Informasi

Bisakah Samsung Exynos 2100 Mengimbangi Snapdragon 888?

Beberapa minggu lagi nampaknya Samsung akan meluncurkan smartphone flagship terbarunya, Galaxy S21. Akan tetapi terlepas dari semua yang pernah bocor pada acara...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 11 views
Samsung Exynos 2100

Beberapa minggu lagi nampaknya Samsung akan meluncurkan smartphone flagship terbarunya, Galaxy S21. Akan tetapi terlepas dari semua yang pernah bocor pada acara Galaxy Unpacked, ternyata tidak semuanya kita ketahui tentang Samsung Galaxy S21. Misalnya, bagaimana chipset Exynos 2100 ini bekerja? Akankah mampu mengimbangi chipset Qualcomm SDM 888 yang terbaru.

Sementara ini, beberapa tolak ukur menunjukkan bahwa chipset Qualcomm akan berkinerja lebih baik walaupun memiliki proses febrikasi yang sama dengan Exynos milik Samsung. Tak hanya itu saja, Anda tidak dapat mengukur kinerja ponsel cerdas hanya berdasarkan angka patokan.

Samsung Exynos 2100
Samsung Exynos 2100

image source

Bisakah Samsung Exynos 2100 Mengimbangi Snapdragon 888?

Baru-baru ini dalam akun YouTube SpeedTest G telah melakukan pengujian pada Samsung Galaxy S21 Ultra. Dalam video tersebut nampak bagaimana kinerja Qualcomm Snapdragon 888 dan Samsung Exynos 2100 yang bekerja relatif satu sama lain, dan hasilnya sedikit mengejutkan.

Pengujian pertama tes berfokus pada kinerja CPU, dan chip Samsung berhasil mengungguli prosesor Qualcomm secara keseluruhan. Mengingat keduanya memiliki arsitektur yang serupa dan Exynos memiliki kecepatan clock yang sedikit lebih tinggi.

Banyak hal berubah ketika tes campuran datang, yang menggunakan CPU dan GPU. Snapdragon 888 ditenagai melalui uji partikel asap tidak hanya lebih cepat tetapi juga dengan frame rate keseluruhan yang lebih tinggi daripada Exynos 2100. Tidak sampai uji GPU ketika segala sesuatunya berubah menjadi sulit terhadap Qualcomm. Galaxy S21 Ultra dengan chip Exynos menunjukkan gangguan besar selama pengujian Unity pertama dan kinerja yang lebih lambat dalam pengujian Unreal Engine.

Hasilnya, Galaxy S21 Ultra dengan Qualcomm 888 berkinerja lebih baik secara keseluruhan, setidaknya dalam hal penggunaan campuran dan kinerja GPU. Exynos masih berhasil bertahan dalam pengujian CPU, dan secara keseluruhan bekerja dengan cukup baik ketika dibandingkan dengan yang terbaru dan terhebat dari Qualcomm.

Seri Galaxy S21 akan tersedia pada 29 Januari mendatang di A.S. Dan beberapa wilayah lain akan mendapatkan chip Qualcomm, yang ditetapkan untuk memberi daya pada banyak ponsel Android terbaik tahun ini. Sementara sebagian besar versi internasional Galaxy S21 akan memiliki chip Exynos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.