How To

Cara Ganti User dan Password Default Modem Indihome/Speedy, Pengguna Harus Tau!

Sebagai pengguna indihome/speedy, Anda harus segera mengganti user dan password default modem Anda. Hal ini demi menjaga keamanan modem Anda agar tidak...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 21 views
Cara Ganti User Dan Password Default Modem Indihome

Sebagai pengguna indihome/speedy, Anda harus segera mengganti user dan password default modem Anda. Hal ini demi menjaga keamanan modem Anda agar tidak mudah di hack oleh orang lain. Karena jika masih menggunakan default, user dan password tersebut mudah ditebak orang lain meski mereka tidak mengetahui sebelumnya.

Cara Ganti User Dan Password Default Modem
Cara Ganti User Dan Password Default Modem

Keamanan penggunaan indihome terutama pemakaian rumahan juga perlu menjadi perhatian. Jangan sampai ada orang lain yang menjadi penyusup dan masuk ke administrator modem Anda dan mengubah banyak Pengaturan yang membuat internet Anda tidak dapat berjalan dengan maksimal alias lemot. Ini akan merugikan Anda sebagai pengguna, jika tidak dapat memaksimalkan penggunaannya dengan baik.

Indihome saat ini menjadi jaringan internet paling populer dan banyak peminatnya. Dengan menggunakan jaringan Telkomsel, Indihome hadir hingga ke pelosok Negeri melalui fiber optiknya. Selain itu, banyak pula pelanggan memanfaatkan jaringan indihome untuk membuka lapangan kerja. Untuk itu, Anda harus menguasai cara pengoperasian administrator modem wifi mulai dari mengubah nama jaringan, ganti pasword hingga reset ulang.

Untuk itu, dalam panduan ini Penulis akan memberikan cara mudah yang bisa Anda praktekkan dengan segera pada modem indihome Anda di rumah.

Cara Ganti User dan Password Default Modem Indihome/Speedy

Modem Huawei HG8245H5

Modem Huawei HG8245H5
Modem Huawei HG8245H5

Untuk mengakses administrator modem ini, Anda perlu masuk dengan menggunakan IP Address 192.168.100.1 melalui browser Anda.

  1. Pertama-tama silahkan hubungkan ponsel atau PC pada jaringan WiFi moden Anda.
  2. Setelah terhubung, lalu buka browser dan ketikkan alamat IP Address seperti di atas pada kolom url, yakni 192.168.100.1 lalu tekan Enter.
  3. Selanjutnya akan muncul halaman login yang meminta Anda untuk memasukkan user dan password. Silahkan masukkan Username beserta password default Anda: admin atau user.
  4. Kemudian setelah masuk, Klik Advanced atau Pengaturan, lalu cari Administrator. Ganti password default Anda sesuai dengan yang Anda mau.
  5. Klik submit / Apply untuk menyelesaikannya.

Modem WiFi ZTE

Modem WiFi ZTE
Modem WiFi ZTE

Lakukan caranya sama seperti di atas, yakni menghubungkan perangkat Anda ke modem tersebut. Kamudian akses administrator modem dengan cara berikut ini.

  1. Buka browser, lalu ketikkan IP Address 192.168.1.1 tekan enter.
  2. Masukkan Username dan password yang diminta, Anda dapat menggunakan user dan password default, yakni: admin atau user.
  3. Setelah masuk ke konfigurasi modem, cari opsi Admin/Administrator, lalu silahkan ganti password modem Anda
  4. Klik Apply untuk menyimpannya.

Modem TP-Link

Modem TP Link
Modem TP Link

Sebagian pengguna indihome, ada yang masih menggunakan modem dengan merk TP-Link seperti ini. Untuk mengubah user dan password administrator defaultnya adalah:

  1. Hubungkan perangkat Anda ke modem tersebut, lalu buka browser ketikkan alamat IP Addressnya 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 lalu Enter.
  2. Setelah masuk, cari bagian administrator, lalu ganti user dan password modem Anda.

Cara Reset Modem

Apapun modem yang Anda gunakan, Anda bisa dengan mudah untuk melakukan reset jika terjadi masalah error saat melakukan konfigurasi. Ada dua cara untuk melakukan reset pada modem indihome yang Anda gunakan, yaitu:

Reset Langsung dari Modem

Biasanya setiap modem menyertakan lubang kecil yang sifatnya rahasia. Lubang ini biasanya merupakan lubang untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik. Anda dapat menemukannya lubang pada bagian bawah belakang bahkan terkadang perlu membongkar penutup modem tersebut.

Reset Melalui Administrator

Untuk melakukan reset melalui Administrator, Anda perlu masuk seperti cara di atas ketika akan mengubah user dan password default modem tersebut. Hanya saja Anda harus mencari opsi reset, reset ulang, kembali ke pengaturan pabrik atau nama lainnya tergantung merek modem tersebut.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.