yang terlihat dari Windows 11 adalah logo Windows baru. Setelah Anda masuk pada halaman desktop, Anda dapat melihat bahwa set ikon baru sekarang yang lebih kece. File Explorer juga memiliki tampilan yang segar. Ada ikon folder baru untuk perpustakaan, peningkatan jarak antar item menu, serta sudut membulat. Yang terakhir juga muncul pada bagian lain dari UI.

Selain itu, tampilan Task juga berubah, dengan beberapa bilah desktop muncul pada bagian bawah. Dengan tampilan yang sedikit lebih bersih dan tertata. Perubahan estetika lainnya termasuk suara baru, lonceng start-up dan shutdown. Pusat Aksi juga memiliki tampilan yang lebih bersih sekarang.

Tambahan penting dan fungsional untuk estetika ini adalah sistem snap jendela baru. Anda dapat mengarahkan kursor ke tombol Maksimalkan/Pulihkan untuk mendapatkan opsi untuk menjepret jendela ke salah satu dari empat tata letak, dengan opsi hingga empat jendela.

Taskbar Baru

Taskbar
Taskbar

Bilah tugas alias taskbar untuk Windows seperti halnya Dock untuk macOS. Dengan rilisnya Windows 11, garis antara keduanya semakin dekat. Untuk memulainya, bilah tugas sekarang memusatkan ikon, alih-alih pengaturan rata kiri yang telah kita lihat selama beberapa dekade. Windows juga memungkinkan Anda mengubah perataan ikon ke kiri seperti gaya klasik.

Selain itu, jika Anda cermati Taskbar juga lebih tinggi secara default sekarang. Dan dalam hal ini, penulis belum menemukan opsi untuk menyesuaikan ketinggiannya. Mengklik kiri pada bilah tugas juga tidak memberi Anda menu klasik lagi, tetapi malah memunculkan opsi tunggal untuk masuk ke Pengaturan.

Perombakan Start Menu

Start Menu
Start Menu

Start Menu adalah elemen Windows ikonik lainnya, dan dengan Windows 11, penulis mendapatkan perombakan lagi. Anda sekarang memiliki aplikasi yang disematkan pada bagian paling atas, dengan opsi untuk memiliki beberapa halaman yang sama.

Pada bagian bawahnya, Anda mendapatkan tab sesuai rekomendasi. Ini merupakan campuran dari aplikasi dan file yang Windows rekomendasikan dan terbaru. Menu akun dan menu daya berada di pada bagian bawah. Menu Start baru benar-benar merupakan penataan ulang elemen lama, dengan hanya satu elemen kunci yang hilang ubin langsung.

Widget

Widget
Widget

image source

Windows 11 sekarang memiliki tombol widget khusus. Penulis tidak akan menyebutnya sebagai implementasi widget yang bagus. Untuk saat ini, itu hanya konten yang dipersonalisasi dari layanan Microsoft seperti MSN, yang ditumpuk dalam ubin kecil yang bagus.

Ini bukan fitur baru, akan tetapi sebagai pembaruan. Versi Windows 10 20H2 saat ini menyertakan tombol bilah tugas “Berita dan Minat” yang berfungsi dengan cara yang sama. Ini pada dasarnya adalah jenis konten yang akan Anda dapatkan pada area Taskbar pojok kanan bawah.

Untuk saat ini, tidak ada tanda-tanda API widget atau semacamnya untuk membawa konten pihak ketiga ke dalam Widget. Namun, hal itu mungkin terjadi. Microsoft akan merasa sulit untuk membuat orang menggunakan fitur ini tanpa konten pihak ketiga.

Integrasi Layanan Microsoft

OneDrive
OneDrive

image source

Fitur Widget bukan satu-satunya yang dapat Anda lihat dari Microsoft untuk mengintegrasikan layanannya lebih dalam ke Windows 11. Ada integrasi yang lebih dalam dari layanan Microsoft secara menyeluruh. Pertama, fungsi pencarian web telah membawa peningkatan dari Windows 10.

Selanjutnya adalah OneDrive, yang sekarang lebih dominan kehadirannya dalam File Explorer. Misalnya, saat Anda mengambil tangkapan layar pada Windows 11, Anda sekarang mendapatkan pop-up yang menanyakan apakah Anda ingin menyimpannya ke OneDrive. Jadi hanya dengan menekan tombol pada layar, maka Anda dapat menyimpan tangkapan layar ke OneDrive Anda, dan menyinkronkannya.

Anda masih memiliki opsi untuk menghapus instalan OneDrive, tetapi jika Anda memilih untuk menggunakannya, kemungkinan besar Anda akan memiliki pengalaman yang lebih lancar dengan build Windows 11 ini.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.