How To

Berikut Cara Mudah Memeriksa Kesehatan Baterai di Android

Memeriksa kesehatan baterai merupakan hal penting untuk Anda lakukan terutama pada ponsel Android. Karena sekarang ini ponsel menjadi bagian penting dalam kehidupan...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 8 views
Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Pada Ponsel Android

Memeriksa kesehatan baterai merupakan hal penting untuk Anda lakukan terutama pada ponsel Android. Karena sekarang ini ponsel menjadi bagian penting dalam kehidupan seseorang untuk bisa tetap terhubung antara satu dengan lainnya.

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Pada Ponsel Android
Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Pada Ponsel Android

image source

Baterai merupakan dukungan sumber daya penting dan utama dalam sebuah perangkat elektronik. Dengan seiring berjalannya waktu, Anda mungkin akan mengalami beberapa masalah dengan baterai pada ponsel Android Anda. Karena baterai dapat dikonsumsi, kinerjanya menurun seiring waktu. Setelah beberapa tahun, mereka tidak akan menahan beban sebanyak yang mereka lakukan saat masih baru.

Mengetahui hal ini, Anda mungkin ingin menjaga kesehatan baterai ponsel Anda sebanyak mungkin. Oleh karenanya, penulis akan menunjukkan cara memeriksa dan memantau kesehatan baterai pada ponsel Anda. Sehingga akan menjadikan perangkat Anda tetap berjalan lancar dan tetap normal selama mungkin.

Bisakah Anda Memeriksa Kesehatan Baterai pada Android Secara Real?

Sayangnya, hingga saat ini Android tidak menyediakan cara bawaan untuk memeriksa kesehatan baterai Anda. Jika Anda tidak sadar, Android memang menyediakan beberapa informasi baterai dasar pada menu Pengaturannya. Untuk melihatnya, Anda bisa mengunjungi Pengaturan => Baterai dan ketuk menu tiga titik pada pojok kanan atas. Dari menu yang muncul, tekan Penggunaan baterai.

Dari sana, Anda akan melihat daftar aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai pada perangkat Anda sejak pengisian penuh terakhir. Untuk detail lengkap, ketuk tombol menu tiga titik pada kanan atas dan pilih Tampilkan penggunaan perangkat penuh untuk menyertakan penggunaan dari proses sistem, seperti layar dan OS itu sendiri.

Meskipun ini tidak memungkinkan Anda mengelola kesehatan baterai Android, setidaknya Anda dapat mengidentifikasi aplikasi yang menggunakan terlalu banyak baterai dan membatasi penggunaannya. Pada gilirannya, ini akan menjaga baterai Anda pada kapasitas yang kuat lebih lama.

Melihat Kesehatan Baterai Android Melalui Kode Dialer

Android memiliki beberapa kode tersembunyi yang dapat Anda masukkan ke dalam aplikasi Telepon Anda untuk mengakses menu pengujian. Salah satunya menampilkan berbagai info tentang perangkat Anda, termasuk kesehatan baterai. Untuk melihatnya, buka dialer telepon Anda dan ketik *#*#4636#*#*.

Sayangnya, dalam beberapa pengujian, cara ini belum bisa berfungsing pada ponsel Pixel 4 yang menjalankan Android 11. Setelah mengetik menu Dial itu, malah tidak menyertakan data baterai apa pun. Namun, Anda mungkin mendapatkan hasil yang lebih baik pada perangkat Anda saat ini. Beberapa ponsel akan memiliki menu informasi Baterai yang menampilkan Baik atau peringkat kesehatan lainnya.

Jika Anda ponsel Anda tidak dapat bekerja dengan kode Dialler seperti ini, maka Anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Memeriksa Kesehatan Baterai dengan AccuBattery

AccuBattery adalah salah satu aplikasi Android dengan peringkat terbaik untuk mendapatkan informasi tambahan tentang baterai pada ponsel Anda. Meskipun tidak dapat menyediakan data sebanyak aplikasi root-only, ini adalah pemeriksa kesehatan baterai terbaik untuk pengguna Android yang belum melakukan root.

Download AccuBattery untuk Android

Cara Kerja AccuBattery Dalam Memeriksa Kesehatan Baterai

Setelah Anda menginstalnya, Anda akan melihat layar pengenalan dengan beberapa informasi tentang cara kerja AccuBattery.

Ide dasar pada aplikasi ini adalah baterai ponsel Anda memiliki jumlah siklus pengisian terbatas sebelum kinerjanya berkurang secara signifikan. Siklus penuh terjadi setiap kali baterai menyelesaikan pengosongan penuh dari 100 hingga nol persen.

Sebagai contoh, katakanlah ponsel Anda terkuras dari 100 hingga 50 persen. Jika Anda kemudian mengisinya kembali hingga 100 persen dan membiarkannya turun hingga 50 persen lagi, itu setara dengan satu siklus penuh.

AccuBattery menyatakan bahwa dengan hanya mengisi daya perangkat Anda hingga 80 persen alih-alih 100 persen penuh, Anda akan menggunakan lebih sedikit siklus dan dengan demikian memperpanjang masa pakai baterai Anda. Ini memberi Anda beberapa alat untuk membantu Anda tetap pada tujuan ini.

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Android Dengan AccuBattery

Setelah pengaturan awal, Anda dapat menelusuri tab AccuBattery, tetapi mereka tidak akan memiliki banyak informasi untuk pertama kalinya. Karena sifat aplikasinya, Anda harus membiarkannya terinstal dan menggunakan ponsel Anda seperti biasa untuk sementara waktu sebelum Anda mulai mendapatkan info yang berguna.

Jadi untuk memulai, Anda harus mencoba mencabut telepon Anda ketika dayanya mencapai 80 persen. AccuBattery menyertakan alarm yang akan mengingatkan Anda pada tingkat pengisian daya ini. Jika Anda ingin menyesuaikannya, kunjungi tab Pengisian dan seret penggeser biru ke tingkat yang berbeda.

Saat ponsel Anda dicolokkan, tab ini juga akan menampilkan informasi tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya. Seiring waktu, karena menjadi lebih akurat, ini akan membantu Anda memperkirakan berapa lama ponsel Anda perlu duduk di pengisi daya untuk selanjutnya.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa kesehatan baterai sebagai referensi pada menu Battery Health.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.